free hit counter

Cara Membedakan Ikan Nila Dengan Ikan Mujair

Cara Membedakan Ikan Nila Dengan Ikan Mujair – Ikan nila dan ikan mujair merupakan jenis ikan yang relatif mudah untuk dibudidayakan. Ikan ini termasuk ikan konsumsi yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemukan di pasaran ikan nila dan mujair memiliki rasa daging yang gurih dan maknyuss.

 

Ikan nila dan ikan mujair masih berasal dari satu genus yang sama, yakni genus Oreochormis. Apabila dipandang sekilas ikan nila hampir mirip dengan ikan mujair. Perbedaan ikan nila dan ikan mujair sebenarnya dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Lebar ikan nila umumnya sepertiga dari panjang badanya, sedangkan lebar badan ikan mujair setengah dari panjang badanya.

Perbedaan ikan mujair dengan ikan nila dapat dilihat dari tampilan anggota tubuh berikut:

  • Ikan mujair memiliki bentuk tubuh lebih kecil dibandingkan dengan ikan nila. Jika dibandingkan panjang dan tinggi ikan mujair hanya 2 : 1, sedangkan ikan nila 3 : 1.
  • Ikan mujair bentuknya lebih bulat dan lebar sedangkan ikan nila lebih panjang dan relatif lebih ramping.
  • Untuk ukuran kepala, ikan mujair memilik ukuran lebih besar di bandingkan ikan nila.
  • Warna kulit ikan mujair lebih gelap dan terkadang terdapat bercak-bercak hitam sedangkan ikan nila cendrung memiliki warna lebih cerah.
  • Mulut ikan mujair lebih besar sedangkan ikan nila lebih kecil
  • Bentuk sirip bagian atas dan bawah yang dekat dengan sirip ekor ikan nila agak melebar. Ujung-ujung sirip ikan mujair (atas dan ekor) berwarna kemerahan sepanjang tepinya.
  • Ikan nila memiliki sirip punggung lebih panjang dan tulang sirip terlihat sangat jelas sedangkan ikan Mujair memiliki sirip lebih pendek, ujung siripnya berwarna kemerahan.
  • Pada sirip belakang ikan nila terdapat garis-garis memotong tulang sirip sedangkan ikan mujair tidak memilii garis-garis tersebut.
  • Pipi, pipi ikan mujair biasanya memiliki pola-pola totol mirip seperti sisik sementara ikan nila cenderung memiliki pipi yang lebih bersih.
  • Sirip bawah ikan nila lebih pendek dan melebar, sedangkan ikan mujair lebih lonjong berwarna kehitaman.
  • Pada ekor ikan nila terdapat garis-garis memotong tulang ekor Sedangkan ikan mujair tidak memiliki garis-garis tersebut.

Bagi orang awam terkadang mengalami kesulitan dalam membedakan antara ikan nila dan ikan mujair. Untuk membedakannya, Anda hanya harus memperhatikan ukuran dan bentuk tubuh kedua jenis ikan tersebut. Dengan memperhatikan bagian-bagian tubuh ikan tersebut maka Anda dapat dengan mudah membedakanya.

Check Also

Budidaya Ikan Hias Arulius Puntius

Budidaya Ikan Hias Arulius Puntius

DEWITANI – Selama pandemi ini, minat memelihara ikan hias kian meningkat. Minat masyarakat terhadap ikan …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA