20 Cara Menjinakan Kelinci Sugar Glider

By | Oktober 11, 2020

Banyak antara kita semuanya yang mulai berminat untuk mempunyai binatang piaraan lucu seperti sugar glider. Ditambah binatang yang ini punyai kekuatan jadi jinak serta berteman dengan pemiliknya. Umumnya penghobi mulai pelihara sugar glider semenjak kecil supaya bertambah gampang dalam proses menjinakanya. Tetapi pertanyaanya, dapat atau mungkin tidak kah sugar glider dewasa yang terlanjur galak untuk dijinakan?

Dapatkah Sugar Glider Dewasa Dijinakan? Banyak pertanyaan yang ada tentang menjinakan sugar glider, untuk yang pelihara semenjak bayi (joe) pasti bukan kasus yang susah.

Tetapi dapatkah sugar glider dewasa dijinakan? ditambah terlanjur galak serta sensitir pada manusia.

Serta jawabanya ialah, BISA !

Untuk menjinakan sugar glider dewasa yang galak tidak tidak sama jauh dengan menjinakan sugar glider semenjak kecil. Kita perlu memberi semakin banyak perhatian dan kasih sayang padanya. Serta mudah-mudahan panduan kesempatan ini dapat berguna untuk kita. Langkah Menjinakan Sugar Glider Dewasa yang Galak Di bawah ini ialah panduan langkah menjinakan sugar glider dewasa yang galak ; Diamkan Sugar Glider Menyesuaikan dengan Kandang

Sesudah beli sugar glider dewasa yang cukup galak, anda sebaiknya tidak langsung ajak ia bermain. Ini cukup penting sebab pada saat itu ia perlu penyesuaian dengan lingkunganya yang baru. Pada saat ini umumnya sugar glider alami depresi karena peralihan tempat serta pemilik, bila kita memaksakan ajak ia bermain karena itu yang akan berlangsung ialah sugar glider kita bertambah depresi.

Kurangi Bagian Makan serta Mempersering Frekwensinya

Cara kedua yang cukup tepat dalam menjinakan sugar glider baru dengan kurangi bagian makan mereka tetapi untuk alternatifnya kita perlu mempersering frekwensinya.

Kita perlu tahu jika cara ini bukan satu penganiayaan yang pantas dijauhi, tetapi cara yang bagus yang semestinya anda coba dalam usaha penjinakan.

Dengan memberi bagian makan yang sedikit pasti sugar glider akan cepat lapar, itu bisa menjadi baik sebab dengan itu berarti kita dapat seringkali memberikannya makan. Pada saat itu juga kita akan punyai waktu untuk berhubungan dengan mereka. Hingga mereka semakin lebih cepat mengenal kita pemilik. Dalam periode waktu yang cepat mereka akan merasakan aman (terlatih) dengan kedatangan kita.

Belai Sugar Glider Saat Makan

Langkah setelah itu membelai sugar glider saat sedang makan. Masih terkait secara kedua jika makin berkurang kita memberi bagian makan karena itu sugar glider akan cepat lapar serta dengan kita mempersering frekwensi karena itu maka semakin seringkali juga kita bisa berhubungan dengan mereka. Pada step ini coba membelai sugar glider di saat makan. Jangan malu juga untuk menyuapi mereka dengan tangan dengan cara langsung.

Awalannya kemungkinan sugar glider akan berasa canggung dengan belaian kita, tetapi bersamaan berjalanya waktu mereka akan mengenal kita. Mereka akan memikir jika setiap saat lapar, kita akan tiba untuk memberi makanan. Rasa nyaman dan aman ini akan direkam dalam daya ingat mereka hingga kita bukan lagi jadi satu intimidasi.

Ada satu perihal penting yang penting kita kenali jika sugar glider yang jinak ialah ia yang telah terlatih dengan kita. Oleh karenanya untuk menjinakan sugar glider ialah kita perlu untuk membuat rutinitas nyaman pada mereka. Triknya telah kita katakan di atas, yang pada simpulanya ialah sering-seringlah berhubungan dengan mereka secara baik.

Sugar glider satu diantara tipe hewan piaraan yang memerlukan usaha cukup tambahan agar ia dapat jinak dengan pemiliknya. Kunci melulutkan sugar glider, harus ialah kesabaran kita sebab proses penjinakan itu dapat memerlukan waktu sampai perhitungan minggu bahkan bisa saja beberapa bulan.

Penjinakan umumnya disebutkan dengan bonding. Bonding bermakna terikat, yang ini berarti sugar glider telah mempunyai ikut-ikutan yang kuat pada pemiliknya.

Misalnya, sugar glider tiba jika dipanggil, tetap lompat pada pemiliknya bila ia ada jauh dari pemiliknya, ingat dengan berbau tubuh pemiliknya serta belum pernah crabbing (keluarkan suara seperti terompet) jika digenggam atau dibawa ke mana-mana oleh sang pemiliknya.

Sugar glider yang jinak bermakna sugar glider itu tidak lagi menggigit atau lompat serta kabur jika dihampiri oleh beberapa pemiliknya. Permasalahan penjinakan ini harus erat hubungannya dengan kapan kamu melulutkannya serta usia sugar glider yang kamu punya.

Biasanya tentunya bertambah mudah dan cepat lakukan langkah melulutkan sugar glider pada sugar glider yang muda yang umumnya disebutkan dengan sugar glider joey dengan 1 1/2 sampai 2 bulan.

Disamping itu sugar glider yang berumur 3 bulan ke atas condong bertambah sulit untuk dijinakkan sebab bertambah tua serta semakin banyak pengalamannya di dunia luar. Namun bukan bermakna tidak dapat dijinakkan.

Lantas bagaimanakah cara melulutkan sugar glider yang dapat kamu kerjakan untuk melulutkan sugar glider yang kamu memelihara sekarang ini? Di bawah ini ialah cara-cara melulutkan sugar glider yang dapat kamu kerjakan mulai sekarang ini juga.

  1. Ajak bermain tiap hari

Salah satunya langkah untuk melulutkan binatang yang ini ialah dengan ajaknya bermain tiap hari sesudah dia cukup jinak denganmu. Dengan ajaknya bermain tiap hari serta membelainya secara halus kamu dapat percepat penjinakan sugar glider yang kamu punya.

  1. Memberikan makan dengan tangan atau handfeed

Cara selanjutnya untuk melulutkan sugar glider yang kamu punya ialah dengan memberikannya makan dengan tangan atau lakukan handfeed. Ini perlu kamu kerjakan supaya sugar glider dapat meletakkan kepercayaannya kepadamu. Dengan menolongnya makan, kamu dapat memperoleh keyakinan dari sugar glider dengan cepat dan mudah.

Jika kamu barusan beli sugar glider, sebaiknya jika kamu mendiamkannya lebih dulu di kandang waktu lebih kurang 3 hari agar ia dapat menyesuaikan dengan lingkungan baru serta tak perlu dihandfeed lebih dulu. Jika 3 hari telah berakhir, bila telah, saat ini mulai melulutkan sugar glider dengan handfeed.

Lakukan handfeed dengan pelan-pelan, jangan lakukan handfeed secara cepat sebab hal tersebut mempersulit sugar glidermu. Agar ia ingin makan, awasi setiap suapan cukup dengan bagian yang kecil, seputar 2 sampai 3 sendok bubur. Kerjakan penyuapan ini setiap siang atau sore hari ya.

Tak perlu takut dengan crabbing, sebab kamu dapat menanganinya dengan mencolekkan bubur dengan jemari lantas beri ke mulutnya dengan cara perlahan-lahan. Kerjakan secara status jemari dibalik, yakni status kuku jarimu ada di bawah supaya aman dari gigitannya.

Jangan sampai menarik tanganmu saat ia mendadak crabbing, sebab hal tersebut cuman akan membuat ingat langkah untuk mengusirmu saat ia tidak ingin disuapi.

  1. Menempatkan kandang dalam tempat yang dilalui oleh beberapa orang

Cara selanjutnya yang dapat kamu kerjakan agar sugar glidermu cepat dekat serta jinak dengan menempatkan kandangnya dalam tempat yang seringkali dilalui oleh orang. Ini perlu dilaksanakan untuk melatih sugar glider dengan kehadiran manusia di seputar lingkungannya.

Asumsinya, makin seringkali sugar glider lihat manusia, maka semakin cepat ia terlatih serta tidak takut dengan manusia. Namun kamu harus pastikan jika manusia yang melalui di seputar kandang tidak mengganggu sugar glider misalnya meniupi, mencengangkan, mengguncang kandang, dan lain-lain. Janganlah sampai juga kandangnya terusik dengan kedatangan hewan lainnya.

  1. Membuat ingat dengan baru keringat tubuhmu

Langkah melulutkan sugar glider selanjutnya ialah dengan membuat ingat dengan berbau tubuh atau keringat yang dipunyai oleh beberapa pemiliknya atau dalam masalahmu dengan berbau tubuhmu sendiri. Ini perlu dilaksanakan sebab sugar glider termasuk juga hewan teritorial yang mengidentifikasi daerah atau suatu hal yang dia mengenal dengan berbau.

Bagaimana triknya agar ia dapat cepat ingat dengan berbau tubuhmu? Ada banyak hal yang dapat kamu kerjakan. Pertama ialah dengan menempatkan pakaian atau kain yang lain yang memiliki berbau keringat waktu proses penjinakan ke kandang.

Hal itu akan membuat sugar glider gampang menciumnya serta membuat proses melulutkan sugar glider dapat kamu kerjakan secara cepat sebab dapat terlatih dengan berbau keringat atau berbau tubuhmu tiada perlu kamu beraktivitas spesifik.

Janganlah lupa untuk mengubah pakaian sisa atau kain yang dipakai lebih kurang 1x /hari hari agar tidak tumbuh bakteri serta jamur pada kausmu itu. Disamping itu, kamu dapat juga membiasakannya dengan baumu dengan tetap membawanya ke mana-mana dengan kandang, hingga ia tidak dapat lari serta akan mencium baumu waktu kamu membawanya.

  1. Memastikan saat yang pas untuk melulutkan

Melulutkan sugar glider memerlukan persiapan yang masak. Salah satu perihal yang dapat kamu kerjakan ialah dengan memastikan waktu penjinakan di pada siang hari. Kenapa waktu siang hari? Hal tersebut perlu dilaksanakan sebab di saat itu umumnya sugar glider sedang capek serta mengantuk, hingga sugar glider semakin lebih condong diam serta tidur. Bilapun ia menggigit, kekuatannya tidak sama dengan kemampuan gigitannya di saat pada malam hari. Serta dapat jadi sugar glidermu tidak sadar saat kamu membuat tidur di pangkuanmu.

Lakukan penjinakan pada malam hari dapat juga, namun bertambah mempersulit sebab sugar glider umumnya bertambah aktif. Waktu ialah kunci dalam pelihara sugar glider misalnya pada langkah cara menjaga kucing persia usia 2 bulan atau langkah menjaga bayi kucing.

  1. Membuat mempunyai rutinitas

Sugar glider termasuk juga hewan yang mempunyai ingatan yang tinggi. Kamu dapat melatihnya serta melatih satu aksi spesifik pada sugar glidermu. Contohnya, melatih masukkan dianya ke kantong pakaian, karena itu semakin lama di akan terlatih dengan pekerjaan itu. Disamping itu jika ia seringkali dikejutkan, lama kelamaan ia tidak gampang terkejut kaget, dengan ketentuan ia telah bertambah jinak sedikit. Coba untuk seringkali mengekepnya dengan tangan, agar lama kelamaan ia akan diam pada tangan.

  1. Seringkali menggigitkan jemari ke mulutnya

Langkah untuk melulutkan sugar glider selanjutnya ialah dengan seringkali menggigitkan jarimu ke mulutnya. Memang sich, langkah ini bertambah berlebihan serta memerlukan nyali dan harus tega. Tapi beberapa orang yang lakukan langkah ini untuk melulutkan sugar glider yang mereka punya.

Triknya lumayan sederhana, kamu perlu memegang sugar glider dengan tangan kanan atau kirimu, di bagian seher sampai tubuh dengan status jempol tangan di bawah leher sugar glider dengan erat supaya ia tidak gampang terlepas.

Kemudian berikan jempol tanganmu lainnya dengan status kuku di bawah (kuku menghadap sisi bawah mulut sugar glider) serta tahan sampai lebih kurang 2 sampai 3 menit. Kerjakan hal itu sambil ditiup-tiup kecil serta diulang tiap hari minimum 2 jam, karena itu dalam periode waktu beberapa waktu ke depan ia dapat jinak. Namun tentunya ini dikuasai oleh beberapa hal seperti umur sugar glider dan lain-lain.

  1. Lakukan pendekatan pada sugar glider

Melulutkan sugar glider, mutlak triknya harus dengan lakukan pendekatan. Seperti pepatah, tidak mengenal jadi tidak sayang, karena itu untuk dapat sayang kamu harus dapat membuat kenal diri kamu dengan cara perlahan-lahan. Triknya juga lumayan sederhana, cuman diperlukan kemauan serta kesabaran yang kuat.

Jika kamu barusan beli sugar glider, karena itu sebaiknya kamu mendiamkannya waktu 2 sampai 3 hari lebih dulu supaya sugar glider yang kamu membeli dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang baru. Sesudah ia menyesuaikan dengan cara sepintas, kamu dapat lakukan pendekatan dengan membelai kepalanya pelan-pelan walau ia crabbing. Jangan takut jika itu berlangsung, tetaplah membelainya sebab makin kamu takut ia malah akan makin menganggapmu untuk musuhnya. Janganlah lupa juga untuk menempatkan kandang dalam tempat yang banyak dilewati oleh manusia, misalnya pintu dapur, kamar, ruangan tamu atau kainnya, khususnya di bagian yang seringkali kamu lewati supaya ia dapat bertambah cepat kenal kegiatan manusia.

Tetapi janganlah sampai beberapa orang yang melalui disekitar kandangnya justru menakut-nakuti SG, entahlah itu dengan mengguncang kandangnya, mengganggu atau mengagetinya, bila itu dilaksanakan malah justru akan membuat makin takut pada manusia.

  1. Menempatkan baju sisa di kandang

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, sugar glider adalah seorang binatang teritorial yang mengidentifikasi daerah kekuasaannya dengan bau-bauan. Untuk percepat proses penjinakan karena itu kamu dapat meletakkan baju bekasmu di kandang sugar glider agar ia kenal kita untuk ‘tuan’ atas daerah itu serta jadi pemiliknya. Jika dibutuhkan kamu dapat memakai baju yang habis digunakan serta bau keringat agar baunya bertambah kuat.

Disamping itu, kamu dapat juga membuat alas tidur sang sugar glider dengan baju yang kamu punya agar ia tetap dapat membau kita setiap waktu. Janganlah lupa untuk mengubah pakaian sisa yang kamu pakai tiap hari supaya tidak berjamur serta justru datangkan penyakit kepadanya.

  1. Menamai pada sugar glider serta seringkali panggilnya

Cara untuk melulutkan sugar glider selanjutnya yang dapat kamu coba ialah dengan menamai kepadanya lantas sering-sering panggilnya dengan nama itu agar ia ingat dengan nama pemberianmu serta pada akhirnya mengenali jika kamu ialah orang yang seringkali panggilnya dengan nama itu.

Langkah Lainnya Selain sepuluh cara di atas, cara yang lain dapat kamu pakai untuk langkah melulutkan sugar glider ialah seperti berikut.

  • Memandikan sugar glider
  • Terus persisten melulutkan sugar glider
  • Melatih sugar glider dengan pegangan tanganmu
  • Ajak sugar glider seringkali jalanan
  • Memastikan waktu penjinakan sesuai rutinitas sugar glider
  • Melatih sugar glider dengan tehnik tangan terbalik
  • Mengenal sugar glider supaya bisa cari mana yang terbaik untuk melulutkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.