free hit counter

Alat Eksresi Cacing Tanah Berupa

Bagi yang belum tahu eksresi itu apa. Eksresi adalah proses pembuangan sisa metabolisme dan benda tidak berguna lain yang berada di dalam tubuh. Semua makhluk hidup pasti melakukan eksresi. Tidak terkecuali cacing.

Cacing tanah merupakan hewan invertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang), cacing tanah memiliki alat eksresi yang berbeda dari pada hewan lainnya.  Alat eksresi tersebut berada di setiap segmen tubuh cacing. Alat eksresi pada cacing tanah disebut dengan nefridium.

Nefridum bisa dikatakan sebagai ginjalnya cacing, di dalam tubuh cacing terdapat beberapa segmen,Akan tetapi tiga segmen awal dan tiga segmen akhir yang terdapat pada cacing tidak memliki alat ekskresi.

Di setiap segmen terdapat celah yang menjadi pemisah dari setiap segmen. Celah atau sekat tersebut dilengkapi dengan corong bersila yang terbuka. Corong ini sering disebut dengan nefrosom.

Nefrosom berfungsi untuk menyerap air beserta zat-zat sisa ataupun zat yang masih diperlukan dari setiap rongga tubuh cacing tanah.

Setelah berhasil diserap, nefrosom akan mengeluarkan sisa-sisa metabolisme melalu lubang yang disebut nefridiopori.

Nefridiofor merupakan lubang tempat untuk mengelurakan sisa-sisa metabolisme.

Check Also

Cara Menanam Kangkung Dalam Botol Plastik

Cara Menanam Kangkung Dalam Botol Plastik

DEWITANI – Cara Menanam Kangkung Dalam Botol Plastik – Tanaman satu ini merupakan tanaman yang …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA