Mencukur Bulu Kelinci

By | Oktober 12, 2020

Mencukur bulu kelinci ialah hal yang perlu jadi perhatian oleh beberapa penghobi, terlebih bila tipe kelinci yang dijaga ialah yang mempunyai bulu panjang seperti English Anggora, Fuzzy lop, lion head dan lain-lain.

Kenapa?

Sebab tebalnya bulu kelinci dapat mengakibatkan permasalahan serius yakni Heat Stroke yang dapat berpengaruh kematian tiba-tiba. Oleh karenanya di sini saya ingin menerangkan begitu keutamaan mencukur bulu kelinci untuk kurangi risiko gempuran heat stroke serta penyakit lain.

  1. HEAT STROKE

Apakah itu Heat Stroke?

Heat stroke ialah satu arti di mana kelinci alami situasi panas berlebihan yang dapat berpengaruh kematian bila tidak selekasnya diatasi. Pada banyak masalah, heat stroke disebabkan begitu panjang atau begitu lebatnya bulu kelinci, terutama bila situasi cuaca di lingkungan rumah kelinci kita sedang terik, seperti kota jakarta yang bersuhu panas. Kelinci berbulu panjang terbagus dijaga di wilayah yang mempunyai temperatur lingkungan cukup dingin.

Menangani serta Menahan Heat Stroke

Menjaga kelinci berbulu panjang sedikit bertambah susah dibandingkan kelinci berbulu pendek. Terlebih bila telah masuk musim panas, karena itu kita harus siaga dengan persoalan heat stroke atau kelinci kepanasan. Yang perlu kita kerjakan pertama-tama ialah ; Mencukur bulu kelinci sampai ketebalan 2,5 cm.

Dengan mencukur bulu kelinci diinginkan dapat jadi besar perputaran udara yang masuk melalui bulu ke arah kulit. Hingga kelinci tidak merasai kepanasan.

Sediakan air minum yang cukup

sediakan air minum yang lumayan buat kelinci adalah hal yang harus dilaksanakan. Ditambah lagi bila tipe pakan yang kita beri ialah full pelet kering, karena itu pemberian air minum sangat dibutuhkan mengingat pakan berbentuk pelet tidak mempunyai kandung air.

Kecuali dapat menyembuhkan rasa haus, air minum dapat juga turunkan temperatur badan bertambah lebih fresh.

Mengoptimalkan ruang

bila anda tinggal di wilayah panas seperti kota jakarta, karena itu anda harus pandai mengendalikan kandang kelinci agar kelinci terus berasa sejuk serta tidak kepanasan. Jalan keluarnya ialah memastikan sudut-sudut rumah yang sejuk untuk menempatkan kandang kelinci, seperti pada dekat kamar mandi, di bawah pohon serta sejenisnya.

Jalan keluar yang lain dapat dilaksanakan ialah menghidupkan kipas angin atau AC di saat temperatur sedang panas.

Keuntungan Lain Mencukur Bulu Kelinci

Kecuali menangani heat stroke, mencukur bulu kelinci mempunyai faedah lainnya seperti ;

  • Kurangi bulu gimbal
  • Menumbuhkan bulu baru yang makin halus
  • Bulu akan bertambah lebih bersih
  • Kurangi peluang diserang kutu
  • Menangani kerontokan bulu yang berlebihan
  • Kelinci bertambah sehat serta lebih ria
  • Kurangi risiko penyakit hair ball yang beresiko

Untuk yang belum mengetahui kejadian hairball pada kelinci, anda dapat membaca di sini agar kelinci anda terlepas dari kematian Kejadian Hairball Kelinci yang Mematikan Sebab Panjangnya Bulu

Waktu Mencukur Kelinci Mencukur bulu kelinci satu diantara cara yang baik dalam usaha jaga kesehatannya. Ditambah kelinci dengan bulu panjang, aksi mencukur ialah yang terbaik yang penting dilaksanakan dalam periode waktu spesifik. Lalu apa saja yang penting diingat saat mencukur kelinci?

Lihat situasi

Memerhatikan situasi ialah hal kunci sebelumnya anda betul-betul mencukur kelinci anda. Dimulai dari situasi cuaca sampai situasi kelinci anda sendiri. Anda sebaiknya mulai mencukur jika telah masuk musim panas saja.

Serta tekankan jika kelinci anda pada kondisi perlu dicukur. Situasi itu seperti ;

  • Kelinci berbulu begitu panjang serta lebat
  • Kelinci bulunya alami gimbal
  • Kelinci bulunya begitu kotor serta kusut
  • Kelinci sedang sakit kulit seperti scabies
  • Kelinci sedang tidak hamil
  • Kelinci sedang tidak moulting / bertukar bulu

Apa Faktanya??

Saat bulu kelinci begitu panjang kita harus mencukur supaya kelinci tidak berasa terusik dengan bulunya. Bila kelinci terusik mereka akan menjilati bulu-bulu panjangnya hingga bulu yang rontok akan turut tertelan masuk di pencernaan hingga mengakibatkan penyakit membahayakan, Hair Ball.

Saat bulu kelinci alami gimbal, pasti kecuali tidak damai untuk kelinci pun tidak nikmat untuk dilihat oleh mata kita. Jadi mencukur bulu kelinci di saat rambut gimbal perlu dilaksanakan supaya bulu baru yang makin halus dapat tumbuh.

Saat bulu kelinci begitu kotor, entahlah sebab sisa lumpur atau bintik sisa percikan urine dapat ditangani dengan mencukurnya. Langkah ini dilaksanakan jika kita takut untuk memandikan kelinci kecintaan kita.

Memang betul jika memandikan kelinci ialah hal yang bebahaya serta dapat menyebabkan hipotermia sampai kelinci kita mati. Tetapi sebetulnya memandikan kelinci adalah hal yang paling baik dilaksanakan, jika kita ketahui triknya. Baca Langkah memandikan Kelinci Supaya Tidak Beresiko

Saat kelinci sedang terserang penyakit kulit atau scabies, mencukur bulu kelinci ialah jalan keluar awalnya yang pas. Mengingat scabies berasal dari kutu yang bersembunyi pada susunan kulit, karena itu mencukur bulu di saat kelinci terserang scabies dapat memberi beberapa keuntungan dalam proses pengobatan.

Jangan sampai mencukur bulu kelinci di saat sedang hamil. Hal itu karena kelinci yang hamil akan merontokan bulunya dengan alamiah untuk membuat sarang sebelumnya melahirkan.

Jangan pangkas kelinci di saat ia sedang moulting. Walau pada intinya moulting ialah aksi merontokan bulu yang dilaksanakan dengan alamiah oleh kelinci, tetapi sebaiknya kita tidak mencukurnya.

Kita cukup memberi vitamin supaya proses perontokan bulu atau moultingnya dapat berjalan bertambah cepat. Kita harus tahu jika rontoknya bulu sebab moulting pasti semakin lebih bagus dibanding rontoknya bulu karena dicukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.