5 Cara Menjinakan Kelinci Yang Galak

By | Oktober 11, 2020

Hakekatnya kelinci ialah hewan yang hidup untuk dimangsa. Oleh karenanya mereka telah diberi insting selalu untuk berlaku siaga serta condong penakut dengan kadatangan mahluk hidup yang lain asing untuknya. Pasti ini mempunyai tujuan supaya sang kelinci dapat tahan hidup di alam liar. Tetapi meski begitu, kenyataannya binatang lucu ini juga bisa berlaku jinak jika kita ketahui bagaimanakah cara melatihnya.

Pada intinya kelinci memang mempunyai bentuk dan tingkah yang menggemaskan. Hewan ini benar-benar pas menjadi piaraan di rumah. Ditambah lagi bila kita dapat latih agar mereka dapat berlaku jinak. Pasti semakin lebih membahagiakan.

  1. Menjinakan Kelinci Dari Kecil

Sebelumnya begitu jauh mengulas langkah menjinakan kelinci, yang sangat landasan serta yang termudah ialah jika kita awali menjaga kelinci semenjak kecil. Pasti bila ini dilaksanakan akan memperoleh banyak keuntungan. Semenjak kelinci berumur 14 hari atau saat matanya mulai terbuka, coba untuk mulai membelai serta mengelusnya sekalian kadang-kadang diangkat. Beri mereka kehangatan tangan anda. Pada umur ini kelinci belum aktif bergerak serta masih senang kedinginan. Sentuhan tangan akan memberi kehangatan untuk mereka.

Berdasar pengalaman pribadi, saat kelinci ada di telapak tangan kita, ia akan gampang sekali tertidur. Angkatlah kelinci dengan cara perlahan-lahan serta letakan pada ke-2 telapak tangan dengan status menengadah. Lantas gendong serta timang-timang. Lakukan pekerjaan ini dengan cara teratur tetapi jangan kelamaan frekwensinya. Minimal cuman sekitar 30-60 menit saja.

Pekerjaan menggendong ini seringkali bisa membuat bayi kelinci itu berasa nyaman sampai ketiduran, bila hal itu berlangsung coba rebahkan anda serta letakan bayi kelinci di atas dada/perut anda. Diamkan ia tidur di atas perut/dada yang turun naik setiap saat kita bernafas, sekalian coba untuk mengelus bulunya perlahan-lahan.

Bersamaan berjalanya umur ke 20 hari sampai 30 hari memperbanyak waktunya di antara 3 sampai 5 jam. Pada umur ini kelinci mulai aktif bermain. Bawalah ia bermain di lingkungan terbuka. Beri susu spesial kadang-kadang di saat mereka bermain.

Beri nama serta ajak bicara. Insting mereka akan terbiasa serta akan terlatih dengan kita. Walau kelinci tidak bisa pahami bahasa manusia, kenyataannya mereka dapat sensitif pada isyarat yang kita beri. Kerjakan dengan bertahap serta penuh kasih sayang.

Kesuksesan menjinakan kelinci semenjak kecil condong semakin besar. Tetapi apa kelinci yang telah dewasa dapat dijinakan? jawabanya ialah dapat.

2. Memberi Nama Panggilan

Nama panggilan penting dikasih ke kelinci, terutamanya jika kita ingin supaya kelinci dapat tiba setiap saat dipanggil. Satu kali lagi saya terangkan jika kelinci tidak dapat pahami bahasa manusia, tetapi mereka dapat pahami isyarat serta rutinitas kita ke mereka.

Coba panggil namanya lantas menghadiahkan berbentuk pelet/makanan kegemarannya jika kelinci kita merapat waktu dipanggil. Rutinitas ini akan dihafal oleh kelinci jika tiap namanya kita panggil berarti mereka akan mendapatkan makanan atau penghargaan lain.

Tetap ajak kelinci kita bicara walau mereka tidak bisa menjawab. Sebab dipercaya jika dengan ajak bicara akan memudahkan membuat ikatan batin di antara kelinci dengan si pemilik.

3. Megelus, Menggosok serta Memijat

Kelinci benar-benar senang sekali jika kita menggosok bulunya. Ditambah lagi bila kelinci yang kita memelihara dalah tipe lop. Kelinci tipe lop mempunyai bulu yang panjang hingga benar-benar menyenangi belaian.

Pekerjaan membelai ini kadang-kadang diimbangi dengan pijatan kecil. Pijatlah dari dahi, belakang leher, punggung sampai telapak kaki. Di bagian telinga dapat sedikit diremas-remas serta ditarik supaya peredaran darah lancar. Biasanya mereka akan nyaman serta dapat sampai ketiduran lho.

Di saat mengelus, menggosok serta memijat upayakan dengan ajak mereka bicara.

4. Ajak Bermain di Tempat Luas

Kelinci akan gampang sekali dijinakan jika mereka berasa nyaman dengan kita. Coba keluarkan mereka dari kandang serta ajaknya bermain dalam tempat terbuka (tempat luas). Agar kelinci tidak pergi begitu jauh, bikinlah pagar pemisah dengan tempat yang lumayan luas.

Pekerjaan bermain ini benar-benar digemari oleh kelinci. Mereka akan lari serta meloncat riang bila anda lakukan cara ini. Biarkah mereka berasa bebas, lihat serta nikmati saja tingkahnya yang menggemaskan.

Di saat mereka bermain, coba panggil namanya. Jika mereka merapat berilah penghargaan berbentuk makanan kegemaranya sedikit atau dapat juga dengan memberi belaian. Janganlah lupa selalu untuk ajaknya bicara.

5. Memberikan Makan dengan Tangan

Langkah yang umum dilaksanakan ialah dengan memberikan kelinci kita makanan dengan tangan dengan cara langsung. Memang pekerjaan ini cukup ribet dilaksanakan. Untuk yang tidak punyai waktu rasa-rasanya mustahil menyuapi kelinci sampai mereka usai makan. Tetapi minimal kita dapat menyuapi kelinci sekejap saja.

INTI : Dari semua langkah di atas, pokoknya yang sangat inti ialah menjaga kelinci dengan penuh kasih sayang. Untuk mereka nyaman serta terlatih dengan kita. Kelinci bisa mengenal wewangian badan kita, bila kita berlaku baik serta menyayangi pasti insting alami mereka yang menyukai kabur serta penakut tidak ada.

Untuk mereka terlatih dengan pekerjaan yang kita aplikasikan tiap hari pada mereka. Ingat jika walau kelinci tidak dapat pahami bahasa manusia, mereka dapat memberi respon akan code serta isyarat yang kita sampaikan dengan cara teratur.

Ajak ia bicara, panggil namanya, terbiasakan dengan sentuhan serta pijatan lembut, beri pengenalan yang bagus anda kepadanya. Tunjukkan rasa kasih sayang serta kenyamanan, karena itu ia dapat berlaku jinak.

NB : Kelinci dapat dijinakan, namun sejinak-jinak kelinci mereka tidak dapat sejinak kucing atau anjing. Sesungguhnya insting alami mereka untuk hewan dimangsa tetap ada, hingga terkadang masih senang kabur dengan pergerakan tiba-tiba yang kita kerjakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.