5 Cara Mudah Mengenali Kelinci Sedang Hamil

By | Oktober 11, 2020

Kelinci satu diantara binatang yang mempunyai tingkat produktifitas lumayan tinggi. Hal itu sebab setiap saat berproduksi, 1 indukan rerata sanggup melahirkan di antara 5-15 ekor anak. Pasti fakta berikut yang memicu kenapa budidaya kelinci mempunyai potensial yang baik.

Oleh karenanya kita akan pelajari dengan cara spesial langkah mengenali ciri kelinci yang sedang hamil, untuk kesehatan induk serta janin.

 Lantas untuk pemula tentulah kita ingin mengenali semacam apa sich beberapa ciri kelinci sedang hamil. Ya, memang pengetahuan ini termasuk cukuplah penting mengingat situasi kelinci saat hamil memerlukan perawatan serta perhatian yang lebih. Hal itu untuk mempertahankan kesehatan janin sekalian kesehatan si induk.

Beberapa ciri Kelinci Sedang Hamil Berubah Galak serta Agresif 

Ciri pertama yang gampang sekali dikenal ialah perkembangan personalitas kelinci. Di saat sedang hamil satu ekor induk kelinci dapat bertambah lebih agresif serta galak. Serta dapat bertambah galak dibanding kelinci jantan. Pada situasi ini kelinci telah tidak ingin lagi bila dikawinkan dengan pejantan. Oleh karenanya kita harus pisahkan calon induk ini ke kandang yang tertentu serta nyaman dengan arah untuk hindari stress.

Bila di alam bebas, saat sedang hamil si induk akan mengeduk tanah untuk memperoleh lokasi yang aman untuk melahirkan.

Kelinci yang sedang hamil akan “mengeluh” serta geram saat ada mahluk hidup yang lain coba masuk ke kandang, tidak kecuali manusia. Lihat saat akan memberikan makan, bila ia nampak geram serta seperti ingin menggigit karena itu berarti ada sinyal jika ia sedang memiliki kandungan. Disamping itu ia akan mencakar tangan kita saat meletakkan makanan buatnya di kandang.

Coba beri ketenangan untuk si induk, jika dapat letakkan mereka pada kandang yang sedikit tertutup tetapi janganlah sampai lembab. Lihat perputaran udara yang cukup.

Mulut serta Hidung Nampak Semakin Merah

  Di saat kelinci tengah hamil tidak tutup peluang jika perkembangan fisik berlangsung. Seperti misalnya ialah perkembangan warna mulut serta hidung yang makin memeras. Umumnya sinyal ini ada di saat kelinci sedang hamil tua di antara umur kehamilan 23 hari ke atas.

Tetapi perlu kita kenali jika tidak semua kelinci yang alami sinyal ini bermakna tengah memiliki kandungan. Sebab sinyal ini dapat juga ada saat kelinci sedang megalami sakit pilek atau terkena bakteri lainnya. Jadi untuk mengaitkan jika ia tengah hamil atau mungkin tidak, harus dibarengi dengan sinyal kehamilan lainnya.

Nafsu Makan Bertambah

Bertambahnya selera makan seringkali berlangsung saat kelinci tengah hamil. Hal itu termasuk lumrah mengingat calon bayi yang tengah di kandungnya memerlukan gizi serta nutrisi yang banyak juga. Oleh karenanya siapkan bagian pakan kelinci yang semakin banyak saat meraka sedang hamil. Janganlah sampai tempat pakanya nampak kosong, tetap siapkan bagian makan yang makin hingga kelinci dapat makan kapan saja ia berasa lapar tiada menanti agenda pemberian pakan. Ini penting untuk kesehatan calon bayi dan kesehatan si induk tersebut

Ada Insting Mengeduk 

Sama seperti yang telah kita terangkan di atas jika kelinci yang tengah hamil memerlukan lokasi yang aman untuk tempat melahirkan bayinya nantinya. Oleh karenanya akan ada insting mengeduk pada mereka. Bila di kandang pasti mengeduk tanah ialah hal yang tidak mungkin dilaksanakan oleh mereka, tetapi itu tidak dapat hilangkan insting alami mereka untuk selalu mengeduk. Umumnya kita menemui sikap di saat mereka nampak menggaruk atau mencakar-cakar kandang.

Berat Tubuh Naik

  Saat sedang memiliki kandungan tentunya mereka akan alami tambahan berat tubuh dari umumnya. Tidak lain ialah sebab ada janin di rahimnya, dan hasrat karena itu yang bertambah. Kelinci yang tengah hamil akan alami perkembangan fisik berbentuk bertambah gemuk.

Perut Nampak Buncit

  Menjadi hal yang lumrah jika kelinci yang tengah hamil mempunyai perut yang makin buncit. Umumnya sinyal ini mulai ada di saat umur kehamilan kelinci jatuh di hari ke 17.

Berasa Ada Tonjolan Waktu Perutnya Diraba Saat umur kehamilan telah capai tengah, biasanya kita dapat merasai ada calon janin di rahim kelinci. Kita dapat lakukan Palpasi, yakni proses meraba sisi bawah perut kelinci (sisi rahim) untuk mengetahui ada janin didalamnya. Tetapi untuk seorang pemula akan sedikit sulit lakukan ini. Ditambah kelinci di saat hamil sulit untuk digenggam, sebab benar-benar agresif serta galak.

Nampak Membuat Sarang

  Sinyal yang termudah kita ketahui jika kelinci sedang hamil ialah sikap membuat sarang. Bila kita telah lihat beberapa sinyal jika kelinci kita sedang hamil, kita dapat sediakan satu kotak untuk melahirkan untuk memastikanya. Umumnya kelinci mulai akan menyesuaikan dengan kotak itu. Ia mulai akan masuk serta bekerja didalamnya.

Coba beri sobekan kertas, rumput kering atau jerami di kandang, diamkan induk kelinci membenahi sendiri jerami itu ke kotak melahirkan. Diamkan insting mereka kerja dengan alamiah. Sikap membuat sarang sendiri dapat membuat kelinci semakin nyaman untuk tempatinya dibanding sarang yang dibuatkan oleh manusia.

Bulu Rontok

 Kerontokan bulu akan berlangsung jika kelinci telah alami waktu kehamilan cukup tua. Bulu itu bisa menjadi seperti selimut untuk calon anak kelinci. Kita tahu jika sekejap sesudah lahir, bayi kelinci belum mempunyai bulu serta terancam kedingingan. Jadi adanya bulu dari si induk yang sudah rontok itu diinginkan akan memberi kehangatan untuk bayinya.

Harus diingat jika tidak semua kelinci yang alami kerontokan bulu bermakna hamil. Pada musim spesifik (umumnya kemarau) kelinci akan alami tukar bulu (moulting) untuk turunkan temperatur badan saat cuaca begitu panas. Sikap moulting atau tukar bulu ini akan baik untuk kesehatan kelinci. Dapat baca di sini Faedah Tukar Bulu atau Moulting Pada Kelinci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.