Tanaman Hias Untuk Rumah Agar Terlihat Indah dan Segar

DEWITANI – Tanaman Hias Untuk Rumah Agar Terlihat Indah dan Segar – Siapa di rumahnya yang memiliki banyak tanaman hias? Selain sengaja ditanam untuk hiasan, tanaman hias juga berfungsi sebagai tanaman pelindung atau penutup tanah. Biasanya tanaman ini ditanam bertujuan agar memberikan kesan indah baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain memberikan banyak manfaat dalam kehidupan, jenis tanaman hias juga banyak.

Tanaman hias adalah segala jenis tanaman yang memiliki fungsi menambah keindahan. Tumbuhan ini dapat mencakup semua jenis tumbuhan mulai dari tumbuhan merambat, perdu, bahkan pohon. Dalam dunia arsitektur lansekap, bentuk tanaman hias menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk dijadikan sebagai salah satu peran penting dalam sebuah ruangan.

Orang yang membudidayakan tanaman hias pada umumnya bertujuan untuk memberikan kesan keindahan pada tempat tinggalnya, baik itu budidaya tanaman hias, bunga, daun maupun buah-buahan, jika tanaman tersebut memiliki keindahan dan ditanam untuk memberikan daya tarik, maka dapat digolongkan sebagai tanaman hias.

Berikut Tanaman Hias Yang Bagus Untuk Rumah

Berikut adalah jenis tanaman hias untuk rumah yang mungkin bisa menjadi rekomendasi anda untuk menghias rumah atau ruangan agar terlihat cantik dengan sentuhan alam :

1. Aglonema

Tanaman Aglonema merupakan tanaman hias dari jenis talas yang terdapat di hutan hujan tropis. Nama “aglonema” diambil dari bahasa Yunani. Aglo artinya cahaya dan Nema artinya benang. Di Indonesia, tanaman ini sering disebut sebagai tanaman rezeki.

Tumbuhan ini memiliki akar serabut tanpa batang kambium. Daun gout suriah berbentuk menyirip dan terdiri dari pembuluh transmisi acak. Bunga aglonema juga sedang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Dekorasi kertas warna yang menarik membuat orang senang menyimpannya.

Tumbuhan ini termasuk dalam kelompok tumbuhan monokotil. Akar yang sehat berwarna putih dan berdaging, sedangkan akar yang tidak sehat berwarna coklat. Aglonema memiliki dasar yang halus dan berair. Ukuran batangnya pendek dan tertutup daun. Warna batang umumnya putih, hijau muda atau merah muda tergantung spesiesnya.

Daya tarik tanaman ini ada pada daunnya yang bisa sebagai tanaman hias untuk rumah. Bentuk daun aglonema sangat bervariasi, ada yang berbentuk telur, lonjong hingga delta. Permukaan daun halus, tidak berbulu, dan tepi rata. Daun tanaman ini tersusun secara bergantian dan menutupi batang tanaman berhadap-hadapan. Daun tanaman aglonema biasanya berwarna indah dan timbul membentuk gradien yang menarik untuk dilihat.

Aglonema Merah

Ini salah satu jenis dari tanaman hias aglonema, Keajaiban aglonema merah mulai menjadi daya tarik bagi para penggemar. Namun Aglonema Merah yang banyak dibudidayakan ternyata merupakan spesies hibrida, sedangkan tumbuhan aslinya konon satu-satunya di dunia dan hanya ditemukan di hutan-hutan Sumatera.

Peneliti Araceae dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dra. Yuzammi, menyampaikan bahwa semua aglaonema atau yang dikenal dengan tanaman aglonema berdaun merah adalah hasil dari hibridisasi atau persilangan. Tanaman hias hasil persilangan biasanya diberi nama yang diinginkan oleh orang yang menanamnya.

Aglo Lipstik

Tanaman hias Aglonema Lipstik  ini terkenal dengan warnanya yang unik. Karena tanaman ini memiliki perpaduan dua warna cantik pada daunnya. Belakangan ini, merawat tanaman hias menjadi hobi baru bagi sebagian orang. Dan menjadi hiburan disela-sela waktu luang.

Mengingat pandemi yang mengharuskan masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah. Orang-orang mulai bosan dengan rutinitas harian yang sama. Jadi mereka membutuhkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Mereka butuh sesuatu yang baru untuk menghilangkan kebosanan. Oleh karena itu, kini saatnya mereka mengembangkan hobi baru, salah satunya bertani dan merawat tanaman hias untuk rumah.

Beberapa Jenis Aglonema

1. Aglaonema Red Peacock atau Widuri

Tanaman hias untuk rumah Jenis Widuri ini termasuk rejeki Sri yang memiliki harga yang sangat selangit, bahkan harganya mencapai ratusan juta rupiah. Namun, tanaman ini termasuk yang paling banyak dicari. Ciri khas dari spesies ini adalah memiliki warna merah cerah di bagian tengah daunnya.

2. Aglaonema Cinta

Tanaman jenis Aglonema Cinta memiliki bentuk daun yang sangat indah. Tak heran jika banyak yang mencari tanaman cinta ini. Bentuk daunnya menyerupai hati karena melengkung pada kedua bagian pangkalnya. Karena itulah tanaman hias ini disebut Aglaonema Cinta. Anda juga bisa meletakkan Aglaonema Cinta di dalam dan di luar ruangan.

3. Aglaonema Suksom

Tipe Suksom, termasuk pabrik Sri Rejeki, dibanderol dengan harga yang lumayan yaitu Rp 3 juta lho… Ciri khas Aglaonema Suksom adalah warna merah pada daunnya yang sangat cerah, dengan jumlah klorofil yang minim.

Jenis Aglonema dan Harganya

1. Aglonema Red Anjamani

Red Anjamani adalah salah satu jenis Aglonema yang banyak disukai para kolektor tanaman hias. Aglonema ini memiliki daun berwarna merah muda dan batang berwarna hijau. Aglonema Red Anjamani merupakan salah satu jenis Aglonema yang berasal dari Thailand. Selain Anjamani Merah, ada juga jenis Aglonema Anjamani lainnya seperti Anjamani Putih, Anjamani Dud dan Anjamani Pink. Harga Aglonema Red Anjamani sekitar Rp 90 ribu.

2. Valentine Merah Aglaonema

Daunnya yang besar, berbentuk lonjong menunjukkan tepi hijau tua dengan bintik-bintik merah muda dan merah di dalamnya, yang membuat jenis aglonema ini terlihat sangat indah.

Awalnya warna daun mulai merah muda dan saat matang berubah menjadi merah. Disebut Valentine Merah, tanaman cantik ini berpotensi menjadi cinta sejati di segala musim. Harganya dipatok mulai dari Rp 120 ribu rupiah.

3. Aglaonema super putih

Sesuai dengan namanya, aglonema jenis ini memiliki warna kertas putih yang cantik. Daunnya berbentuk elips dan hampir seluruhnya putih menunjukkan urat hijau halus. Di pasaran, harga aglonema jenis ini berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 900 ribu.

Aglaonema Langka

Aglonema merupakan salah satu tanaman hias untuk rumah yang masih semakin digandrungi dan diminati sejak pandemi Covid-19. Salah satu penyebab terus maraknya tanaman hias aglonema adalah banyaknya jenis dan corak yang bervariasi.

Dengan selesainya koleksi aglonema, beberapa kolektor kini mulai melirik spesies unik tersebut. Salah satu spesies aglonema yang semakin banyak diburu oleh para kolektor tanaman hias adalah mutasi aglonema.

Berikut Aglonema yang langka :

  • Aglonema Adelia merah
  • Aglonema Audrey
  • Aglonema Butterfly
  • Aglonema Diana

2. Keladi Hias (Caladium)

Tanaman keladi (Caladium) merupakan salah satu marga dari famili talas atau tumbuhan famili Araceae. Meski jenis tanaman ini sangat familiar dan sering ditemukan di sekitar, tanaman talas ini bukanlah tanaman asli Indonesia.

Caladium adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Kemudian talas banyak dibudidayakan di negara-negara tropis, salah satunya Indonesia. Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat terbuka dengan tinggi 40-90 cm dan lebar 15-35 cm.

Tanaman talas memiliki ciri khas yaitu daunnya yang tampak lebar. Warna dan bentuk daun talas ini begitu indah sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain anak panah, bentuk daun talas ini juga menyerupai hati, sayap dan telinga gajah.

Talas sendiri memiliki banyak sekali jenis dan corak warna yang berbeda-beda. Salah satu yang sangat populer adalah keladi merah. Tanaman dengan nama latin Caladium bicolor ini terlihat sangat cantik dengan perpaduan warna merah dan hijau pada guratan daunnya.

Daun Keladi

Ciri yang paling khas dari talas adalah bentuk daunnya yang menyerupai lambang hati. Daunnya biasanya halus dan memiliki lapisan lilin. Ukuran talas tidak pernah lebih dari satu meter. Beberapa spesies dan hibridanya digunakan sebagai ornamen taman.

Bunga Keladi

Tanaman hias ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Brasil tepatnya. Bunga keladi merupakan tumbuhan dari genus Caladium (suku Talas, Araceae) dan banyak dijumpai di negara-negara tropis.

Biasanya, tanaman ini tumbuh liar di sekitar pekarangan atau saluran air yang lembab. Sekarang, keladi semakin “dipromosikan” karena bisa matang di antara tanaman hias lainnya.

Selain dikenal dengan keladi, ada julukan lain untuk talas, yaitu sayap malaikat dan telinga gajah. Menariknya, bunga talas sebenarnya adalah tanaman yang telah menemani banyak keluarga di Eropa sejak akhir abad kedelapan belas.

Bunga keladi atau talas sebenarnya bisa tumbuh di tempat terbuka setinggi 40-90 cm dengan lebar daun 15-35 cm. Daunnya yang bertekstur lembut dan pewarnaan yang menarik membuat talas, khususnya ubi hibrida, dikembangkan sebagai tanaman hias perumahan. Ya, ciri khas dari tanaman talas adalah bentuk daunnya yang menyerupai lambang hati.

Keladi Tengkorak

Tengkorak tarot atau kuping gajah akhir-akhir ini semakin hits. Tanaman hias untuk rumah ini sangat populer karena dedaunannya yang khas dan menarik. Talas rangka berkembang biak melalui biji. Namun, butuh waktu lama untuk menumbuhkannya hingga bertahun-tahun, sebelum menjadi daun yang besar dan indah. Dalam kondisi yang baik, tanaman yang lebih tua akan menghasilkan polong.

Nah, benih keladi kopiah hanya bisa bertahan sebentar, jadi jika ingin menanamnya, panenlah polongnya dan gunakan sesegera mungkin. Jika anda ingin mendapatkan talas tengkorak yang besar dan cantik tanpa harus menunggu dari bijinya, ini tidaklah sulit. Sekarang banyak yang menjual tanaman hias ini.

Keladi Neon

Talas neon adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga aracai. Tanaman ini sering dikenal sebagai kuping gajah di Indonesia. Tanaman asli Amerika Selatan ini memiliki bentuk yang mirip dengan talas Amazon, namun lebih hijau. Warna daunnya hijau tua dan uratnya memiliki warna keladi neon.

Keladi Baret Merah

Salah satu jenis tanaman hias yang populer di masyarakat saat ini adalah talas keladi merah atau bicolor. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang khas dan juga warna yang cemerlang. Tanaman talas memiliki dua jenis daun yaitu daun besar berbentuk hati dan daun runcing. Merawat tanaman keladi ini tidak sulit. Perlu dicatat bahwa daun talas beracun jika tertelan, sehingga harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Beberapa Jenis Bunga Keladi Mahal

Tahukah anda mengapa talas hibrida banyak diburu orang? Sepertinya tanaman hias ini adalah jenis talas yang bisa dijual dengan harga yang fantastis. Ciri khas daunnya yang unik membuat talas berikut ini sangat cocok jika digunakan sebagai hiasan rumah. Hal-hal inilah yang membuat talas jenis ini menjadi sangat mahal. Ya, harganya yang mahal membuat talas jenis ini cocok untuk bercocok tanam atau sebagai peluang bisnis dan bisa juga menjadi tanaman hias untuk rumah.

Beberapa bunga keadi yang mahal :

  • Keladi Hibrida (Rp4,3 Juta)
  • Keladi Thailand (Rp1 Juta)
  • Keladi Red Kujang (Rp3 Juta)
  • Keladi Minyak (Rp100-750 Ribu)

Jenis Keladi Hias

Ada beberapa jenis talas yang cocok untuk tanaman hias untuk rumah dan bisa membuat tampilan rumah anda lebih asri dan segar. Ini dia beberapa keladinya :

  • Keladi Army Look
  • Keladi Corong
  • Keladi Freida Hemple

3. Janda Bolong

Tanaman Janda bolong (Monstera adansonii) adalah sejenis tanaman hias tropis monstera yang sedang tumbuh. Tanaman ini digandrungi masyarakat dan biasanya digunakan sebagai penghias ruangan bergaya Skandinavia atau minimalis karena bentuknya yang dianggap estetis. Secara ilmiah bernama Monstera adansonii, tanaman ini dapat dijual antara Rs 95 juta dan Rs 100 juta.

Monstera adansonii memiliki daun dengan lubang oval berbentuk tidak beraturan dan, daun bermata penuh. Tanaman pohon janda bolong ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Monstera adansonii merupakan tanaman merambat dan cocok sebagai tanaman teralis dan bisa sebagai tanaman hias untuk rumah anda.

Jika ditopang pada tiang, Janda Bolong akan tumbuh lebih tinggi dengan daun yang lebih besar. Jika dijadikan sebagai tanaman hias, maka tanaman ini memiliki tinggi sekitar satu meter. Namun, di alam, janda bolong bisa mencapai ketinggian 2-4 meter.

Harga janda Bolong

Mengutip berbagai sumber, tumbuhan yang termasuk dalam spesies Monstera ini memiliki beberapa spesies. Namun, untuk yang paling mahal, setidaknya ada tiga tipe yang paling banyak diincar sebagai tanaman hias untuk rumah. Tidak hanya sebagai pohon, tanaman Janda Bolong hanya menjual daunnya saja.

Satu lembar kertas Janda Bolong bisa berharga puluhan juta lho. Misal, Monstera obliqua per lembar bisa dijual dengan harga Rp 25-30 juta. Monstera albo variegata dijual seharga Rp 30-50 juta per daun, Monstera Mint dan deliciosa dijual seharga Rp 50 juta per daun.

4. Tanaman Monstera

Tanaman monstera adalah jenis tanaman merambat yang dapat menumbuhkan akar dan menempel pada pohon di sekitarnya. Setidaknya ada 45 jenis tanaman monster yang selama ini ditemukan dan diperdagangkan di pasaran.

Jenis Monstera

Ada beberapa contoh jenis bunga monstera yang biasa digunakan untuk penghias rumah agar ruangan terlihat lebih estetis dan simpel sebagai berikut :

  • Monstera Adansonii
  • Monstera Borsigiana
  • Monstera Deliciosa Variegata
  • Monstera Karstenianum
  • Monstera Obliqua
  • Monstera Acuminata

5. Tanaman Hias Daun

Pernahkah anda merasakan suasana rumah terkesan terlalu kering? Apalagi jika anda bukan penggemar warna-warna cerah. Mengganti warna cat tembok memang bisa berdampak besar, namun rumah yang berwarna cerah bukanlah jaminan sebuah rumah akan terasa hidup. Kurangnya unsur organik bisa menjadi alasan utama mengapa sebuah rumah tampak tandus. Jawabannya adalah memilih tanaman hias berdaun.

Berbeda dengan tanaman hias berbunga, tanaman hias berdaun justru memiliki pesona dedaunan kehijauan dan memiliki corak atau bentuk yang unik. Kemudian ia lebih menyukai banyak jenis tanaman hias dengan daun yang menarik. Dan bahkan membuat harganya agak tidak masuk akal. Tapi, tak perlu merogoh kocek banyak, masih banyak jenis tanaman hias dengan daun cantik yang tersedia dengan harga terjangkau.

6. Bunga Hias

Bunga adalah bahasa universal, mereka digunakan untuk tumbuh di kebun, atau bahkan di pinggir jalan. Bunga tidak hanya digunakan sebagai penghias taman, tetapi juga dapat menjadi tanaman hias untuk rumah kalian, bahkan dapat dijadikan sebagai hadiah.

Bunga juga memiliki fungsi biologis, yaitu memfasilitasi reproduksi dan menyediakan mekanisme penyatuan sperma dan sel telur. Bunga akan memudahkan penyerbukan silang yang dihasilkan dari penyerbukan silang atau penyerbukan sendiri.

Beberapa bunga menghasilkan bibit tanpa pembuahan. Bunganya mengandung sporangia dan menjadi tempat berkembangnya gametofit. Hari ini, bunga telah berevolusi untuk menarik hewan yang menjadikannya tempat untuk membawa serbuk sari. Bunga selalu dikagumi dan digunakan oleh manusia. Tak hanya itu, bunga juga menjadi objek asmara, ritual, religi, obat-obatan bahkan sumber makanan.

7. Palem

Pohon Palem merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat hidup di berbagai daerah. Tanaman Palem dapat tumbuh dengan baik pada berbagai sifat tanah, dari tanah yang subur sampai tanah yang gersang.

Penyebaran pohon palem juga sangat luas dan dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Pohon palem juga dapat ditemukan di dataran rendah dan dataran tinggi.

Selain kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda, pohon palem juga tergolong tanaman yang mudah dirawat. Maka tak heran jika banyak orang menggunakan tanaman ini sebagai hiasan karena keindahan dan kemudahan perawatannya. Pohon aren sangat cocok dijadikan sebagai pohon peneduh di pinggir jalan atau di sekitar pekarangan.

Palem Kuning

Tertarik untuk menambahkan sentuhan tropis ke rumah anda? Telapak kuning bisa jadi solusinya. Ini adalah salah satu jenis pohon palem yang paling umum sebagai tanaman hias untuk rumah. Dengan daunnya yang panjang melengkung dan batangnya yang panjang, pohon ini memancarkan nuansa tropis setiap kali anda meletakkannya.

Palem kuning adalah tanaman tropis yang lebih suka tumbuh di tempat dengan iklim hangat. Tanaman ini berasal dari Madagaskar, namun kemudian berkembang di India selatan dan beberapa negara lain di berbagai benua. Secara tampilan, palem kuning sangat mirip dengan tanaman bambu. Hal ini karena batang dan daun pinang yang halus berwarna keemasan juga menyerupai batang dan daun bambu.

Untuk tanaman indoor, pohon aren kuning biasanya dijual dalam rumpun pohon muda. Sangat jarang menanam tanaman ini dari biji. Namun, benihnya dapat diperbanyak dengan menanamnya di tanah tempat mereka dibesarkan. Dengan perawatan yang tepat, pohon palem kuning akan tumbuh sekitar 6-10 inci per tahun. Ketinggian maksimal bisa mencapai 1,8-2,4 meter.

  √ 11 Manfaat Kulit Bawang Merah Untuk Tanaman

Palem Kipas

Salah satu jenis tanaman palem tersebut adalah PALEM KIPAS. Pohon palem kipas atau dalam bahasa latin disebut juga dengan Livistona chinesis memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan jenis palem lainnya, yaitu bentuk daunnya yang membentuk setengah lingkaran dan menyerupai kipas. Daunnya bisa mencapai diameter 30-50 cm dan tingginya bisa mencapai 10 m di lingkungan alaminya.

8. Bunga Miana

Tanaman miana merupakan tanaman hias dengan banyak varian. Tanaman hias dengan warna ungu kemerahan ini menyandang nama ilmiah Coleus atropurpureus. Jika beberapa daerah nusantara menyebut tanaman ini berbeda. Di Jawa Tengah, tanaman Miana dikenal dengan nama Iler. Di Bugis disebut ati-ati, di Minahasa disebut serewung, dan Di Palembang disebut adong-adong.

Jenis tanaman hias pohon ini tidak hanya memiliki ornamen atau corak yang indah. Tetapi juga bermanfaat untuk mengobati sejumlah penyakit seperti wasir, luka baring, infeksi telinga, obat haid tidak teratur, dan demam saat melahirkan. Cara merawatnya tidak sesulit yang ia bayangkan. Tanaman Miana bisa bertahan hidup didaerah panas dan matahari yang terik. Miana memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, tetapi jangan terlalu lama menyiramnya.

9. Tanaman Hias Gantung

Siapa sangka tanaman gantung sederhana bisa mengubah nuansa dan energi sebuah hunian di rumah. Apalagi menciptakan hunian yang nyaman merupakan pekerjaan rumah pemilik rumah. Tidak hanya di dalam ruangan, di luar rumah juga perlu diperhatikan agar terlihat cantik. Apakah anda ingin mendekorasi balkon anda tetapi tidak memiliki cukup ruang? Tak ada salahnya, di sini, mencoba menggantung tanaman sebagai hiasan dan pemanis.

Banyak orang yang mengatakan bahwa balkon rumah menentukan kesan hunian, sehingga perlu memberikan kesan pertama yang baik pada rumah melalui balkon. Jangan takut tanaman gantung terkesan membosankan, karena ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan gaya hunian anda

10. Beberapa Bunga Yang Lagi Viral

Jika anda baru mulai mengoleksi dan merawat tanaman hias, dan anda bingung ingin membeli tanaman apa, sebaiknya beli tanaman hias kekinian yang sedang populer saat ini. Seperti halnya tren fashion, tanaman juga memiliki tren yang berubah setiap tahunnya. Nah, tren tanaman hias tahun 2022 ini tidak jauh berbeda dengan tahun 2022.

Namun, ada beberapa tanaman yang sebelumnya tidak berbunga, dan sekarang banyak orang yang mencarinya. Berikut Beberapa Bunga yang sedang viral 2022 :

  • Philodendron Micans
  • Opuntia Monacantha Variegata
  • Monstera
  • Hoya

11. Jenis Calathea

Calathea dikenal sebagai tanaman hias dengan daunnya yang berbentuk lonjong yang ditandai dengan garis-garis dengan berbagai warna yang menawan. Karena garis dan uratnya yang mencolok, tanaman ini sering disebut tanaman zebra, tanaman merak, atau tanaman ular.

Ada sekitar 100 spesies calathea yang telah diidentifikasi di dunia tumbuhan. Puluhannya bisa ditemukan di kios-kios tanaman hias. Bahan drum tengah Harga tanaman calathea di pasaran berbeda-beda tergantung jenis dan umurnya. Tanaman hias ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 20.000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah.

Tertarik mengoleksi Calathea? Berikut beberapa tipe yang bisa anda pertimbangkan :

  • Calathea makoyana
  • Calathea lancifolia
  • Calathea Crimson (Calathea picturata Crimson)
  • Calathea rufibarba

Calathea Merak

Tanaman hias ini paling populer di kalangan pecinta tanaman hias dengan jenis daun. Spesies ini memiliki daun lonjong dengan pola seperti kacang hijau tua. Polanya terlihat kuat, bahkan di bawah daun.

Calathea peacock atau lebih dikenal dengan nama Calathea peacock feather adalah salah satu jenis tanaman hias dari famili Calathea yang memiliki daun dengan ornamen yang indah dan menarik. Tanaman hias Calathea ini memiliki daun yang lebar dan ujung yang runcing. Bentuk daunnya mirip dengan bulu merak dan warna daunnya campuran hijau tua, hijau muda dan hijau keputihan.

Tanaman ini merupakan salah satu pilihan tanaman hias untuk rumah dan penghias sudut rumah anda. Selain itu, tanaman hias ini juga mampu menyerap radikal bebas di dalam ruangan.

Sebuah pola pada daun yang menyerupai garis-garis pada bulu burung merak, Calathea Peacock adalah tanaman cemara asli Brasil. Tanaman hias ini juga memiliki batang semu yang muncul dari rimpang yang menebal hingga ketinggian 30-50 cm. Jenis tanaman hias Calathea ini menyukai cahaya sedang dengan suhu berkisar antara 16-21°C.

12. Jenis Philodendron

Philodendron merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Araceae yang memiliki banyak jenis. Namanya berasal dari bahasa Yunani dimana philo berarti cinta dan dendron berarti pohon. Karena keindahan bentuk dan warna daunnya, philodendron sering dipilih sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.

Philodendron merupakan tanaman yang sering ditemukan di hutan tropis seperti Indonesia. Biasanya tumbuh di tempat basah, di rawa-rawa, di tepi sungai atau di pinggir jalan. Banyak organ hidup berkembang biak pada tanaman lain dengan bantuan akarnya.

Beberapa jenis philodendron

  • Philodendron acutatum
  • Philodendron adamantinum
  • Philodendron alliodorum
  • Philodendron appendiculatum
  • Philodendron auriculatum

Philodendron Mahal

Beberapa jenis Philodendron termahal yang dapat anda koleksi :

  • Philodendron Birkin
  • Philodendron Xanadu
  • Philodendron Black Cardinal
  • Philodendron Florida Beauty
  • Philodendron Pig Skin

13. Tanaman Indoor

Tanaman hias dalam ruangan bisa mempercantik ruangan di dalam rumah. Selain itu, tanaman hias dalam ruangan bisa membuat suasana di dalam rumah lebih hidup. Selain warnanya yang memukau, tanaman hias dalam ruangan juga bisa menjadi dekorasi rumah yang cantik. Apalagi saat ini sudah banyak tanaman hias indoor yang mudah perawatannya dan bisa hidup bertahun-tahun.

Lalu apa saja tanaman indoor yang bisa dijadikan sebagai dekorasi rumah? Berikut beberapa tanaman indoor yang dapat menghiasi ruangan :

  • Lidah buaya
  • Paku tanduk rusa
  • Ara biola
  • Tanaman doa atau Calathea
  • Tanaman ZZ atau tanaman Dollar

14. Tanaman Hias Bunga

Mungkin anda adalah orang yang suka mengoleksi tanaman hias dan memiliki hobi, atau anda hanya ingin mempercantik taman dan ruangan anda. Namun, saat ini anda sedang dibingungkan, sehingga anda mencari referensi tanaman hias untuk rumah lain yang dapat melengkapi koleksi anda dan mempercantik halaman rumah anda.

Berikut beberapa jenis tanaman hias yang bisa anda jadikan sebagai inspirasi :

  • Bunga pentas
  • Bunga melati
  • Bunga lavender
  • Bunga kamboja
  • Bunga kembang sepatu

15. Tanaman Alocasia

Alocasia merupakan salah satu jenis tanaman hias tropis yang masih berasosiasi dengan talas, talas, dan anthurium. Alocasia dikenal dengan bentuknya yang unik seperti telinga gajah. Warna daunnya cukup beragam, mulai dari hijau tua cerah, hijau dengan permukaan halus seperti beludru, atau bahkan putih dengan urat daun keperakan.

Ada lebih dari 70 spesies Alocasia yang ditanam sebagai tanaman hias. Berikut beberapa di antaranya yang saat ini sedang populer di pasaran. Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp25.000, ratusan ribu, bahkan hingga jutaan rupiah.

Jenis Alocasia

Beberapa jenis alocasia :

  • Alocasia Baginda Silver Dragon
  • Alocasia ‘Melo’
  • Alocasia wentii
  • Alocasia longiloba
  • Alocasia micholtziana ‘Frydek

16. Bunga Anthurium

Anthurium merupakan salah satu jenis tanaman hias untuk rumah yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain terlihat cantik, tanaman yang satu ini memiliki harga yang mahal lho! Simak beberapa jenis tanaman anthurium terpopuler di sini!

Anthurium memiliki bentuk yang unik dengan daunnya yang lebar, dan keunikan inilah yang membuat banyak orang menyukai tanaman yang satu ini. Banyak sekali orang yang menyukai tanaman ini, bahkan hingga orang rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkannya, lho! Hingga saat ini, harga tanaman berdaun lebar ini sedang naik, bahkan mencapai harga jutaan rupiah.

Jenis Anthurium

Pandemi COVID-19 menyebabkan peningkatan prevalensi tanaman hias. Anthurium juga merupakan salah satu tanaman favorit masyarakat. Ada berbagai jenis anthurium yang sangat cantik dan bisa menghiasi taman rumah anda. Harganya pun bervariasi, mulai dari 50 ribu hingga jutaan rupiah.

Beberapa jenis Anthurium yang bisa menjadi tanaman hias untuk rumah:

  • Anthurium Crystallinum atau Kuping Gajah
  • Anthurium Andraeanum atau Bunga Flamingo
  • Anthurium Plowmanii atau Gelombang Cinta
  • Anthurium Jenmanii
  • Anthurium Superbum

17. Varigata

Tanaman hias “di musim”. Sejumlah spesies banyak diburu. Salah satunya, yang termasuk mahal, beraneka ragam (variety). Varigata adalah suatu keadaan dimana warna daun biasanya hijau dan menghasilkan corak lain, mulai dari corak putih, kuning, merah muda dan hijau.

Varigata sebenarnya adalah serangga pada tanaman. Namun, semakin banyak orang “cacat”, semakin banyak tanaman hias yang dicari. Tanaman hias varigata dapat ditanam melalui okulasi atau stek. Hal ini juga dapat terjadi secara alami, karena radiasi matahari.

Beberapa jenis varigata yang banyak dicari :

  • Monstera Adansonii Varigata
  • Monstera Deliciosa Varigata
  • Syngonium Varigata
  • Alocasia Varigata
  • Philodendron Sodiroi Varigata

18. Tanaman Rambat

Tanaman merambat adalah jenis tumbuhan yang akarnya tumbuh di dalam tanah, sedangkan batangnya tumbuh di atas permukaan tanah. Tumbuhan jenis ini memiliki ciri-ciri bercabang alias memiliki organ tubuh tertentu yang memungkinkan tumbuhan menyebar pada media tertentu. Beberapa tanaman merambat mekar setahun sekali, dan beberapa mekar sepanjang tahun (abadi). Pastikan untuk memilih jenis yang mekar sepanjang tahun yang tahan terhadap cuaca apa pun.

Beberapa tanaman merambat juga memerlukan jenis perawatan yang berbeda. Beberapa membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari langsung per hari, yang lain hanya membutuhkan setengahnya. Perawatan yang salah mencegah tanaman merambat mekar atau bahkan mengering. Anda juga perlu menyiapkan kerangka atau struktur sebagai media untuk menumbuhkan tanaman rambat ini. Misalnya, teralis di dinding atau pergola. Atau jika anda ingin menanam tanaman merambat di media berair, siapkan kolam ikan untuk merasakan manfaatnya segera.

19. Tanaman Suplir

Tumbuhan Suplir adalah istilah umum untuk sekelompok tumbuhan dalam genus Adiantum, famili Adiantaceae. Sebagai tumbuhan paku, suplir tidak menghasilkan bunga dalam siklus hidupnya. Suplir hidup di tanah, dan hampir semua pakis adalah herba atau kayu sampai batas tertentu. Letak akar tumbuhan paku berbeda-beda, di Suplir akarnya berserat, tumbuh dari rimpang, tegak dan berwarna coklat.

Sebagian besar tumbuhan paku berbentuk rimpang karena arah tumbuhnya umumnya menjalar atau memanjat, bentuk batang lonjong, permukaan batang licin, diameter 1 mm, warna coklat dan percabangan bercabang. monopodial. Jenis daun Suplir bersifat majemuk, dan tulang daun berbulu atau sporofil agar menghasilkan sporangium. Biasanya, hampir semua spesies sporofil berfungsi sebagai anggota fotosintesis.

20. Tanaman Kadaka

Kadaka adalah jenis pakis yang banyak ditemukan di daerah sejuk dan lembab. Tanaman ini biasanya hidup menempel pada batang tanaman, namun bisa juga ditanam di dalam pot. Bentuk daun kadaka yang unik yang menjorok ke segala arah membuatnya disukai banyak orang. Beberapa orang yang menanam ini mengatakan bahwa mereka menyukai kadaka karena dedaunannya yang hijau muda.

Kadaka berwarna hijau muda, tidak hijau seperti tanaman lainnya. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan saat ingin menggunakan kadaka sebagai dekorasi ruangan. Seperti tumbuhan paku-pakuan lainnya, kadaka mengandung serbuk spora yang dapat mengiritasi mereka yang alergi terhadap spora. Di Kadaka ada banyak spesies, tetapi yang paling terkenal saat ini adalah Asplenium osaka.

21. Bunga Krokot Gantung

Bunga krokot atau Mos Rose merupakan tanaman hias yang memiliki warna bunga yang beraneka ragam dan sangat indah. Jadi tidak heran bunga ini sering ditanam untuk memperindah setiap sudut rumah. Ciri khas krokot adalah daunnya yang kecil lonjong dan bunganya beraneka warna, ada yang putih, ungu, kuning dan merah. Selain murah, tanaman ini cantik dan unik. Tak heran krokot belakangan ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Biasanya bunga ini mekar saat pagi dan kuncup saat sore. Oleh karena itu tanaman ini juga dikenal sebagai bunga jam sembilan. Bunga krokot sangat cocok ditanam oleh pemula karena bunganya tidak mudah mati dan dapat bertahan hidup tanpa banyak perawatan. Menariknya, beberapa jenis tanaman hias bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan.

22. Daun Puring

Bagi anda yang menyukai tanaman hias, tanaman delima bisa menjadi kit must have selanjutnya. Menurut Wikipedia, tanaman lebah atau nama latinnya Codiaeum variegatum adalah tanaman hias taman yang populer berupa perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat beragam. Berbagai kultivar hasil bumi telah dikembangkan dengan berbagai warna mulai dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu dan campurannya.

Bentuk daunnya juga bermacam-macam, ada yang lonjong, tepinya lonjong dan bergelombang, benangnya suka lepas, dan masih banyak lainnya. Umumnya tanaman krokot cocok ditanam di area terbuka seperti kebun atau taman teras. Meski memungkinkan, tanaman murni juga bisa dijadikan tanaman hias dalam ruangan

Jenis Puring

Beberapa jenis puring dengan corak indah :

  • Puring Apel
  • Puring Anggur
  • Puring Cabai
  • Puring Dasi

23. Cemara Norfolk

Cemara norfolk memiliki nama latin Araucaria heterophylla. Meskipun secara umum mirip dengan cemara, cemara norfolk ini memiliki spesies yang berbeda dari cemara biasa. Kenyataannya, ini adalah tanaman tropis yang tumbuh dan subur di daerah beriklim sedang dan berasal dari Pulau Norfolk yang tidak jauh dengan Selandia Baru.

Cemara Norfolk adalah pilihan yang cocok sebagai tanaman indoor, dan dapat disimpan sebagai aksesori dalam pot untuk membuat interior rumah anda lebih menarik. Saat mendekorasi cemara Norfolk, misalnya sebagai pohon Natal, anda mungkin merasa ini sulit. Ini karena cabang cemara Norfolk cenderung lebih mudah patah dan sangat fleksibel saat masih muda.

Shirley Barnes Booth, landscape gardener di Fleurs Inc, menyarankan jika ingin memberi ornamen atau hiasan yang digantung di dahan pohon, sebaiknya pilih kertas yang lebih ringan. Pohon cemara Norfolk kecil ini tingginya sekitar 12 – 15 inci dan akan terus tumbuh di dalam ruangan yang bisa mencapai 5 atau 6 kaki (sekitar 1,5 meter). Cemara Norfolk ini dapat bertahan selama bertahun-tahun selama anda hanya menyirami tanaman saat tanah kering.

24. Bambu Hias

Memilih bambu sebagai dekorasi rumah bisa menjadi pilihan terbaik karena dapat membuat rumah terlihat estetis dan juga dipercaya dapat membawa keberuntungan. Beberapa orang percaya bahwa tanaman bambu dapat memanggil kuntilanak. Namun ternyata banyak juga yang memelihara tanaman bambu karena dianggap sebagai jimat keberuntungan. Oleh karena itu, tidak heran jika popularitas bambu sebagai tanaman hias tidak pernah surut. Ukuran batang yang ramping dan perawatan yang mudah, membuat orang memilih tanaman ini sebagai hiasan rumah.

Contoh jenis bambu hias :

  • Bambu Hias Jepang
  • Bambu Gendang
  • Bambu Kuning

Sekian pembahasan mengenai tanaman hias untuk rumah yang bisa anda tiru. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirani dirumah. Terima kasih…

📈 TRENDING PENCARIAN

30 Tanaman Pembersih Udara - Pembersih Udara Tanaman Hias Dalam Rumah - Tanaman Hias Dalam Ruangan Tanpa Sinar Matahari - Tanaman Hias Daun - Tanaman Hias Outdoor - tanaman hias philodendron plowmanii- Tanaman Rumah Penghasil Oksigen-
error: This content is protected by DMCA