29 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh dan Wajah

DEWITANI – Manfaat Bawang Merah – Bawang Merah merupakan bumbu pokok yang selalu ada di setiap masakan Indonesia. Selain memiliki rasa dan cita rasa yang kuat, namun juga baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masakan yang paling umum digunakan. Bumbu masakan ini tidak terlepas dari menu khas Indonesia. Selain sebagai bumbu masakan, juga memiliki beragam manfaat.

Bawang merah telah digunakan untuk kesehatan sejak zaman dahulu. Tanaman ini dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang dapat menguatkan tubuh dan menambah nafsu makan.

Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa tiosulfinat senyawa yang efektif membunuh banyak bakteri termasuk Salmonella typhi, Pseudomonaseriginosa, dan E coli.

Kandungan Bawang Merah

Bawang merah memiliki banyak kandungan dengan manfaat yang berbeda-beda. Beberapa kandungan nutrisi didalamnya antara lain energi, air, karbohidrat, gula, serat, protein, lemak, asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, asam lemak tak jenuh majemuk, vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, B6, dan asam folat. Selain itu, juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium/natrium, seng dan selenium.

Manfaat Bagi Kesehatan

Kandungan bawang merah yang banyak membuat masakan bumbu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya :

1. Sehat untuk jantung

Nutrisi dalam bawang merah dikenal untuk mencegah pembekuan darah dan mengurangi lemak jahat atau kolesterol. Selain itu, mengandung allicin, senyawa organosulfur yang memiliki kemampuan melebarkan pembuluh darah. Dengan cara ini, memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mencegah diabetes

Mampu menurunkan kadar gula dan meningkatkan insulin pada tubuh. Oleh karena itu bawang merah menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Mencegah efek buruk dari radikal bebas

Bawang merah mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab kanker dan berbagai penyakit serius lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, antioksidan yang ada pada bawang merah memiliki kemampuan untuk menghambat penyakit degeneratif seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Memelihara fungsi ginjal

Bawang merah diketahui memiliki kemampuan untuk menurunkan asam urat dan keratin dalam tubuh. Dengan cara ini, fungsi ginjal dapat dipertahankan. Namun penelitian dalam hal ini masih perlu dikembangkan karena selama ini baru dilakukan penelitian dalam skala laboratorium.

5. Menyembuhkan alergi

Sebagai obat alergi seperti mata berair dan gatal pada kulit dan hidung. Mengandung antioksidan berupa quercetin, yang memiliki kemampuan seperti antihistamin yang dapat mengurangi gejala alergi.

6. Memperbaiki pencernaan

Bawang merah juga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan karena mengandung serat yang baik. Kandungan serat ini membantu memperlancar buang air besar menjadi lebih teratur dan sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

7. Menjaga tulang

Satu studi menunjukkan bahwa makan bawang setiap hari memiliki kemampuan untuk meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang mengalami menopause. Dengan makan bawang secara teratur, risiko mengalami patah tulang pinggul lebih rendah daripada yang tidak pernah makan bawang.

8. Meningkatkan imun

Bawang merah mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang membuat tanaman ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Jadi dengan mengonsumsinya secara rutin, sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik.

9. Memperbaiki pola tidur dan suasana hati

Manfaat bawang merah untuk kesehatan berikut ini adalah untuk memperbaiki pola tidur dan mood. Hal ini karena mengandung asam folat yang dapat mencegah penumpukan homosistein.

Senyawa ini dapat mengganggu produksi dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Jika homocysteine ​​lebih terkontrol, pola tidur dan suasana hati akan lebih terjaga.

10. Mencegah obesitas

Ekstrak etil asetat yang ada pada bawang merah memiliki manfaat untuk mencegah penumpukan lemak penyebab obesitas. Dan mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Dengan demikian, berat badan akan turun lebih cepat dan kesehatan akan terjaga.

11. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan belerang dalam bawang merah dapat membantu meningkatkan kolagen yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Anda bisa mengoleskan jus bawang merah pada kulit kepala, lalu diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan sampo dan air bersih.

12. Menjaga kesehatan mata

Bawang merah mengandung vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A diketahui dapat mencegah beberapa masalah penglihatan, seperti rabun senja dan degenerasi makula.

Manfaat Bawang Merah Bagi Wajah

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, bawang merah juga bermanfaat untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan cantik alami. Berikut manfaatnya bagi wajah :

1. Membuat kulit lebih bercahaya

Banyak orang terutama wanita mendambakan kulit wajah yang sehat dan glowing. Penggunaan produk perawatan kimia dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Cara aman mengatasi kulit yang sudah kusam salah satunya adalah dengan menggunakan bawang merah.

Mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat membuat kulit wajah lebih cerah. Biasanya dalam bentuk ekstrak agar mudah meresap ke dalam kulit.

2. Mencegah jerawat

Masalah kulit berikutnya yang sering muncul adalah jerawat. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal mulai dari infeksi, peningkatan produksi sebum, hingga kotoran seperti debu yang menempel di kulit wajah. Meski sudah banyak obat jerawat yang tersedia saat ini, tidak ada salahnya menggunakan bahan alami seperti bawang merah untuk menghilangkan gangguan ini.

Dipercaya dapat meredakan jerawat yang meradang dengan cepat. Kandungan antiseptik mampu membunuh bakteri, jamur dan virus penyebab infeksi kulit, terutama saat terinfeksi jerawat.

3. Memusnahkan garis halus

Garis-garis halus merupakan salah satu tanda penuaan kulit wajah. Biasanya, garis-garis halus terdapat di sudut-sudut wajah. Kondisi ini bagi sebagian orang tentu akan mengganggu penampilan. Untuk menyiasatinya, anda bisa menggunakan bawang merah sebagai masker alami.

βœ…  √ Inilah Dosis Pupuk Susulan Untuk Cabai

Bawang memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong pembentukan kolagen. Karena itu, penggunaan bawang merah membuat kulit lebih kencang.

Manfaat Ketika Dikonsumsi Mentah

1. Mengobati Maag

Makan bawang merah bisa menjadi obat alami perut, dengan dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, anda bisa mencampurnya dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Menurunkan Demam

Bawang merah dapat menurunkan demam pada anak. Cukup campurkan parutan bawang merah dengan minyak kelapa lalu oleskan secara merata pada tubuh terutama punggung dan perut sehingga dapat menghangatkan tubuh.

3. Melancarkan Pernapasan

Lendir di tenggorokan yang bisa menyumbat sistem pernapasan bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang merah. Makan bawang mentah cukup membuat tubuh terasa hangat dan mudah bernafas.

4. Mengatasi Masuk Angin

Selain pernafasan, bawang merah juga dapat mengobati masuk angin. Cukup potong umbi bawang dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian gosokkan campuran tersebut pada area punggung hingga kulit menjadi merah.

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun, dengan makan bawang merah, kadar kolesterol dapat diturunkan karena memfasilitasi mobilisasi dan menghindari hambatan akumulasi.

6. Mengobati Luka

Umbi bawang merah dapat digunakan untuk mengobati luka di tubuh. Caranya cukup dengan memotong umbi bawang merah lalu campurkan dengan minyak kelapa dan garam.

Panaskan semua bahan sampai mendidih, Kemudian dinginkan campuran tersebut dan oleskan pada luka secara teratur, setidaknya tiga kali sehari. Dengan cara ini, luka di tubuh akan cepat kering, baik di luar maupun di dalam.

7. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang merah dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, mengkonsumsinya dapat meningkatkan dan menormalkan gula dalam tubuh.

8. Mata Ikan

Bawang merah mentah untuk mata ikan bisa anda manfaatkan dengan cara meletakkan potongannya di area mata ikan. Lakukan dari sore hingga pagi, setelah itu basuh kaki dengan air hangat dan sabun.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang merah mengandung asam folat yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, komponen lain yang terdapat dalamnya, seperti zat besi dan pyrithione, juga bermanfaat untuk fungsi otak dan meningkatkan aktivitas sistem saraf.

10. Mendorong Stamina Pria

Manfaat bawang merah untuk pria dapat meningkatkan stamina. Pasalnya, kandungan fitokimia dalamnya dapat mendorong vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit dalam tubuh.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Dengan mengonsumsi bawang merah, risiko ini bisa dikurangi karena adanya zat quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

12. Meningkatkan Imun

Dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah berbagai penyakit, seperti influenza, demam dan bronkitis. Caranya adalah dengan menambahkan bawang merah pada makanan yang anda makan.

13. Menumbuhkan Rambut

Dapat membuat rambut tumbuh lebih lebat. Caranya campurkan 50 gram bawang merah yang sudah dicincang halus dengan 50cc minyak jeruk, 100cc minyak candelabra dan 5cc minyak melati. Panaskan dalam 100 cc minyak kemiri sampai layu.

Saring minyaknya dan campurkan dengan minyak Uranian dan minyak Jasmine. Selanjutnya, oleskan ke kulit kepala dan rambut anda sebelum tidur.

14. Mencegah Kanker

Quercetin yang ada dalam bawang merah dapat bekerja untuk memerangi efek radikal bebas dalam tubuh, termasuk kanker.

Efek Samping Konsumsi Bawang Merah Yang Berlebih

Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan pasti akan menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan. Ini juga berlaku untuk bawang. Konsumsi bawang merah yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak begitu baik. Ini beberapa efeknya :

1. Meningkatkan risiko pendarahan

Bawang merah dikenal untuk memperlambat pembekuan darah. Dengan demikian, bawang merah berpotensi meningkatkan risiko pendarahan. Oleh karena itu, ketika seseorang menjalani operasi, jangan makan bawang merah setidaknya dua minggu setelah waktu operasi.

2. Bau mulut

Bawang merah memiliki aroma yang khas, jadi jangan heran jika anda makan bawang merah secara berlebihan akan menyebabkan bau mulut. Kondisi ini terjadi karena kandungan sulfur dalam bawang merah terlalu tinggi. Itulah mengapa dianjurkan untuk segera membersihkan gigi dan mulut setelah makan bawang merah.

3. Sakit kepala

Meski manfaat bawang merah cukup banyak, konsumsi berlebihan juga bisa menyebabkan sakit kepala. Bawang merah sangat higroskopis, dan dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Mual dan muntah

Makan banyak bawang merah juga bisa menyebabkan mual dan muntah. Hal ini karena bawang merah berisiko mengalami iritasi lambung. Jika hal ini sering terjadi, sangat disarankan agar anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa efek samping. Jadi lebih baik makan bawang merah dalam jumlah yang wajar

Demikian pembahasan tentang manfaat bawang merah. Semoga bisa bermanfaat dan sehat selalu untuk para pembaca setia kita. Terima kasih…

πŸ“ˆ TRENDING PENCARIAN

101 Manfaat Bawang Merah - Kandungan Dan Manfaat Bawang Merah - Manfaat Bawang Merah Dan Minyak Telon - Manfaat Bawang Merah Mentah- Manfaat Bawang Merah Menurut Islam - Manfaat Bawang Merah Untuk Alat Vital Pria - Manfaat Bawang Merah Untuk Pernapasan - Manfaat Bawang Putih -
error: This content is protected by DMCA