Mengenal Kucing American Shorthair dan Harganya

DEWITANI – Kucing American Shorthair – American Shorthair adalah kucing berukuran sedang dengan sifat lembut yang bisa menjadi teman yang baik untuk keluarga, anak-anak, dan hewan peliharaan lainnya. Diturunkan dari kucing yang dibawa dengan kapal kargo Eropa, American Shorthair adalah salah satu ras kucing Amerika Utara yang paling populer, berkat kepribadiannya yang menawan dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi.

Kucing yang menggemaskan ini cenderung menjadi hewan peliharaan yang suka bermain dan menyenangkan, tetapi mereka juga memiliki sifat mandiri yang berarti mereka tidak membutuhkan teman seperti beberapa ras lainnya.

Secara fisik, American Shorthairs adalah kucing yang jika sehat dapat berumur panjang (15 tahun atau lebih). Meskipun mereka tidak terkenal karena atletisnya, namun American Shorthairs berotot dan kuat.

Sifat ini terbentuk dari perburuan hewan pengerat selama bertahun-tahun di kapal pada zaman kuno. Mungkin ciri yang paling menonjol dari jenis kucing peliharaan ini adalah wajahnya yang agak bulat dan datar, yang hampir mirip seperti kucing Persia.

American Shorthair memiliki bulu yang tebal dan dapat menjadi lebih tebal di musim dingin dan dapat ditemukan di lebih dari 80 kombinasi warna dan pola yang berbeda.

Jika anda berencana untuk mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan, maka jenis ini patut mendapat perhatian. Penasaran seperti apa kepribadian dan ciri-ciri kucing American Shorthair? Temukan jawabannya di artikel berikut!

Mengenal Kucing American Shorthair

American Shorthair merupakan jenis kucing dengan kondisi fisik yang cukup sehat. Jika hewan peliharaan ini dirawat dengan baik, dan jika anda cukup beruntung, kucing anda mungkin perlu menemui dokter hewan untuk pemeriksaan rutin dan kondisi kesehatan terkait usia. Dari segi ukuran, kucing jenis ini tergolong berukuran sedang.

Namun, American Shorthair adalah hewan yang aktif dan suka bergerak atau bermain dengan pemiliknya. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kucing ini diberikan makanan yang berkualitas baik dan pola makan untuk menjaga tubuhnya. Karena masalah berat badan seringkali merupakan penyakit yang bisa menyerang kucing tua.

Kabar baiknya, kucing jenis ini konon memiliki umur panjang yang bisa mencapai hingga 20 tahun. Namun, masalah khas hewan peliharaan masih rawan menyerang jenis kucing ini, seperti kutu, infeksi saluran kemih, diare, cacing pita dan hairball. Namun, penyakit ini jarang serius dan dapat diobati dengan perawatan sederhana.

Seperti namanya, Shorthair, kucing jenis ini memiliki bulu yang cenderung pendek. Namun, bulu kucing umumnya cukup tebal dan tersedia dalam berbagai warna dan pola yang indah. Ciri-ciri wajah kucing ini berbentuk bulat dan agak pipih. Sekilas, penampilan wajah American Shorthair mirip dengan kucing Persia.

Sejarah American Shorthair

Pemukim Eropa membawa banyak barang ke Amerika Utara, termasuk nenek moyang dari apa yang sekarang kita sebut american shorthair. Kucing Eropa dari jenis ini melakukan perjalanan ke Dunia Baru berkat minat mereka untuk berburu dan menangkap hewan pengerat.

Ini adalah kualitas yang sangat berharga di kapal yang membawa tikus, seperti di rumah dan lumbung penduduk baru negara itu. Diyakini bahwa American Shorthairs awal datang ke Mayflower, dan mereka mungkin telah melakukan perjalanan jauh lebih awal.

Begitu tiba di Amerika, kucing-kucing ini mulai berkembang biak, dan seiring berjalannya waktu mereka mengembangkan ciri-ciri yang membedakan mereka sebagai kucing Amerika sejati. Karena kepribadian mereka yang berbeda, mereka dibiakkan secara selektif dalam upaya untuk mempertahankan dan menyebarkan banyak sifat favorit mereka.

Dan banyak ciri fisik mereka dapat ditelusuri kembali ke masa-masa awal mereka di negara ini, termasuk bulu tebal yang ideal untuk musim dingin saat bekerja dan berburu di luar negeri.

  Panduan Lengkap Cara membuat kandang ayam yang baik dan benar

Nama “American Shorthair” diberikan kepada jenis kucing ini pada tahun 1966 untuk membedakannya dari jenis kucing domestik, yang dibiakkan secara acak dan tidak membawa karakteristik khusus seperti itu dari generasi ke generasi. Saat ini, American Shorthairs adalah jenis kucing keenam yang paling populer, menurut Cat Fanciers Association.

Fisik

Berat badan : 5 sampai 7 kg(jantan); 3 sampai 5 kg(betina)

Panjang tubuh : 30-40 cm

Panjang bulu : pendek

Warna bulu : Berbagai kemungkinan, termasuk putih, hitam, krem, biru, coklat, dan banyak lagi

Warna mata : Hazel, emas, biru, tembaga, atau hijau

Rentang usia : dari 15 hingga 20 tahun

Perawatan American Shorthair

American Shorthairs suka bermain dan dengan senang hati akan melakukannya selama mereka berminat. Jenis ini suka bersosialisasi dengan manusia, meskipun mereka cukup bebas untuk menghibur diri mereka sendiri, yang berarti mereka biasanya tidak perlu khawatir tentang kecemasan perpisahan.

Meninggalkan mainan interaktif di sekitar rumah akan membantu memastikan mereka cukup berolahraga, serta menghabiskan waktu bersama. Karena jenis ini sangat cocok dengan kucing lain, memelihara kucing peliharaan adalah cara lain untuk membuat kucing anda tetap aktif.

Untuk perawatan, kucing ini mungkin memiliki bulu yang pendek tetapi mereka perlu disikat secara teratur karena sifat bulunya yang tebal. Menyikat gigi setiap minggu sangat ideal untuk kesehatan lapisan yang optimal

Masalah Kesehatan

Mereka adalah kucing yang relatif sehat, yang dibuktikan dengan umur panjang mereka. Namun, jenis ini rentan terhadap kardiomiopati hipertrofik (HCM), suatu bentuk penyakit jantung yang mempengaruhi banyak ras kucing yang berbeda.

Meskipun diyakini bahwa HCM sebagian dapat ditelusuri kembali ke genetika, penyakit ini dapat muncul pada kucing mana pun dan tidak sepenuhnya dapat dicegah. Jika anda membeli American Shorthair dari peternak, pastikan kedua orang tua secara khusus disaring untuk HCM.

Diet dan Nutrisi

American Shorthairs adalah kucing tangguh yang membutuhkan pengawasan nutrisi yang cermat untuk memastikan mereka tidak kelebihan berat badan. Ini adalah sifat yang rentan terhadap jenis ini.

Meskipun mereka cenderung berumur panjang, hidup sehat hingga 20 tahun, ini didasarkan pada diet berkualitas tinggi. Ini harus memberikan kalori yang cukup untuk aktivitas mereka tanpa menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan.

Jika anda khawatir tentang cara memberi makan kucing dengan benar atau jika ia kelebihan berat badan, bicarakan dengan dokter hewan tentang pedoman pemberian makan yang tepat untuk kucing anda.

Harga American Shorthair

Jenis Kucing American Shorthair Harga (Rp)
Kucing American Shorthair umur 6 bulan betina 2.500.000
Kucing American Shorthair Silver Tabby Jantan 2,5 bulan 5.000.000
Kucing American Shorthair Silver Tabby Marble betina usia 5 bulan 8.000.000

Dengan segala kelebihannya, tak heran jika American Shorthair menjadi incaran banyak pecinta hewan. Namun, untuk mendapatkan tipe ini, anda harus merogoh kocek sedikit lebih dalam. Pasalnya, American Shorthair relatif mahal.

Di Indonesia, anak kucing American Shorthair yang betina dijual pada tahun 2022 dengan harga Rp 3,9 juta per ekor. Bahkan ada yang menawarkan kucing ini dengan harga Rp 6,5 juta per ekor.

Berikut pembahasan mengenai Kucing American Shorthair dan Harganya. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA