Cara Memaksa Mangga Berbuah Saat Tidak Musim

DEWITANI – Cara Memaksa Mangga Berbuah – Mangga adalah salah satu jenis buah yang bisa berbuah musiman atau istilahnya tak bisa berbuah secara terus menerus, ada saatnya ketika mangga dapat berbuah banyak serta ada saatnya juga mangga tidak berbuah sama sekali.

Karena mangga hanya mampu berbuah pada saat-saat tertentu atau musiman. Kali ini saya akan mengulas tentang cara memaksa mangga berbuah diluar musimnya. Semoga cara ini mampu anda pahami serta dimanfaatkan.

Tahap-tahap Memaksa Mangga Berbuah

1. Pemangkasan

Tahapan pemangkasan daun (Pruning) Fungsi dari pemangkasan daun bertujuan supaya daun yang terlalu lebat bisa di kurangi karena daun serta ranting yang terlalu lebat dapat menghalangi sinar matahari yg merupakan sumber energi dari pohon dan juga bertujuan supaya telur nutrisi yang di hasilkan sang tanaman dapat terfokus di proses pembuahan. Pemangkasan di lakukan pada ranting dan daun, potong seluruh daun hingga tersisa sedikit.

2. Hindari penyiraman

Jangan melakukan penyiraman tumbuhan sampai mencapai layu secara maksimal dan lalu dengan tiba-tiba menambah air hingga akar tergenang hingga pangkal pada kurun waktu tertentu.

3. Kelupas kulit pohon

Kelupas kulit pohon di batang pohon dengan berbentuk lingkaran atau bisa disebut juga mengerat. Fungsi pengeratan ini agar supaya menghambat proses pengangkutan asal makanan sehingga nantinya akan membuahkan penumpukan makanan pada pohon mangga, proses fotosintesisi ini di harapkan akan mempercepat tumbuh bunga.

4. Lukai kulit mangga

Proses melukai kulit mangga, hal ini bisa di lakukan dengan cara masing-masing, ada yang melakukan pemakuan pada kulit pohon kira-kira 3-5cm dari permukaan tanah.

5. Ikat batang pohon

Cara ke 5 adalah dengan cara mengikat batang pohon dengan memakai kawat sampai fotosintese pembuluh floam dapat terhambat dampaknya di percabangan pohon bisa merangsang pertumbuhan bunga. Cara tersebut sebaiknya jangan di gunakan sekaligus, cukuplah pilih salah satunya saja yang paling efektif tetapi kami menganjurkan pakailah cara yang pertama karena lebih efektif.

Selain penggunaan cara tersebut ada pula penggunaan cara lain yang sistem kerjanya menggunakan bahan-bahan eksklusif yg tujuannya tidak jauh berbeda, salah satu bahan yang sering sekali digunakan dalam memaksa mangga berbuah yaitu penggunaan pupuk ZPT, pupuk ini berfungsi sebagai perangsang buah serta bunga dan dapat mencegah bunga layu.

Baca Juga : 7 Cara Menanam Mangga Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Pupuk Yang Dapat Digunakan

Terdapat beberapa pupuk yang di sarankan pada penanganan spesifik agar bunga mampu tumbuh di luar ekspresi dominan di antaranya adalah Paklobutrazol , NAA, Auxin, Potasium Klorat (KClO3), dan Gibberelin. Berikut daftar pupuknya :

  100+ Cara Budidaya Salak Agar Cepat Berbuah

A. Paklobutrazol

Paklobutrazol artinya sebuah pupuk tambahan yg berfungsi untuk memacau pertumbuhan bunga serta tumbuhnya percabangan serta daun pada pasaran bahan ini sudah bayak beredar luas galat satu merek yg acap kali mengeluarkan produk ini bermerek Patrol, Cultar serta Goldstar.

B. NAA

NAA kepanjangan asal (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat merupakan salah satu zat yg homogen menggunakan ZPT fungsinya buat menumbuhkan bunga secara serempak, proses kerjanya dengan cara menyemprotkan zat tersebut ke tanaman.

C. Auxin

Auxin adalah zat yg berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga serta buah pada tanaman mangga dan pertumbuhan akar pada proses stek batang. Namun zat ini masih tergolong langka di toko pertanian di indonesia.

D. Potasium Klorat

Potasium Klorat (KClO3), zat ini bisa di pakai buat merangsang pertumbuhan bunga namun menggunakan akaran yg sempurna.

E. Giberelin

Gibberelin artinya sebuah zat yang sangat mengagumkan sekali yang harus di pakai zat ini berfungsi sebagai zat menumbuhkan bunga dan buah di luar musim selain itu juga dapat membuat buah tumbuh lebih besar dan dapat juga mengakibatkan buah tidak tumbuh biji lagi, membuat tumbuh nya biji dan tunas lebih cepat, zat ini juga baik di aplikasikan pada tanaman seperti tomat, cabai,melon, tomat serta semangka.

Demikian Pembahasan singkat tentang cara memaksa mangga berbuah. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca DEWITANI. Terima Kasih…

📈 TRENDING PENCARIAN

Paclobutrazol Untuk Mangga-
error: This content is protected by DMCA