Macam Alat Pertanian Modern dan Keuntungannya

dewitani.com – Macam Alat Pertanian Modern – Kecanggihan teknologi membentuk segala pekerjaan kita jadi lebih simpel. Di sektor pertanian, macam-macam alat canggih dan modern diperkenalkan buat mempercepat proses cocok tanam. Ayo kenali apa saja alat pertanian modern masa kini !

Alat Pertanian Terbaru Menggantikan Alat Pertanian Tradisional

Perkembangan teknologi memang menyentuh seluruh sendi kehidupan. Makin canggihnya teknologi pertanian membikin kita mempunyai kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan usaha pertanian.

Hadirnya aneka mesin serta alat canggih dan modern akan makin mempermudah kita ketika mengelola tanah pertanian. Dari cara penanaman, perawatan, sampai pemanenan sekarang sudah mampu dibantu oleh peralatan inovasi yang inovatif pada pertanian. Yuk kita intip apa saja fungsi paralatan pertanian modern masa sekarang.

Fungsi Alat Pertanian Modern

Mempersingkat Waktu Kerja

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor Produsen bisa menaikkan kesuksesan saat bercocok tanam ialah hadirnya alat pertanian yang lebih kekinian dan lebih mudah. Di zaman yang serba instan seperti sekarang, aneka terobosan didesain perusahaan besar buat menghasilkan alat pertanian terbaru. Ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan petani supaya lebih praktis dalam mengolah lahannya.

Maka akan sangat disayangkan Jika petani belum banyak mengenal aneka teknologi dalam pertanian terkini. Karena dengan bantuan aneka alat ini maka para petani bisa bekerja menggunakan hasil yang lebih maksimal. Peralatan pertanian modern mampu membuat petani menggarap lahan luas dengan waktu yang cepat dan pekerjaan mereka jadi lebih singkat.

Memperbaik Perekonomian

Sektor pertanian menjadi salah satu komponen pembangunan nasional. Jika pertaniannya maju maka kita mampu menuju swasembada pangan untuk turut berpartisipasi dalam hal menurunkan tingkat kemiskinan. Ketika hasil dari pertanian melimpah dan kita bisa melakukan swasembada pangan tentu itu berarti perekonomian kita jadi lebih meningkat.

Salah satu caranya adalah menggunakan dan memanfaatkan mesin pertanian secara besar buat pengolahan lahan sampai dengan tahap panen dan pasca panen. Dengan menggunakan aneka macam alat modern dalam pertanian maka kegiatan usaha pertanian menjadi pertanian yang modern guna mendapatkan hasil yang lebih baik dan maksimal.

Mengurangi Beban Pekerjaan

Indonesia merupakan negara agraris yang dimana pertanian menjadi salah satu sektor yang diutamakan. Lewat pertanian, negara mampu memenuhi kebutuhan pangan, pakaian, dan papan. Dan oleh sebab itu hadirnya alat pertanian terkini akan sangat penting pada aktivitas bercocok tanam. Beban pekerjaan petani pun semakin berkurang dan ringan.

Memudahkan Pemeliharaan Lahan

Sekarang pemeliharaan lahan lebih mudah buat dilakukan dengan bantuan aneka macam alat pertanian terbaru. Baik saat penanaman, menunggu masa panen, sampai waktu panen. Lahan akan lebih gampang dirawat, tanaman lebih subur, dan hasilnya lebih melimpah.

Macam alat-alat Pertanian Modern

Traktor

macam alat pertanian modern

Dengan menggunakan alat dan mesin modern dapat mempercepat proses pengolahan produksi tani. Traktor menjadi salah satu alat yang paling menunjang aktivitas petani dalam hal pengolahan tanah.

Traktor Kubota KRT-140 ini mampu menjadi salah satu alat yang digunakan buat mengolah tanah menjadi lebih gampang. Dengan menggunakan mesin diesel Kubota menjadi penggeraknya, traktor ini mempunyai sistem Direct Injection yang membuat tenaga responsif dan hemat bahan bakar.

Rotavator

macam alat pertanian modern

Selanjutnya ada alat bernama rotavator yang mampu membantu proses bercocok tanam agar lebih praktis dilakukan. Ini ialah alat yang bisa digunakan buat menyiapkan tanah agar lebih siap ditanami. Mesin bermotor ini hadir dengan bilah berputar buat membalikkan tanah.

Howard Rotavator B16 Light Duty menjadi rekomendasi kami buat alat pertanian modern selanjutnya. Hadir pada 3 standar lebar kerja dari 125, 155 dan 180 cm, produk ini paling cocok dipergunakan untuk sawah serta ladang. Mampu digunakan pula buat traktor horsepower kecil. Anda dapat membelinya seharga harga Rp 65 juta.

  Apa perbedaan dari traktor dan kerbau

Garu Piring

macam alat pertanian modern

Sebelum proses penanaman bibit dilakukan, petani sangat perlu melakukan pengolahan tanah terlebih dahulu. Hal ini wajib dilakuan menggunakan baik serta benar supaya nantinya proses penanaman bisa lebih baik dan benih yang ditanam mampu tumbuh lebih subur lagi. Maka dari itu para petani membutuhkan garu piring.

Alat ini gunanya yaitu untuk membersihkan rumput. Selain itu mampu digunakan buat menutupi tanah yang baru saja disebar benih. menggunakan piringan-piringan kecil, alat ini akan membalikkan tanah dangkal pada huma pertanian. Dalam 1 piringan garu dapat membalikkan tanah dengan jumlah yang banyak.

Garu Sisir

macam alat pertanian modern

Dulu kita mengenal garu sisir sebagai pembajak tanah. Sapi atau kerbau membantu menggerakkan alat ini buat mempermudah petani membajak tanah. Tetapi sekarang garu digerakkan oleh mesin traktor.

Garu sisir ini mampu diterapkan pada sawah yang berair sehingga bongkahan tanah dapat menjadi gembur. Penggaruk yang menggunakan gigi paku ini umumnya digunakan disaat tanah pertanian kondisi basah sehabis menyelesaikan diolah oleh mesin bajak.

Garu sisir yang terbaru memakai mesin dan gerigi logam. Dengan demikian garu sisir menjadi lebih kuat dan tahan usang.

Bajak Singkal

macam alat pertanian modern

Para petani yang memakai alat pertanian yang baik maka juga akan mendapatkan hasil yang lebih baik pula. Lahan harus diolah secara benar dengan alat yang sempurna agar proses penanaman jadi lebih baik. Salah satu alat yang digunakan sebelum penanaman ialah bajak singkal.

Alat ini memiliki fungsi yang mirip dan hampir sama dengan rotavator. Bajak singkal hadir pada dua jenis, yakni yang mempunyai satu arah dan bajak singkal yang memiliki 2 arah. Alat ini digunakan untuk membalikkan lapisan tanah agar lebih gembur.

  Fungsi dan cara kerja water pump pada mesin diesel

Bajak Subsoil

Selanjutnya pada alat pertanian modern ada yang bernama bajak subsoil. Alat ini manfaatnya ialah buat pembentukan parit. Bajak subsoil digunakan buat memecahkan tanah sampai kedalaman 50 cm hingga 90 cm.

Parit yang diciptakan menggunakan bajak subsoil nantinya dipergunakan buat pengairan sawah. Alat ini digerakkan oleh mesin traktor.

Penanam Kentang

macam alat pertanian modern

Untuk menanam benih kentang dibutuhkan tenaga yg banyak. Pemakaian mesin penanam kentang akan bisa menekan jumlah energi kerja penanam dengan kinerja yang lebih baik dan efektif. Selain mampu digunakan menanam kentang, alat ini bisa digunakan buat menanam bawang putih.

Alat Tanam Kentang Saam TK1 ini bisa jadi pilihan sempurna bagi Anda. Mampu digunakan pada traktor roda 2 dengan kekuatan 8-12hp, alat ini mampu menghasilkan guludan, memupuk, serta pula bisa membantu proses penanaman secara bersamaan. Alat berdimensi 620 x 500 x 700mm ini memiliki berat 30kg.

Penanam Padi

Penanam Padi Otomatis juga tergolong menjadi alat pertanian yang modern. Mesin yang satu ini mempermudah proses menanam bibit padi menggunakan sistem penanaman yang serentak. Mudah digunakan, alat ini akan menjadi solusi sempurna disaat berkurangnya tenaga kerja pada sektor pertanian.

Penanam Padi tipe TPDI-22 ini bisa jadi pilihan untuk para petani. Produk ini bisa menanam dua baris ketika dioperasikan. Cukup dioperasikan dengan cara ditarik menggunakan ke 2 tangan, Anda mampu menanam dengan jarak tanam sekitar 210-250 mm dan bisa diatur. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 6.375.000.

  Pengendali Kontrol Pada Traktor Roda Empat

Penanam Jagung

Alat yang bisa untuk menanam jagung dengan cepat adalah salah satu inovasi didalam bidang pertanian. Alat ini akan menempatkan benih tumbuhan di atas atau di bawah permukaan tanah. Dengan demikian proses penanaman pada lahan jagung mampu dilakukan dengan lebih cepat dan efektif.

Alat Tanam Jagung serta Biji-Bijian ini bisa jadi alat pertanian yang sangat membantu. Alat tipe AGR-PN22 ini bisa digunakan di lahan dengan jarak tanam 22 cm.

Anda bisa pakai alat ini buat menanam jagung, kacang, hingga kedelai. Dan sudah dilengkapi part menggunakan lubang yang sesuai, alat ini tidak bikin capek.

Pemanen Tebu

macam alat pertanian modern

Saat memanen tebu akan lebih cepat dan simpel Bila Anda memakai alat pemanen tebu. Mesin pemanen tebu telah dikembangkan Dari tahun 1920-an.

Mesin ini bisa memotong dedaunan tebu serta memotong tebu menjadi batangan yang lebih kecil. Setelahnya tebu dimasukan ke penampung atau ditumpahkan ke kotak pengejar yang ditarik oleh traktor dan bergerak beriringan menggunakan mesin.

Mesin Panen Tebu kecil ini mampu dipergunakan buat membantu melakukan pemanenan batang tebu. Hasil lebih banyak pada waktu yang singkat, Pekerjaan pemanenan jadi lebih cepat dilakukan. Alat ini memerlukan bahan bakar sebanyak 20 liter per hektar dengan kapasitas kerja kurang dari 0,13 hektar/jam.

Sekian pembahasan mengenai beberapa macam alat pertanian modern yang bisa dipergunakan untuk mempermudah dan memperingan pekerjaan pertanian. Semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.