Apa Itu Tekanan Absolut Dan Tekanan Gauge

By | Desember 29, 2020

Dalam lakukan pengukur tekanan ada dua jenis pembacaan, yakni:

Tekanan gauge : Tekanan yang besarnya tidak dikuasai oleh tekanan udara luar (tekanan atmosfir). Atau nilai yang diperlihatkan oleh jarum petunjuk pada alat pengukuran tekanan.

Tekanan absolut: Tekanan yang dikuasai oleh besarnya tekanan udara luar.

Tekanan absolut= Tekanan gauge + Tekanan atmosfer.

Rumus fisikanya ialah: P = Pgauge + Patm, di mana P ialah pressure (tekanan).

Contoh:

Satu pressure gauge memperlihatkan tekanan mekanisme sejumlah 10 kg/cm², di saat tekanan atmosfer 1,03 kg/cm², karena itu tekanan mekanisme yang sesungguhnya ialah 11,03 kg/cm². Jadi tekanan absolut mekanisme ialah 11,03 kg/cm².

Contoh lain berkenaan tekanan absolut dan gauge ialah: Tekanan udara yang ada di ban mobil adalah tekanan gauge. Sedang, jika ban mobil itu kempis keseluruhan, karena itu tekanan gaugenya ialah 0, dan nilai tekanan absolut (tekanan mutlak) dalam ban itu sama dengan tekanan atmosfer (tekanan udara).

Hal yang lain harus dipahami ialah: Makin tinggi status satu tempat, karena itu makin rendah kerapatan udaranya. Hingga, tekanan udaranya makin rendah. Alat untuk mengukut tekanan udara itu namanya acuan. Pada keadaan normal, nilai tekanan udara di atas bumi ialah satu atmosfer. Dan satu atmosfer sebesar dengan 76 cm Hg (cm. kolom air raksa).

BACA JUGA :  Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Stroberi Agar Berbuah Lebat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.