Arit Rumput Yang Bagus Saat Ini

By | April 11, 2020

Arit atau sabit merupakan alat bantu pertanian yang berbentuk melengkung yang di pergunakan untuk memotong berbagai jenis tanaman, seperti rumput-rumputan, jagung, padi, bahkan alat ini bisa digunakan untuk memotong kayu yang bertekstur keras. Arit di desain dengan bentuk melengkung menyerupai bulan sabit.

Bentuk seperti ini akan mempermudah Kita untuk memotong dengan cara mengiris bagian bawah tanaman yang dipotong dengan cara mengayunkan seperti gerakan memarang dengan satu tangan, atau ketika untuk mengumpulkan rumput atau memanen tanaman padi tangan yang lain biasanya memegang pokok tanaman yang akan di tebas.

Arit, Sabit atau celurit, biasanya terbuat dari besi baja, sehingga tidak akan mudah peyot ketika digunakan. Pada bagian pegangannya biasanya terbuat dari kayu yang disebut garan. Dengan adanya garan ini akan mempermudah dalam penggunaannya sekaligus lebih enak untuk dibawa.

Macam-macam Sabit Atau Arit dan Harganya

Arit memiliki banyak macam menurut fungsi kegunaannya, Seperti arit babat, yang digunakan untuk memotong tanaman yang tidak keras, Arit Bendo biasanya digunakan untuk memotong tanaman yang lebih besar seperti batang pisang dan kayu. Untuk Lebih Jelasnya berikut ini penjelasannya :

Arit Babat

Dibandingkan jenis lainnya, arit babat memiliki bentuk lebih kecil dan ramping. Bentuk kelengkunganya sama seperti arti lainnya. Namun, pada ujungnya lebih runcing dan lebih tajam. Arit babat biasanya terbuat dari besi baja yang kuat sehingga dapat dipergunakan dalam waktu yang lama dan juga memiliki kualitas yang terjamin mutunya. Arit jenis ini biasanya digunakan untuk memotong rerumputan, padi dan tanaman yang bertekstur lunak. Arit Babat Kualitas Bagus Memiliki harga jual sekitar Rp. 85.000-.

arit babat

Gambar Arit Babat

Arit Jompong

arit jempong

gambar arit jempong

Arit jempung berbentuk seperti huruf L. Dengan kelengkungan lebih dari 90 derajat. Sehingga seperti sudut tumpul. Dari segi ukuranya arit jempong lebih besar dibandingkan arit babat. Arit jenis ini sering digunakan petani untuk memotong rumput, jagung, padi, dan ranting-ranting kayu yang bertekstur tidak terlalu keras. Harga arit Jempong Berkualitas Bagus Berkisar Rp. 80.000-.

Arit Bendo

gambar arit bendo

gambar arit bendo

Dari segi bentuk arit bendo memilik ukuran lebih besar dibandingkan arit babat dan arit jempong. Untuk sisi yang dekat gagan berbentuk besar dan tebal serta melengkung ke bagian depan. Sedangkan pada bagian ujungnya berukuran kecil, pendek, runcing, dan tajam. Arit jenis ini biasanya digunakan petani untuk memotong kayu yang berukuran besar, seperti pohon pisang, dan tanaman yang berteksur lembut hingga keras. Harga arit Bendo Berkualitas Bagus Berkisar Rp. 100.000-.

Arit Doro

gambar arit doro

gambar arit doro

Dari segi bentuk arit doro merupakan perpaduan antara arit bendo dan arit jompong. Bagian dekat dengan gagang besar dan tebal seperti arti bendok, Akan tetapi, lebih kecil dibandingkan arit bendo. Sedangkan ujungnya lebar dan agak lurus dengan sudut lebih 90 derajat mirip seperti arit jompong. Arit ini biasanya digunakan untuk memotong, rumput, padi, jagung, ataupun ranting kayu. Harga arit doro Berkualitas Bagus Berkisar Rp. 750.000-.

Arit Golok

gambar arit golok

gambar arit golok

Dibandingkan jenis-jenis arit lainnya. arti golok berukuran lebih berat, dan lebih tajam. Arit golok berbentuk lurus panjang  dari pangkal gagang hingga ujung. Pada umumnya arit golok digunakan untuk memotong benda-benda yang lebih besar dan keras, seperti kayu, bambu dan benda-benda keras lainnya. Harga arit golok Berkualitas Bagus Berkisar Rp. 150.000-.

Sumber Gambar

htn-alatpertanian.blogspot.com/

Bukalapak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.