Bagaimana Struktur Pembuluh Malpighi Pada Belalang

By | Desember 23, 2019

Semua hewan yang ada didunia ini memiliki sistem eksresi yang berbeda-beda sesuai jenisnya. Pada hewan serangga, secara umum memiliki Alat eksresi yang disebut dengan tubula atau pembuluh Malpighi. Pembuluh Malpighi merupakan tabung kecil yang panjang. Pembuluh Malpighi terletak dalam homosol dan tergenang dalam darah.

Bagian pangkal pembuluh Malpighi melekat pada ujung anterior dinding usus dan bagian ujungnya menuju ke homosol yang mengandung hemolimfa. Hemolimfa adalah darah pada inverterata dengan sistem peredara darah terbuka.

Bagaimana Struktur Pembuluh Malpighi Pada Belalang ?

Sistem ekresi pada belalang tidak jauh beda dengan sistem eksresi pada hewan lainnya. khususnya sistem eksresi pada hewa vertebrata. Yang menjadi pembeda hanyalah pada alat atau nama organ tubuhnya saja. Sedangkan Pada sistemnya dan pengerjaannya akan sama dengan yang lainnya.
Untuk struktur pembuluh darah malpighi belalang terletak di antara usus tengah dan usus belakang belalang.

Aliran darah pada belalang akan melewati pembuluh malpighi ini. Dan di saat cairan lewat bagian proksimal dari pembuluh malpighi ini. Maka, bahan yang mengandung nitrogen akan diendapkan sebagai asam urat. Sedangkan untuk air dan berbagai macam garam, akan diserap kembali oleh pembuluh tadi secara osmosis dan transpor aktif.

Asam urat dan sisa air akan masuk ke bagian bagian usus halus dan sisa air akan diserap kembali. Kristal yang terbentuk dari asam urat tadi bisa diekresikan lewat anus bersamaan dengan keluarnya fases. Untuk sebagian zat sisa yang mengandung nitrogen akan digunakan untuk membentuk kitin yang teletak pada eksoskeleton. Dan ini berguna untuk diekresikan pada saat pengelupasan kulit atau disebut molting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.