Belut Berkembang Biak Dengan Cara

By | Oktober 31, 2019

Belut Berkembang Biak Dengan Cara – Belut merupakan hewan Hermaprodit Protandri yang mempunyai kelamin ganda yakni berkelamin jantan dan betina. Belut berkembang biak dengan cara Ovipar atau bertelur. Dialam liar belum berkembang biak hanya satu kali dalam setahun yakni pada musim penghujan hingga awal musim kemarau. Yang berlangsung selama kurang lebih 5 bulan.

Proses Perkembang biakan belut

Pada saat ini perkembang biakan belut masih dilakukan dengan cara alami, yakni mengawinkan indukan belut jantan dan betina. Adapun alur proses perkembang biakan belut adalah sebagai berikut :

  1. Pada masa kawin belut jantan akan membuat lubang di dalam lumpur kolam, pada umumnya lubang berbentuk cekungan yang saling berhubungan antara pintu masuk dan pintu keluar.
  2. Sebagai tanda belut jantan akan melakukan pemijahan adalah disalah satu lubang pintu ada gelembung-gelembung kecil seperti busa, gelembung ini digunakan untuk menaruh telur. Biasanya indukan jantan akan memindahkan telur di dasar lubang agar lebih aman dari serangan belut lainnya.
  3. Setelah proses pemijahan telur akan menetas pada kurun waktu 10 hari dan selama inipula indukan jantan akan terus mejaga telur tersebut.
  4. Setelah 15 hari dari masa pemijahan bayi-bayi belut akan keluar dari lubang dan akan mencari makan sendiri.

Untuk membedakan antara belut jantan dan belut betina, kiata dapat melihat dari ukuran tersebut. Belut jantan ukuranya lebih besar dan dapat mencapai panjang lebih dari 40 cm sedangkan belut betina ukurannya lebih kecil dan dapat mencapai ukuran 10-30 cm.

Untuk Tutorial Cara Budidaya Belut Di Pekarangan Rumah. Silakan Klik Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.