Cara Menaikan dan Menurunkan Dump Truk

By | September 18, 2020

Dump truk- Truk dengan tipe bak semacam ini ditujukan untuk mengusung muatan material, seperti keperluan project atau pengurukan, truk ini diambil sebab proses kerja cepat sangat cocok untuk pekerjaan project yang dituntut cepat juga, tetapi tidak sembarangan sopir dapat menjalankannya.

Langkah meningkatkan serta turunkan bak dump truk Menjalankan dump truk bukan kasus gampang, banyak truk roboh dikarenakan sopir kurang pengalaman dalam meningkatkan serta turunkan bak, poin penting dari dump truk ialah bagaimana dapat aman dalam meningkatkan serta turunkan bak saja, selebihnya langkah menjalankan truk ini sama juga dengan truk-truk biasanya.

Langkah meningkatkan bak dump truk Safety benar-benar pentig pada beberapa detik ini, taruhannya ialah sopir ,armada serta wilayah seputar, salah sedikit fatal mengakibatkan, oleh karena itu perlu kehati-hatian extra waktu mengusung bak dump ini. beberapa poin keselamatan sudah saya catat pada artikel lainnya.

Sebelum menyetir dump truk ditambah lagi meningkatkan bak dalam proses dumping truck , anda perlu kenal serta pelajari lebih dulu tuas-tuas yang berada di kabin, pada truk tipe colt diesel ada minimum 3 tuas yang berada di kabin, apa itu;

  1. Tuas persnelling semua sudah pasti kenal tuas ini dan manfaatnya untuk apa jadi tak perlu untuk diuraikan lagi
  2. Tuas PTO (Power Take Off) tuas berikut yang memperbedakan truk dump dengan truk yang lain, tuas berikut yang nanti akan mengusung bak dump, lewat tuas ini gigi pto dapat tersambung dengan transmisi. hingga oli bisa dipompa ke hidrolik hingga memungkingkan mengusung bak dump truck.
  3. Tuas hidrolik Tuas ini berperan untuk buka serta tutup angin hidrolik pada proses meningkatkan serta turunkan bak dump,

Tempat tuas hidrolik serta PTO akan tidak sama di antara tipe truk dump berdasar karoseri pembikinnya, tetapi keseluruhannya proses kerjanya sama, anda perlu menyimak mana yang tuas PTO mana yang tuas hidrolik, dan bagaimana menjalankannya, kedepan atau ditarik kebelakang masing masing truk mempunyai cara yang lain juga.

Saya coba untuk ambil satu contoh yakni truk colt diesel saja, kalau fuso dump saya tidak pernah sekalinya menjalankannya, so anda dapat memberikan tambahan di koment untuk dump fuso.

berikut langkah mengusung serta turunkan bak dump truk pengalaman dari saya;

  1. Posisikan gigi transmisi ke tempat netral
  2. Hidupkan lampu bahaya (hazard)
  3. Tarik hand rem
  4. Operasikan Tuas angin Hidrolik ( kebelakang/tempat aktif)

Tuas angin hidrolik akan tutup katup angin, langkah kerjanya seperti anda kan mengangkat, dongkel tidak ingin naik walaupun anda semaksimal mungkin meningkatkan tuas dongkel, itu sebab angin pada dongkel tidak ditutup, hingga ada kebocoran, begitupun dengan hidrolik dum truk.

  1. Injak Kopling sekalian anda masukkan tuas PTO, bila kopling tidak diinjak karena itu gigi PTO tidak bisa masuk, sebab gigi ini tersambung ke gigi transmisi
  2. Bebaskan kopling dengan cara perlahan-lahan serta imbuhkan gas accelerasi,

Bila kopling anda terlepas dengan cara serempak karena itu bak dump akan naik dengan hentakan juga, ini benar-benar beresiko.

  1. Bila bak telah seutuhnya naik, netralkan kembali lagi tuas PTO, tuas hidrolik agar masih aktif
  2. Bila muatan telah di rasa turun semua, masukan gigi transmisi serta majukkan kendaraan sekalian anda turunkan tuas hidrolik, karena itu bak akan turun dengan perlahan-lahan.

beberapa hal di atas ialah beberapa poin penting waktu meningkatkan bak dump truk, jika ada kekurangan atau kekeliruan tempat atau jalur proses, minta dibetulkan.

Simak juga : Peranan filter solar pada truk dan merawatnya

Langkah turunkan bak dump truk Jika anda bisa meningkatkan bak karena itu waktunya unutk menurunkanya, bagaimana prosedurnya

  1. Tempat tuas PTO harus netral

bila tuas PTO tidak dinetralkan karena itu bak tidak ingin turun atau tidak pernah turun, sebab gigi pto masih tersangkut di transmisi, saat anda masukkan gigi transmsi dlam tempat PTO masih nyangkut, karena itu kutub propeler PTO akan turut berputar-putar untuk memompa oli ke tuas hidrolik, sebab oli masih memompa karena itu walaupun tuas angin hidrolik dinetralkan masih bak tidak akn ingin turun

  1. Netralkan tuas angin hidrolik

tuas ini lah yang berperanan untuk turunkan bak, cukup anda netralkan saja karena itu bak akan turun sendirinya, tak perlu ditambah gas accel.

angin hidrolik kerja seperti dongkel, saat anda ingin turunkan dongkar tanpa ada buka angin hidrolik sampai lebaran kuda dongkel tidak turun.

Demikian sangkanya kawan-kawan apakah yang dapat saya buat kesempatan ini mengenai langkah menaikan serta turunkan bak dump truk, saya sadar kemungkinan beberapa kesalahan, saya minta dibetulkan serta ditambah lagi. mudah-mudahan berguna serta terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.