Cara Mengatasi Kerusakan Sistem Hidrolik Dump

By | September 18, 2020

Truk jungkit atau dalam bahasa inggris disebut dengan dump truck merupakan truk yang isinya dapat dikosongkan tanpa penanganan. Truk jenis ini biasanya digunakan untuk mengangkut material bertonase besar, seperti, batu bara, sawit, pasir, kerikil atau tanah untuk keperluan konstruksi.

Tidak jauh berbeda dengan kendaraan bermesin lainnya. dump truck terkadang mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada dump truck ialah pada sistem hidroliknya.

Untuk mengatasinya setidaknya ada empat cara untuk mengatasi kerusakan pada sistem hidrolik pada dump truk. Berikut ini penjelasnya :

  1. Hidrolik tidak kuat naik.

Untuk mengatasinya, pertama-tama yang harus Anda periksa ialah pipa saluran oli dari tangki utama ke pompa hidrolik, apabila tidak ada kebocoran, maka pasokan oli ke pompa tidak mengalami masalah, kemudian cek kembali saluran pipa dari pompa ke tabung hidrolik, apabila masih dalam kondisi baik, Anda cek seal hidrolik bagian atas tabung hidrolik, apabila ada kebocoran Anda cukup ganti dengan seal yang baru.

Apabila dilakukan dengan benar dan teliti sistem hidrolik akan kembali berfungsi normal.

2. Kerusakan pada pompa hidrolik

Berbeda dengan point nomor satu, untuk komponen yang satu ini sangat sensitif dan jika mengalami kerusakan alangkah baiknya mengganti dengan yang baru. Kami menyarankan mengganti karena meskipun dapat di perbaiki hanya bertahan sementara saja dan biaya perbaikanya tidak lah murah.

3. PTO Rusak

PTO berfungsi untuk menggerakan pompa hidrolik untuk dapat menghasilkan tenaga dorong pada hidrolik.

4. Kabel PTO

Yang terakhir coba tek kabel PTO dan kabel pompa hidrolik jika sudah aus atau putus dapat di ganti dengan yang baru.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengatasi Kerusakan Sistem Hidrolik Dump. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca semua..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.