Inilah Cara Memegang Dan Mengangkat Kelinci Yang Di Anjurkan

By | Januari 22, 2020

Kelinci merupakan hewan peliharaan yang disukai banyak orang karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Sangking menggemaskannya terkadang pemelihara kelinci sebarangan dalam mengangkat kelinci tersebut.

Sebenarnya dalam hal mengangakat dan memegang kelinci tidak boleh sebarangan, Apalagi untuk kelinci yang sedang mengandung. Apabila terjadi kesalahan dalam mengangkat akan berakibat fatal pada bayi yang dikandung si kelinci.

Berikut ini beberapa perilaku yang sudah menjadi kebiasaan yang salah dalam mengangkat kelinci :

1.Mengangkat kelinci dengan cara memegang ke dua telinganya. Kebiasaan ini sering dilakukan oleh para pemelihara atau pedangang kelinci, Secara harfiah telinga kelinci yang panjang berguna dalam mendengarkan suara pemangsa yang mendekat ataupun suara lainnya. Dibandingkan dengan pendengaran manusia pendengaran kelinci lebih tajam.

Pengangkatan seperti ini akan menyebabkan saraf telinga kelinci menjadi rusak, karena telinga kelinci sangat sensitif dan tidak dapat menahan berat tubuhnya. Apalagi kelinci meronta-ronta ketika diangkat telinganya, ini dapat menyebabkan tulang leher kelinci menggeser alhasil kelinci akan cacat seumur hidup. Tentunya hal ini tidak Ingin terjadi pada kelinci kesayangan anda bukan…

2. Mengangkat kelinci dengan cara memegang kedua kaki belakangnya. Pengangkatan seperti ini dapat mengganggu sistem kerja predaran darah pada kelinci, hal ini akan menyebabkan darah menjadi menumpuk di kepala dan parahnya akan dapat menyebabkan putusnya jaringan pembuluh dara pada kelinci.

Lantas bagaimana mengangkat kelinci yang baik dan benar ??

Perlu Anda ketahui terdapat perbedaan dalam mengangkat kelinci besar dan kelinci yang kecil. Untuk kelinci yang besar caranya cukup mudah yakni dengan memegang tengkuk atau punggung dengan salah satu tangan terkuat yang Anda miliki. Setelah terangkat tangan yang satunya lagi digunakan untuk mendukung pada bagian bokongnya. Lakukan pengangkatan dengan penuh kasih sayang agar kelinci merasa nyaman. Alangkah baiknya sebelum diangkat terlebih dahulu kelinci dielus-elus agar kelinci lebih tenang.

cara mengangkat kelinci

cara mengangkat kelinci yang benar

Sedangkan untuk kelinci yang berukuran lebih kecil, Anda dapat mengangkat dengan cara memegang bagian sebelah depan kaki belakang melalui punggung.

Supaya kelinci ketika di pegang atau gendong tidak lasak atau meronta-ronta, perlakukan kelinci layaknya keluarga Anda sendiri, seperti di elus-elus dengan penuh kasih sayang. Secara alamiah kelinci juga memiliki insing, jika diperlakukan secara kasar tentu mereka juga akan kasar dan lari dari anda.

Itulah ulasan singkat mengenai cara memegang kelinci yang baik dan benar, kelinci juga makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sudah selayaknya kita memperlakukannya dengan baik. Semoga tips ini dapat berguna untuk para pencinta kelinci yang masih pemula seperti saya ini…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.