Jenis-Jenis Burung Betet

By | Desember 11, 2020

Burung betet membuat barisan untuk tetap bertahan hidup di habitat aslinya. Ini dikerjakan untuk menghindar predator. Style hidupnya condong duduk dari cabang ke cabang.

burung betet

Pertama, burung betet diketemukan di semua China, lebih persisnya di Himalaya. Disana, komunitasnya menebar ke bermacam penjuru dunia. Jumlah spesies burung beo sendiri banyak. Sekarang ini ada seputar 300 spesies di penjuru dunia, 78 salah satunya hidup di Indonesia.

Burung betet jawa

Seperti namanya, burung betet bernama latin Psittacula Alexandri ini mempunyai habitat asli di pulau Jawa. Tipe ini adalah salah satunya subspesies yang sering dipakai di Jawa.

Reputasi burung betet jawa dapat disebut tinggi sekali. Banyak yang berlomba menyunting tangan. Sebab terhitung salah satunya spesies yang paling disukai, karena itu harga burung betet jawa relatif tinggi yakni sejumlah Rp. 700.000. Sesaat harga burung betet liar sedikit tambah murah yakni sejumlah Rp. 550.000.

Burung betet Sumatera

Lalu ada spesies burung betet Sumatera. Ya, burung betet ini adalah subspesies yang biasa di Sumatera. Oleh karenanya burung ini umum diketahui bernama burung betet Sumatera. Nama latinnya ialah Psittacula Alexandri Cala.

Karakter fisiknya nyaris tidak berlainan dari tipe burung betet yang lain. Namun wujud kepalanya lebih seperti persegi. Harga burung betet jantan sumatera pun tidak berbeda jauh pada harga burung betet jantan yang lain yang ada di pasar.

Burung betet kalimantan

Habitat aslinya berada di pulau Kalimantan. Sama dengan dua tipe yang lain yang tertera di atas, tipe ini adalah subspesies. Nama ilmiah burung betet Kalimantan ialah Psittacula Alexandri Kangeanensis.

BACA JUGA :  Inilah 7 Ciri-Ciri Lovebird Josan Berkualitas Juara

Anda dapat dengan gampang mendapati kehadirannya di Pulau Kangean. Beberapa ciri yang membandingkannya dari spesies lain nampak pada gabungan warna bulunya. Berwarna lebih dikuasai warna hijau dan kuning.

Burung betet enggano

Spesies burung betet ini dinamakan sama tempat asal yakni Pulau Enggano di Propinsi Bengkulu. Secara administratif, Enggano sesungguhnya ialah satu nama kecamatan yang berada di Kabupaten Bengkulu Utara.

Selaku tambahan info, Pulau Enggano adalah pulau paling luar Indonesia. Jarak dari ibukota Bengkulu kurang lebih. 156 km. Di habitat aslinya, beberapa petani padi memandang burung betet yang malas jadi hama padi. Sebab mereka senang makan benih padi yang siap dipanen. Tetapi, ini tidak menyangkal jika burung betet yang malas-malasan mempunyai bulu dan suara cantik sebagai dambaan beberapa pencinta burung kicau.

Burung betet berbuntut panjang

Nama burung betet tipe ini merujuk pada ciri-ciri uniknya yakni wujud ekornya yang panjang bukan burung betet.

Beberapa ciri burung betet berbuntut panjang diantaranya timbulnya bulu warna biru muda dibagian punggung yang sepintas seperti selimut mantel. Badan sisi bawah warna hijau. Kakinya diwarnai abu-abu. Warna cukup kemerahan nampak di ujung paruhnya, warna irislah matanya hijau. Karakter kicauannya melengking dan keras.

Walau demikian, ada banyak ketidaksamaan yang menonjol di antara burung betet ekor panjang jantan dan betina, terhitung diantaranya.

Karakter Burung Betet Ekor Panjang Jantan

  • Mahkota hijau di kepalanya.
  • Bulu merah di kiri dan kanan kepalanya.
  • Ada pula guratan hitam pekat pas di atas paruh dan kepala, seperti terlihat kumis manusia.
  • Ada warna kuning di ujung ekornya.
  • Sayapnya warna kebiruan.

Karakter Burung Betet Ekor Panjang Betina

  • Kumis di atas paruhnya warna kehijauan.
  • Warna mantelnya nampak lebih kabur daripada pria itu.
  • Dia tidak mempunyai bulu biru di punggungnya seperti burung betet ekor panjang jantan.
  • Waktu sayap mengemas, sayap terlihat kekuningan.
  1. Burung betet paruh meliuk
    Dan tipe burung beo paling akhir ialah burung betet. Saat ini orang ini cukup susah diketemukan di pasar. Ini karena spesies yang ini ada pada hewan yang dilindungi.
BACA JUGA :  Cara Menyilang Love Bird Agar Beranak Lutino atau Albino

popolainya juga makin sangat jarang, bahkan juga sekarang ada pembatasan memperdagangkan burung betet ini. Keunikannya berada pada wujud paruhnya yang meliuk ke dalam. Sedang wujud fisik yang lain condong seperti terlihat burung betet berbuntut panjang.

Walau sebenarnya, ada beberapa macam burung betet yang lain, seperti burung betet berparuh hitam. Itu tidak begitu terkenal. Disamping itu, harga burung betet paruh hitam lumayan tinggi sebab komunitasnya yang makin sangat jarang.

Panduan Merawat Burung Betet

Berikut ini ialah beberapa panduan simpel mengenai langkah menjaga burung betet supaya kedengar cepat dan bagus.

  • Saat sebelum matahari keluar pada pagi hari, cairkan dahulu burung.
  • Mandi sama rutinitas atau seharusnya dengan menyemprotkan air.
  • Diamkan sepanjang 10 sampai 15 menit sampai bulu betul-betul kering.
  • Berikan pakan kroto.
  • Habis mandi, berikan pakan berbentuk jangkrik seperlunya. Bila perlu, tambah kembali makanan berbentuk ulat hongkong.
  • Selanjutnya keringkan burung beo itu sepanjang 20 sampai 30 menit.
  • Diamkan udara keluar kembali dalam tempat teduh.
  • Latihan dengan suara burung master.
  • Di sore hari mandikan dan berikan sirkulasi pada burung beo kembali.
  • Saat ini simpan burung di kandang dan berikan 1 sdm kroto supaya bisa stok saat pagi hari.
  • Pada malam hari Anda dapat memberikannya MP3-Masteran sampai pagi untuk latihnya menyanyi dengan keras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.