3 Makanan Wajib Ketika Lovebird Mengerami Telurnya

By | Desember 22, 2019

Assalamu mualaikum, Salam Sejahterah buat kita semua.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membahas tentang makanan apa saja yang wajib diberikan ketika lovebird sedang mengerami telurnya.

Selama proses mengerami telurnya, lovebird betina akan sangat jarang keluar dari glodok (sarang bertelur lovebird) , jika keluar itu pun hanya untuk mencari makan saja.

Oleh sebab itu kita sebagai peternak harus menyiapkan makanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan lovebird tersebut.

Jangan sampai Anda SALAH memberikan pakan yang malah membuat burung menjadi birahi. Khususnya lovebird jantan, ia tidak segan-segan untuk memecahkan telur yang sedang dierami agar dapat kawin lagi dengan si betina.

Berikut ini makanan yang sesuai selama fase mengerami  :

  1. Memberikan Makanan yang dapat menurunkan birahi lovebird

Selama fase mengerami lovebird memperlukan perhatian khusus, terutama dalam pemberian pakan, berikan pakan yang dapat menurunkan birahi lovebird seperti biji-bijian, Adapun Biji-bijian yang disukai lovebird ialah milet putih.

2. Berikan Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran Juga dianjurkan sebagai selingan pakan utama ketika mengerami. Adapun sayuran yang dianjurkan banyak peternak lovebird ialah mentimun, Timun dapat membuat lovebird lebih tenang dan dapat menurunkan birahi lovebird. Selain timun Anda juga dapat memberikan jagung, pemberian jagung sebaiknya diberikan seminggu sekali saja, jangan terlalu sering memberikan jagung karena dapat menaikan birahi lovebird.

3. Berikan suplemen penambah stamina

Selama mengerami, lovebird memperlukan stamina lebih. Oleh sebab itu, untuk memulihkan stamina burung Lb yang sedang mengerami berikan Ebod Vit atau super vit. Vitamin tambahan ini dapat mengembalikan stamina burung lb dengan cepat. Adapun cara penggunaannya cukup mudah yakni hanya cukup mencampurkan pada air minumnya sebanyak 5 hingga 10 tetes saja.

Ciri-ciri lovebird yang siap mengerami

Bagi yang masih pemula, sebagian mungkin masih bingung apasih tanda-tanda lovebird sudah siap untuk mengerami. Anda tidak perlu membuka pintu gelodok untuk mengetahui apakah sudah mengerami atau belum. Karena jika Anda terlalu sering membuka pintu glodok dikuwatirkan akan membuat lovebird yang mengerami merasa terganggu dan membuat burung menjadi stress.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ciri-cirinya :

  1. Indukan betina tidak keluar dari gelodok dalam waktu yang lama tidak seperti biasanya.
  2. Indukan yang sudah mengerami akan lebih agresif terhadap ancaman dari luar gelodok, biasanya untuk melindungi telurnya ia akan menggigit atau mendirikan bulunya ketika ada ancaman yang mendekat.
  3. Indukan betina hanya akan keluar gelodok ketika ia merasa lapar dan akan kembali ke glodok ketika sudah kenyang.
  4. Lovebird jantan biasanya akan bertengger diatas gelodok untuk melindungi pasangannya.

Demikian ulasan singkat mengenai makanan lovebird ketika mengerami telurnya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua jika ada pertanyaan silakan komentar dibawah…

Baca Juga :

Panduan Praktis Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Bertelur

8 Cara Mengatasi Lovebird Gasteng Agar Mau Kawin

Cara Membuat Jamu Agar Lovebird Ngekek Panjang 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.