6 Cara Membedakan Burung Walet Dan Sriti

By | November 2, 2019

Bagi peternak walet yang sudah berpengalaman, tentu mudah membedakan mana antara burung walet dengan burung sriti. Akan tetapi untuk peternak pemula kemungkinan besar tidak akan mengetahui perbedaanya. Karena kedua burung ini memiliki banyak kesamaan.

perbedaan burung walet dengan sriti

Perlu Kita Kita semua ketahui, jika perbandingan harga jual sarang burung walet dengan sarang burung siriti itu berbeda jauh. Untuk sarang burung seriti perkilonya biasa dihargai ratusan ribu sedangkan sarang burung walet perkilonya dapat mencapai harga belasan juta rupiah.

Lantas apakah tidak ada perbedaan antara keduanya ?

Tentu ada perbedaanya…

Berikut ini cara membedakan burung walet dengan sriti :

  1. Waktu Terbang

Burung walet dapat terbang sepanjang hari dari, pagi, siang, hingga malam pun walet dapat terbang. Selain menggunakan pengelihatannya walet juga dapat menggunakan Suara Ultarasoni yang memantul seperti pengelihatan pada kalilawar. Hal inilah yang membuat walet dapat terbang pada malam hari.

Akan tetapi walet bukanlah hewan nokturnal yang mencari makan pada malam hari, walet akan pulang kerumahnya sebelum pukul 19.00.

Sedangkan Burung seriti hanya dapat terbang pada waktu ketika matahari masih muncul. Hal ini karena waktu terbang hanya mengandalkan penglihatan saja, sehingga waktu pulang ke rumah biasanya lebih dahulu dibandingkan dengan burung walet.

  1. Cara Terbang

Ketika terbang burung walet selalu membentuk lingkaran, tapi sifat arus terbang adalah satu arah saja, yakni apabila berputar ke kanan maka akan selalu berputar ke kanan terus. Dan jika terpaksa mengubah arah ke kiri maka membutuhkan waktu yang lama untuk mengubah arus terbang ini.

Sedangkan untuk burung seriti juga selalu membuat arus melingkar, arus terbangnya bersifat 2 arah, yakni dapat berputar ke arah kiri ataupun ke arah kanan.

  1. Tempat Membuat Sarang

Burung walet selalu membuat sarang di tempat yang gelap atau agak gelap. Karena merasa lebih aman, dan mereka dapat terbang di tempat gelap. Sigat sarangnya adalah diletakkan berderetan satu lapis saja.

Sedangkan burung seriti selalu memilih tempat bersarang ditempat yang terang. Biasanya sarang seriti bersifat gerombolan membentuk seperti buah anggur yan menggantung dari atas kebawah.

  1. Kondisi Temperatur Suhu

Burung walet sangat peka terhadap perubahan temperatur, sinar masuk, dan kelembaban udaha dalam ruangannya, meraka akan merasa terganggu, sehingga burung walet akan pergi tanpa kembali lagi.

Sedangkan Burung Serinti lebih toleran terhadap kelembaban udara dalam ruangan yang dihuninya, tidak merasa terganggu oleh perubahan kelembaban udara dalam ruangan.

  1. Waktu Membuat Sarang

Dalam membuat sarang burung walet memperlukan waktu kurang lebih 30-50 hari, sedangkan burung seriti memperlukan waktu 60-70 hari.

  1. Warna Sarang

Sarang burung walet yang berkualitas tinggi memiliki warna putih gading sedangkan sarang seriti cenderung berwarna kehijauan dan terkadang kecoklatan.

Simak Juga :

5 Rahasia Sukses Budidaya Burung Walet

5 Jenis Burung Walet Paling Dicari Di Indonesia

Khasiat dan Kegunaan Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan

Cara Panen Sarang Walet Yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.