Bahan Sarang Lovebird Yang Baik dan Bagus Untuk Ternak

By | Desember 19, 2020

Bahan Sarang Lovebird – bagi peternak lovebird pemula kerap kali dibikin pusing dengan bahan untuk sarang lovebird, ya umumnya mereka cemas dengan kualitas sarang hewan peliharaanya. Sesungguhnya kualitas bahan untuk sarang yang bagus ialah bahan yang tidak begitu licin, mengapa? sebab bahan yang begitu licin akan membuat kaki burung itu tidak dapat bertumpu secara baik.

Disamping itu sarang dengan bahan licin akan membuat anakan burung akan alami cacat di bagian kaki, cacat itu sebab kaki mereka tidak sanggup untuk bertumpu secara baik di sarang. Lantas apa bahan yang bagus untuk jadi sarang? Untuk bikin sarang yang bagus, baiknya harus memakai bahan yang bagus dan tenteram untuk burung.

Berikut ini 7 jenis bahan sarang lovebird yang baik dan bagus digunakan untuk sarang lovebird :

  1. Serabut Kelapa (tepes)
  2. Rumput teki yang kering
  3. Serabut bambu
  4. Jerami padi
  5. Serutan kayu
  6. Kulit Jagung
  7. Daun pisang

Serabut Kelapa atau tepes

Bahan pertama yang kami anjurkan untuk membuat sarang lovebird ialah dari sabut kelapa. Sabut kelapa memiliki kelembapan yang baik dan dapat memberikan tempratur hangat pada lovebird betina yang hendak melahirkan telur. Selain itu, sabut kelapa juga dapat mengahangatkan telur yang baru keluar dari si ibu.

Usahakan gunakan sabut kelapa yang telah dikupas dan dalam kondisi tidak basah. Untuk penempatanya, letakkan sabut kelapa sebanyak 2-4 sabut kelapa yang sudah disuir-suir sedang. Biarkan induk lovebird mengambilnya sendir untuk di jadikan sarang.

Catatan ;

untuk memperoleh kenyamanan burung, sebaiknya Anda rendam bahan ini sepanjang satu malam supaya tidak begitu kasar serta lebih nyaman.

Rumput Teki Kering

Yang kedua, yakni dengan menggunakan rumput teki kering. rumput ini dapat di jadikan opsi untuk bahan pembuat sarang Burung Loivebird kamu.


Kamu dapat cari rumput yang kering atau rumput basah dan kamu jemur higga kering lalu dijadikan sebagai bahan sarang Burung Lovebird kamu.


Rumput kering mempunyai daya serap yang bagus dan kelembapan yang paling pas membuat perlindungan dan membuat telur masih hangat.

Serabut Bambu

Bahan ke-3 yang sering dipakai untuk jadi sarang Lovebird ialah bahan dari serutan bambu, bahan ini akan baik menjadi sarang burung.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengupas atau menyerut bambu sekecil mungkin, Usahakan sebelum diberikan ke lovebird, anda harus jeli pilih kupasan yang bagus, sebab umumnya kupasan bambu ada yang tajam dan ada yang meliuk memanjang.


Gunakanlah serutan bambu yang panjang meliuk dan tidak tajam.


Faedah dari kupasan bambu ini cukup dapat menghangatkan telur-telur lovebird dan kelembapan yang bagus.

Jerami Padi

Untuk bredeer yang masih tinggal di daerah pedesaan yang masyarakatnya masih banyak menanam padinya. Anda dapat memanfaatkan jerami padi yang sudah tidak digunakan lagi.

Manfaat dari bahan jerami ini cukup bagus untuk menghangatkan badan indukan dan telur-telurnya hingga dapat menyetabilkan temperatur udara dalam Glodok sebab mempunyai daya serap dan perputaran udara yang cukup bagus untuk Indukan dan Telur Lovebird.

Serutan Kayu

Langkah yang paling sederhana anda dapat pakai yakni dengan menggunakan serutan kayu untuk bahan sarang burung lovebird.

Anda dapat minta pada tukang kayu, umumnya di tukang kayu serutan itu tidak dipakai kembali, malahan umumnya dibuang. Oleh karena itu, anda dapat meminta untuk digunakan kembali lagi untuk sarang burung lovebird.

Kulit Jagung

Kulit jagung merupakan bahan yang bagus untuk sarang burung, selain karena bisa menghangatkan bahan ini tidak sekasar serabut kelapa. Anda bisa juga dengan gampang menempatkan bahan ini, selain lebih kecil bahan ini lebih fleksibel dari serabut kelapa.

Daun Pisang

Tidak hanya kulit jagung, Anda bisa juga memakai daun pisang sebagai sarang burung, akan tetapi baiknya gunakan daun yang telah jadi kering dan telah tua. Ini untuk kenyaman burung, sebab bila begitu muda dan masih hijau akan membuat burung itu tidak tenteram dan malas untuk bersarang.

BACA JUGA :  Panduan Praktis Cara Membuat Jamu Alami Lovebird Agar Ngekek Panjang Ketika Lomba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.