5 Jenis Burung Walet Paling Dicari  Di Indonesia

By | November 2, 2019

Burung walet merupakan burung pemakan serangga yang bersifat aerial dan suka meluncur, burung ini memiliki ciri khas yakni sayapnya yang berbentuk sabit. Jika Anda perhatikan burung ini tidak pernah hinggap di atas pohon, karena kakinya yang pendek dan lemah yang menyebabkan burung ini tidak dapat bertengger di dahan atau batang pohon. Hidupnya lebih banyak dihabiskan di dalam gua-gua atau rumah-rumah yang lembang yang tidak terkena sinar matahari langsung.

gambar burung walet

Di Indonesia burung ini sering disebut dengan burung layang-layang. Ada beberapa jenis walet sudah dikenal di Indonesia antara lain sebagai berikut :

  1. Walet Sarang Putih (Aerodramus Fuciphagus)

Aerodramus Fuciphagus berasal dari bahasa latin. Fuci memiliki arti lumut dan phagus yang berarti makan. Sarang burung walet putih memiliki harga termahal dibandingkan jenis sarang walet lainnya.

Welet jenis ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, sekitar 12 cm. Bagian atas tubuh coklat kehitaman dengan tungging kelabu pucat atau coklat, ekornya sedikit berporok, poroknya sekitar 10-19 % dari keseluruhan panjang ekor, bagian bawah tubuhnya berwarna coklat.

Burung ini banyak ditemukan di Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan.

  1. Walet Sarang Hitam (Aerodramus Maximus)

Yang membedakan antara walet Sarang putih dengan walet sarang hitam yakni pada warna tunggir atau bulu di bagian pantatnya. A. Maximus memiliki bulu tunggir yang berdegradasi, dari keabu-abuan hingga cokelat kehitaman. Panjang tubuhnya 15 cm, belahan ekor tidak dalam, dan memiliki postur halus di sekitar kakinya. Bulu-bulu inilah yang membedakannya dengan spesies walet lainnya.

Walet jenis ini banyak ditemukan didaerah pantai berkarang dan perkotaan. Pada umumnya menempati bangunan kosong yang memenuhi syarat hidup walet. Daerah penyebarannya meliputi, Sumatera dan Jawa.

Walet sarang hitam, sarangnya terbuat dari air liur putih yang bercampur hingga 80 % bulu, harga sarang ini lebih murah dibandingkan sarang putih yang lebih bersih.

  1. Walet Sarang Lumut (Aerodramus Vanikorensis)

Yang menjadi pembeda dari walet lainnya adalah dalam membuat sarang, walet sarang lumut dalam membangun sarangnya mencampurkan lumut. Lumut ini biasanya ditemukan di dinding-dinding gua.

  1. Walet Besar (Hydrochous Gigas)

Hydrochous Gigas memiliki tubuh lebih besar dibandingkan dengan Aerodramus Fuciphagus yakni mencapai 16 cm. Tubuh bagian atas berwarna coklat hitam, sedangkan bagian bawahnya berwarna cokelat kehitaman, Ciri khas walet ini adalah suarnya yang melengking.

Unutk sarangnya terbuat dari rerumputan kering yang dilapisi dengan liurnya. Habitat asli walet ini adalah di daerah pegunungan tinggi atai di sekitar air terjun.

  1. Walet Sarang Goa (Aerodramus Germanicus)

Walet ini dapat tumbuh mencapai 12 cm, burung ini memiliki warna coklat-kehitaman. Burung ini dapat dikenali melalui sarangnya yang berwarna coklat kekuning-kuningan. Sarangnya enak dimakan dan seluruhnya terbuat dari air liur dengan sedikit bulu. Sarang berbentuk seperti mangkuk, tetapi lebih cekung. Persebasaran di kawasan indonesia meliputi, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Simak Juga :

5 Rahasia Sukses Budidaya Burung Walet

5 Jenis Burung Walet Paling Dicari Di Indonesia

Khasiat dan Kegunaan Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.