Cara Merawat Calathea Ornata

By | Maret 18, 2021

Siapakah yang tidak senang punyai tanaman hias calathea di dalam rumah tumbuh subur dan cantik. Saya senang, bunda , dan semua pencinta tanaman hias tentu senang, iya. Tetapi, supaya bunga calathea ornata tumbuh cepat, subur, dan daun-daunnya cantik, perlu sedikit perhatian dan waktu buatnya. Nach, Bagaimana cara merawat calathea ornata yang benar dan baik? Yok, baca pembahasan dalam artikel ini.

Saat sebelum cari tahu cara merawat calathea ornata, kita menguak dahulu sepotong kenapa banyak rekan-rekan ‘jatuh hati’ dengan tanaman hias ini. Apanya yang cantik, memiliki bentuk, warna daun, pola, atau ada sisi lain.

Calathea ornata memang salah satunya tanaman hias yang memikat dilihat mata. Bukan tanpa argumen tentu saja. Calathea ornata lumayan menarik khususnya pada daunnya. Warna daun yang hijau bersatu dengan pola bergaris-garis putih dan sedikit berwarna pink, jadikan tanaman hias ini demikian cantik.

Bahkan juga, daun-daun tanaman calathea ornata sepintas serupa dengan bulu burung. Ini sebuah daya tarik yang menarik mata untuk selekasnya menanam calathea ornata di dalam rumah. Mudah-mudahan Anda telah memahami dengan cara menanam calathea ornata. Maka yang ini tidak kita ulas kembali. Kita konsentrasi saja ke perawatan calathea ornata.

Oh ya..hal yang lain termasuk unik dan mengagumkan dari calathea ornata ialah gerakan daunnya kelihatannya mengikut perputaran bumi atau gerakan matahari. Saat pagi hari, daun-daun bunga calathea terbuka atau mekar. Tetapi saat malam atau sore hari, daun-daun calathea ornata mulai menguncup atau tertutup. Mengagumkan, calathea ornata memang beda dari tanaman hias yang lain, cantik dan mengagumkan.

Daun Calathea Ornata Menguncup Sore Hari

Tetapi, supaya tanaman hias calathea ornata mendatangkan nuansa keelokan di dalam rumah Anda, pasti Anda perlu tahu cara merawat calathea ornata. Kemungkinan Anda telah master dalam soal merawat aglaonema, perlu pahami tehnik merawat calathea karena sedikit ada ketidaksamaan ke-2 nya.

BACA JUGA :  10 Cara Menanam dan Memelihara Tanaman Hias Pakis di Rumah

Pupuk calathea apa? Bukan masalah pupuk saja, tetapi yang lain penting juga. Bila diurusi secara baik, dikasih gizi yang cukup, dan situasi tumbuh yang pas bin seperti, calathea ornata tumbuh subur, cantik, dan cepat beranak.

Untuk bunda atau rekan-rekan pencinta tanaman hias yang telah menanam calathea ornata di pot, janganlah sampai salah asuh atau salah rawat. Karena jika salah, bukan keelokan yang didapat, tetapi kecapekan dan situasi hati membuat tidak nyaman.

Cara Merawat Calathea Ornata

Karena itu, artikel ini mengikuti Anda untuk merawat calathea ornata hingga tumbuh secara baik dan sama cantiknya dengan calathea punya tetangga samping. Berikut, ada panduan atau cara merawat bunga calathea ornata. Silahkan dicatat – jika tidak ingin dihafal – supaya tidak lupa keterangan sekitar perawatan calathea ornata berikut di bawah ini.

  1. Tempatkan Calathea Ornata pada Lokasi yang Jelas

Peletakan sebagai salah satunya cara merawat calathea ornata supaya subur dan daun-daunnya cantik. Calathea perlu lokasi yang jelas. Ini bukanlah bermakna harus ditempatkan di bawah cahaya matahari langsung.

Tempatkan tanaman hias calathea ornata pada tempat yang jelas dengan cahaya matahari tidak langsung. Dalam kata lain, Anda perlu tempatkan pot calathea ornata pada lokasi yang teduh supaya warna hijau yang elok dan cantik masih terpancar.

Bila Anda menyimpan bunga calathea di pojok ruang, yakinkan pojok ruang itu jelas atau ada sinar yang masuk walau tidak langsung.

Kenapa calathea ornata jangan terserang cahaya matahari langsung? Ini karena kita ingin sesuaikan seperti keadaan tumbuh di tempat asal, dia tumbuh di bawah beberapa pohon besar yang teduh.

Bila terkena cahaya langsung, karena itu warna daun calathea akan beralih menjadi coklat, kuning, seperti terbakar. Bahkan juga, daun-daunnya dapat menggulung.

  1. Siram Calathea Ornata Secara Periodik
BACA JUGA :  Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman

Karena mungkin sayang atau ingin cepat besar, Anda akan menyirami calathea ornata dengan teratur tiap hari. Sikap Anda telah baik, tapi tidak tepat. Calathea ornata memang perlu air untuk perkembangannya, tetapi tak perlu banyak-banyak apa lagi sering menyiraminya.

Bila air yang Anda beri berlebihan, basah, dan kemungkinan tergenangi, ini akan membuat perkembangan calathea ornata terusik. Keadaan tempat tanam yang begitu lembab atau basah, keelokan daun-daun calathea ornata akan tinggal narasi.

Karena tidak stabil dalam menyirami, karena itu daun-daun akan menguning, layu, dan rontok. Bahkan juga, bisa calathea ornata akan menjumpai ajalnya alias mati karena air terlalu berlebih atau over penyiraman. Kebalikannya, krisis air atau benar-benar kering media tumbuh, calathea akan mati.

Oleh karenanya, rawatlah calathea dengan memberikan air seperlunya saja sesuai keadaan perkembangannya. Siram 1 atau 2 kali satu minggu. Atau yang terbagus, check kelembapan media tumbuh saat sebelum menyiraminya.

Masukan jemari Anda ke media tumbuh sedalam 3-5 cm, lalu lihat masihkah lembab atau kering. Bila kering, silahkan siram seperlunya saja.

  1. Program Pupuk untuk Calathea Ornata

Keelokan calathea ornata yang Anda tanam dalam pot atau media tebatas, benar-benar bergantung dari cukup tidaknya gizi yang ada dalam media tumbuh itu.

Bila gizi menyusut atau habis dalam media tumbuh, perlu harap dia akan tumbuh sesuai keinginan Anda, perkembangan terhalang dan keelokannya menghilang secara perlahan.

Oleh karenanya, lihat keperluan ‘gizi’ tanaman hias calathea yang Anda tanam di dalam rumah Anda. Perlu mikirkan pupuk kimia yang merk dagang itu dan ini. Cukup gunakan sisa-sisa masakan di dapur untuk pupuk.

Beberapa bahan tersisa dari dapur itu banyak nutrisinya dan baik untuk pupuk tanaman. Misalkan, Anda dapat pakai air cucian beras atau air rebusan kentang (sayur yang direbus tanpa garam) untuk memupuk calathea ornata. Siram satu minggu sekali sama air cucian beras atau air rebusan kentang (sayur).

BACA JUGA :  Cara Merawat Begonia Agar Tumbuh Subur

Untuk jaga kesuburan, Anda dapat pupuk calathea ornata dengan pupuk kompos atau pupuk kandang (pukan). Tambah 2-3 pegang kompos atau pukan (sepertikan ukuran pot) ke media tumbuh tiap tiga bulan sekali.

Ya demikianlah cara merawat calathea ornata. Cukup sederhana, kan? Tetapi, teruslah siapkan waktu senggang dan berilah perhatian supaya tanaman hias calathea ornata pancarkan kemilau keelokan. Dengan perawatan yang bagus, waktu ke waktu, calathea ornata akan tumbuh besar, terus berkembang , dan menarik mata yang melihatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.