10# Tanaman Yang Cocok Untuk Aquaponik

By | Oktober 10, 2020

Aquaponik merupakan salah satu bentuk teknologi pertanian yang digabung dengan perikanan. Dalam sekali produksi aquaponik dapat menghasilkan dua produk sekaligus yaitu hasil tanaman holtikutura dan ikan. Dengan menggunakan aquaponik diyakini lebih efektif dan efisien karena dapat menghenat penggunaan pupuk dan tenaga untuk menguras kolam.

Aquaponik tidak menggunakan pupuk tambahan seperti pada pertanian sistem hidroponik maupun pertanian konvensional. Nutrisi tanaman diperoleh dari sisa dan kotoran yang dihasilkan oleh ikan yang berupa omoniak dan nitrit yang berbentuk organik.

Kotoran kotoran ikan yang ada didalam kolam dipompa dan dialirkan menggunakan pipa menuju media tanam dan menyebar keseluruh bagian akar sehingga mudah diserap oleh tanaman. Bentuk sistem aquaponik sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Berikut jenis jenis tanaman yang dapat ditanam di dalam sistem aquaponik :

Selada Selada termasuk tanaman yang mudah tumbuh sehingga sangat cocok di tanam di aquaponik. Untuk menanam selada kita bisa menggunakan sistem aquaponik NFT, rakit apung dan pasang surut. Hasil seleda yang ditanam di aquaponik dapat tumbuh dengan baik dan memiliki rasa yang renyak. Tanaman tidak mudah layu dan perawatannya gampang.

Tomat Tomat merupakan jenis tanaman yang tidak terlalu suka dengan air yang menggenang tetapi membutuhkan air yang cukup. Untuk menanam tomat dapat menggunakan sistem pasang surut atau sistem tetes (aliran kecil yang ditempatkan di dekat tanaman).

Tomat tergoleng tanaman yang mudah dibudidaya tetapi kita perlu sedikit waspada apabila ada hama seperti ulat atau lalat buah. Hasil tomat yang ditanam di aquaponik relatif lebih cepat tumbuh dan memiliki buah yang tidak mudah busuk.

Kangkung Kangkung merupakan jenis tamanan yang senang dengan air yang banyak. Ada dua jenis kangkung yaitu kangkung air dan kangkung darat kedua duanya dapat ditanam di aquaponik. Kangkung dapat ditanam dan tumbuh dengan baik di sistem aquaponik rakit apung, NFT, dan pasang surut.

Kangkung tetap dapat tumbuh meskipun berada di tempat yang kurang subur. Perawatan kangkung sangat mudah dan cepat pertumbuhannya sehingga akan lebih cepat panen. Hama yang sering menghinggapi ulat, jamur dan bakteri pembusuk batang.

Sawi Sawi akan tumbuh baik meskipun tergenang di air jadi sangat cocok di budidayakan di aquaponik. Sawi memiliki jenis yang sangat banyak tetapi pada dasarnya semeua dapat ditaman didalam aquaponik dan dapat tumbuh secara baik. Perawatan sawi mudah, hama yang sering menghinggapi berupa ulat. Sawi yang ditaman di aquaponik akan lebih tahan lama dan lebih renyak.

Cabe Cabe tergoleng tanaman yang tidak menyukai air jadi apabila terkena air telau banyak atau menggenang akan mudah mati tetapi membutuhkan cukup air. Ada banyak jenis cabe seperti cabe rawit, cabe kriting, cabe besar dan lain lain. Cabe cocok ditanang menggunakan aquaponik yang tidak terlalu banyak menampung air seperti pasang surut dan tetes.

Untuk merawat cabe sebenarnya susah susah gampang, cabe sangat sensitif terhadap perugahan cuaca extrim seperti pada musim penghujan bunga cabe mudah rontok dan cabe lebih mudah terkena hama. Hasil cabe akan melimpah pada saat cuaca sedikit panas dan cukup air.

Bayam Bayak sangat mudah tumbuh di dalam sistem aquaponik karena kebutuhan nutrisi bayam dapat terpenuhi dengan baik. hama yang sering menghinggapi basanya berupa ulat daun.

Selain tumbuhan tanaman diatas sebenarnya masih banyak lagi tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di dalam sistem aquaponik seperti sledri, kemagi, pakcoy, siwak, bawang putih, basil dan masih banyak tanaman yang lainnya. Demikian artikel tanaman yang dapat tumbuh diaquaponik semoga dapat dijadikan referensi dan semoga bermanfaat. Salam Guyub Tani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.