Ukuran Kolam Ikan Nila Untuk 1000 Ekor

By | November 1, 2019

Kolam adalah suatu perairan buatan yagn luasnya terbatas, sengaja dibuat oleh manusia, dan mudah dikuasai. Maksud mudah dikuasai disini ialah mudah diisi air, mudah dikeringkan dan mudah diatur menurut kehendak pemiliknya.

Usaha pembesaran di kolam berbeda dengan pembesar di tambak air payau dan di sawah (mina padi). Demikian juga dengan pembesaran di jaring apung dan kolam air deras. Akan tetapi, pada intinya usaha pembesaran membutuhkan air yang lebih banyak daripada kegiatan pembenihan.

kolam ikan nila

kolam ikan nila

Lantas berapa Jumlah padat tebar ikan nila  per meter yang ideal.

Sebenarnya padat tebar ikan nila dalam sebuah kolam tidak dapat dirumuskan dengan pasti. Yang jelas, dalam melakukan budidaya ikan nila. Jumlah padat tebarannya harus ideal. Supaya pertumbuhan ikan nila dapat berkembang dengan baik, dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jumlah padat tebar ikan nila per-meter persegi beraneka ragam. Ada yang mengatakan 20 sampai 30 ekor per meter persegi. Ada juga yang mengatakan kisaran 10 – 20 ekor permeter persegi.

Dari semua hasil diatas, tentu mereka yang mengasumsikan hasil tersebut sudah menggunakan rumus tebar ikan nila itu sendiri. Akan tetapi rumus tersebut hanyalah sebuah teori saja.

Simak Juga : Cara Membuat Pakan Ikan Nila Dari Dedak

Bagi Anda yang baru memulai bisnis budidaya ikan nila, tentunya anda akan sedikit mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah tebaran yang akan diterapkan. Namun ada beberapa indikator yang dapat Anda gunakan untuk menentukan jumlah padat tebaran ikan nila pada kolam.

  1. Bentuk Kolam

Maksudnya adalah apakah kolam yang Anda gunakan kolam jaring apung atau kolam tanah dan kolam terpal. sehingga jangan terpaku pada teori yang disebutkan diatas.

  1. Kedalaman Air

Apabila kedalaman air tidak begitu dalam atau sekitar 60-100 cm. Jika menggunakan padat tebar tinggi dengan jumlah 30 ekor per meter persegi. Tentunya hasilnya akan mengecewakan.

  1. Teknik Pembudidayaan

Teknik ini juga sangat berpengaruh. Misalnya menggunakan teknik biofloc, maka akan membuat jumlah padat tebar semakin tinggi. Begitu juga dengan teknik kolam arus deras. Akan tetapi jika hanya menggunakan kolam terpal, maka tidak ideal bila menggunakan jumlah padat tebar yang tinggi.

Dari ketiga indikator diatas, para pemula bisa memperhitungkan cara menentukan jumlah padat tebar itu sendir. Sehingga akan membuat usaha budidayanya tidak sia-sia dan akan menuai hasil yang maksimal sesuai harapan.

Jadi Jumlah padat tebar ikan nila yang ideal untuk pemula yaitu kisaran 10-15 ekor per meter persegi. Sehingga jika akan memulai dengan jumlah 1000 ekor ikan nila, maka luar kolam yang dibutuhkan kurang lebih 100 meter persegi atau (10 M X 10 M).

Ukuran tersebutlah yang aman untuk pemula. Agar budidaya dapat berhasil dengan hasil panen yang maksimal. jangan terpengaruh dengan kuantitas yang banyak.

Baca Juga  : Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Besar

One thought on “Ukuran Kolam Ikan Nila Untuk 1000 Ekor

  1. Pingback: √ Cara Membuat Pakan Ikan Nila Dari Dedak | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.