√ 18 ZPT Pembesar Umbi Bawang Merah Terbaik Saat Ini

By | April 28, 2020

zpt alami dari bawang merahdewitani.com – Hasil panen yang maksimal tentunya menjadi dambaan setiap petani kentang. Untuk memperoleh hasil tersebut tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan. Kita harus melakukan perawatan dan pemupukan tanaman dengan baik. Selain kedua faktor tersebut, yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil panen ialah dengan memberikan Zat Pengatur Tumbuh atau ZPT.

Ada banyak sekali zat pengatur tumbuh yang dijual di pasaran yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan hasil umbi bawang merah. Berikut ini 18 ZPT yang dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan hasil produksi bawang merah kesayangan Anda.

1.  Gibbersipp 20 TB

Gibbersipp 20 TB merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Maju Makmur Utomo. ZPT ini mengandung bahan aktif berupa asam giberelat (Gibberellic acid) sebanyak 20 %. Zat pengatur tumbuh tanaman ini berbentuk tablet. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah umbi, berat umbi, dan menghindari dari serangan hama dan penyakit.

Untuk pengaplikasianya, cukup mudah yakni, dengan Melakukan penyemprotan dengan dosis 1,25 tablet untuk 50 liter air. Lakukan penyemprotan Setelah 3 hingga 6 hari setelah masa tanam bawang merah.

2. Gaplus 20 TB

Gaplus merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Jawa Agrindo Internasional. ZPT ini digunakan untuk membesarkan tanaman yang mengandung giberelic acid 20%. GaPlus dapat diaplikasikan pada semua tanaman, Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah umbi, berat umbi, dan menghindari dari serangan hama dan penyakit.

Untuk Dosis yang digunakan 1,5 liter air di campur dengan 1 Bungkus Gaplus 20 TB. Semprotkan pada tanaman bawang.

Untuk Satu bungkus Gaplus 20 TB dengan berat 7 gram dihargai Rp. 20.000-

3. Gibrill 20 tb

Gibrill 20 tb merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Remaja Bangun Kencana Chemicals. ZPT ini mengandung bahan aktif berupa asam giberelat (Gibberellic acid) sebanyak 20 %. Zat pengatur tumbuh tanaman ini berbentuk tablet. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah umbi, berat umbi, dan menghindari dari serangan hama dan penyakit.

Untuk pengaplikasianya, cukup mudah yakni, dengan Melakukan penyemprotan dengan dosis 1,25 tablet untuk 50 liter air. Lakukan penyemprotan Setelah 3 hingga 6 hari setelah masa tanam bawang merah.

4. Goldgib 20 TB

Goldgib 20 tb merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Mekar Warna Sari . ZPT jenis ini mengandung bahan aktif berupa asam giberelat (Gibberellic acid) sebanyak 20 %. Zat pengatur tumbuh tanaman ini berbentuk tablet. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah umbi, berat umbi, dan menghindari dari serangan hama dan penyakit.

Untuk pengaplikasianya lakukan penyemprotan dengan dosis 15-20 gram per hektarnya.

5. Bigest 20 TB

Bigest 20 TB merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Multi Sarana Indotani. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif berupa asam giberelat (Gibberellic acid) sebanyak 20 %. Zat pengatur tumbuh tanaman ini berbentuk tablet. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk meningkatkan tinggi tanaman, jumlah umbi, berat umbi, dan menghindari dari serangan hama dan penyakit.

Untuk pengaplikasiannya lakukan penyemprotan dengan dosis 1 – 1,5 gram untuk 40 liter air.

6. Glider 25 TB

Glider 25 TB merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh cv Makmur Jaya Bekasi. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif berupa asam giberelat (Gibberellic acid) sebanyak 40 %. Zat pengatur tumbuh tanaman ini berbentuk tablet. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk merangsang pertumbuhan pada fase vegetatif dan generatif.

Untuk pengaplikasianya lakukan penyemmprtan dengan dosis 0,75 table untuk 50 liter air. Dari segi harga, Glider 25 TB dengan berat 5 gram dihargai Rp.20.000- perbungkusnya.

7. Gagold 40 TB

Gagold 40 TB merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Kristalindo Karunia Internasional. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif berupa asam giberelat (Gibberellic acid) sebanyak 40 %. Zat pengatur tumbuh tanaman ini berbentuk tablet. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan jumlah daun, hasil panen, dan lain sebagainya.

Untuk pengaplikasianya cukup mudah yakni dengan, melakukan penyemprotan dengan dosis 3 ml/ 1 liter air. Lakukan penyemprotan Setelah 30 hari setelah masa tanam bawang merah.

8. Sinagrowth 20 TB

Sinagrowth 20 TB adalah zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Sinamyang Indonesia. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif berupa asam giberelat (Gibberellic acid) sebanyak 20 %. Zat pengatur tumbuh tanaman ini berbentuk tablet. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan jumlah daun, hasil panen, dan lain sebagainya.

Untuk pengaplikasianya cukup mudah yakni dengan, melakukan penyemprotan dengan dosis 0,125 gram untuk 1 liter air. Lakukan penyemprotan Setelah 3 hingga 6 hari setelah masa tanam bawang merah.

9. Ajib 50 SL

Ajib 50 SL adalah zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Primasid Andalan Utama. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif berupa asam naftalen 50 g/l yang dikemas dalam bentuk larutan. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan jumlah daun, hasil panen, dan lain sebagainya.

Untuk pengaplikasianya, lakukan penyemprotan dengan dosis 150-200 ml/ha. Lakukan penyemprotan 2 atau 4 minggu setelah masa tanam.

10. Sagri-FIX 45 SL

Sagri-FIX 45 SL merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Satya Agro Indonesia. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif Asam asetik indol 15 g/l, natrium naptalene 1 asetat 15 gram/l. Dan natrium nitrofenol 15 g/l. Yang dikemas dalam bentuk larutan. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan jumlah daun, hasil panen, dan lain sebagainya.

Untuk penerapannya cukup mudah yakni, dengan melarutkan Sagri-fix 45 sl sebanyak 375 ml/perhektar. Lakukan penyemprtotan pada 9, 16 dan 30 hari setelah masa tanam.

11. Harxin 20 SL

Harxin 20 SL merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Ditya Chemindo. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif  asam giberelat (Gibberellic acid) 20 g/l yang dikemas dalam bentuk larutan. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan jumlah daun, hasil panen, dan lain sebagainya.

12. Green Mascot 40 SL

Green Mascot 40 SL merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh CV Boma Sakti Tani. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif  asam giberelat (Gibberellic acid) 40 g/l yang dikemas dalam bentuk larutan. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan jumlah daun, hasil panen, dan lain sebagainya.

Untuk pengaplikasiannya, lakukan penyemprotan dengan dosis 2 gram untuk 1 liter air, Lakukan penyemprotan pada 3 atau 6 hari setelah masa tanam bawang.

13. Stick Tonik 10,5 SL

Stick Tonik 10,5 SL merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh CV Graha Agritech. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif Asam natrium naftalen asetik 4 g/l. natrium 5 nitroguaiakol 1 g/l, natrium orto nitrofenol 2 g/l, natrium para nitrofenol 3 g/l, dan natrium 2,4, dinitroguaiakol 0,5 g/l. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan bobot umbi bawang merah.

14. Proud 4 EC

Proud 4 EC merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Dalzon Chemicals Indonesia. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif Asam Giberelat 40 g/l yang berbentuk larutan cair. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan bobot umbi bawang merah.

Untuk pengaplikasiannya lakukan penyemprotan dengan dosis 50-75 ml/ha. Lakukan penyemprotan pada 30 atau 40 hari setelah masa tanam bawang.

15. Baygest 40 SL

Baygest 40 SL merupakan zat pengatur tumbuh yang diproduksi oleh PT Arena Agro Utama. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif Asam Giberelat 40 g/l yang berbentuk larutan cair. Fungsi Utama ZPT ini ialah untuk Meningkatkan bobot umbi bawang merah.

Untuk pengaplikasiannya, lakukan penyemprotan dengan dosis 500 hingga 1000 ml/ha. Lakukan penyemprotan pada 3 atau 6 hari setelah masa tanam bawang.

16. Mc Errol 15 wp

Mc Errol merupakan Zat pengatur tumbuh tanaman berbentuk tepung yang mudah untuk larut dalam air. ZPT jenis ini mengandung bahan aktif Paklobutrazol 15%. Cara kerja ZPT ini ialah  menghentikan pertumbuhan vegetatif (daun) sehingga pertumbuhan tanaman terkonsentrasi pada pembentukan buah atau umbi.

Untuk Penggunaannya cukup mudah yakni dengan penyemprotan dengan dosis, 0,25-0,5 gram per liter disemprotkan ke daun pada saat tanaman memasuki masa pembungaan atau masa pembentukan umbi dan di ulangi 3minggu setelah penyemprotan pertama.

17. Benasil – Boster

Mengandung 4 jenis zat pengatur tumbuh yakni, triazole phenolic acide, potasium, magnesium dan boron. Benasil sangat baik digunakan untuk meningkatkan umbi bawang merah, kentang dan wortel. Memperlancar penyaluran nutrisi dari daun ke umbi/buah, Serta merangsang sistem pembelahan dan pembesaran sel-sel umbi/buah.

Untuk penggunaanya cukup mudah yakni dengan melakukan penyemprotan ke seluruh tanaman pada awal pembentukan umbi dengan dosis 2 hingga 4 gram untuk 1 liter air. Lakukan penyemprotan setiap satu minggu sekali dengan dosis yang sama.

18. K 14 (Kalium 14)

Untuk penggunaanya cukup mudah yakni dengan melakukan penyemprotan ke seluruh tanaman pada awal pembentukan umbi dengan dosis 2 hingga 4 gram untuk 1 liter air. Lakukan penyemprotan setiap satu minggu sekali dengan dosis yang sama.

Demikianlah usalan singkat mengenai √ 18 ZPT Pembesar Umbi Bawang Merah Terbaik Saat Ini, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca semua…

Baca Juga :

4 CARA MEMBUAT ZPT DARI BAWANG MERAH STEP BY STEP

11 MANFAAT KULIT BAWANG MERAH UNTUK TANAMAN

CARA MEMBUAT PUPUK ZPT DARI AIR KELAPA Step By Step

One thought on “√ 18 ZPT Pembesar Umbi Bawang Merah Terbaik Saat Ini

  1. Pingback: √ 7 Jenis Pupuk Hidroponik Terbaik Untuk Tanaman Kesayangan Anda | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.