Bagaimana Cara Memperbanyak Keladi? Inilah Caranya

By | Maret 18, 2021

Caladium atau tanaman keladi mempunyai keelokan khususnya warna daun-daunnya yang eksotis. Bukan hanya warna, tapi pola daunnya juga benar-benar menarik. Makin banyak keladi di dalam rumah dengan pengaturan yang rapi dan menawan, makin menambahkan daya tariknya dan rumah juga terlihat elok dan cantik. Ingin bukan punyai keladi banyak? Yok baca langkah perbanyak keladi yang sederhana dan cepat tumbuh.

Perbanyakan Keladi

Perbanyakan keladi (caladium propagation) bisa dilaksanakan dengan generatif dan vegetatif. Tehnik perbanyak keladi secara generatif, yakni lewat benih/biji, umumnya dilaksanakan oleh pemulia tanaman untuk memperoleh tanaman baru atau varietas baru. Tehnik ini perlu saat yang relatif lama dan pengetahuan yang cukup.

Langkah perbanyak keladi dengan jumlah yang banyak bisa dilaksanakan secara vegetatif. Tehnik ini manfaatkan beberapa bagian tanaman seperti daun, batang, dan umbi untuk hasilkan tanaman keladi yang baru.

Bersamaan dengan majunya ilmu dan pengetahuan dan tehnologi, khususnya dalam sektor pertanian, keladi bisa diperbanyak dengan tehnik kultur jaringan atau kultur in vitro. Dengan ambil sedikit sel dari indukan keladi, diberlakukan demikian rupa dalam media dan ruangan yang steril, karena itu beberapa tunas keladi akan tumbuh.

Langkah Perbanyak Keladi

Dalam artikel ini kita tidak kupas bagaimana pergandaan keladi dengan tehnik kultur jaringan. Kita akan mencari tahu langkah perbanyak keladi yang sederhana dan cepat tumbuh secara vegetatif, yakni dengan umbi keladi.

Langkah perbanyak keladi dengan umbi gampang sekali, cukup dengan mencacah umbi keladi sama ukuran kecil-kecil, dalam waktu cepat waktu akan tumbuh banyak tanaman keladi yang baru.

Dengan cara alamiah, tunas-tunas atau anakan keladi tumbuh pada umbinya. Umbi ini berupa bundar dalam tanah bersatu dengan batang daun tanaman keladi. Makin sumbur media tumbuh, anakan keladi juga tumbuh jadi banyak.

Langsung ke topiknya, berikut 5 langkah perbanyak keladi yang gampang Anda aplikasikan di dalam rumah

  1. Induk Tanaman Keladi
BACA JUGA :  10 Cara Menanam dan Memelihara Tanaman Hias Pakis di Rumah

Cara khusus perbanyak keladi ialah yakinkan Anda telah mempunyai indukan tanaman keladi atau keladi dewasa yang subur dan sehat. Tidak cuma sehat, tapi indukan keladi hias itu mempunyai umbi dalam media tumbuh yang bisa dipakai untuk pergandaan nanti.

Jika tidak punyai umbi, Anda dapat membeli umbi keladi seperti umbi keladi tengkorak, umbi keladi baret merah, dan beberapa umbi keladi yang lain. Di toko online juga lumayan banyak dipasarkan, Anda tinggal order saja.

  1. Media Semai Umbi Keladi

Sesaat akan perbanyak keladi, siapkan lebih dahulu media semai. Karena, kita akan menempatkan potongan umbi keladi ke media semai. Karena itu, media semai umbi keladi sebaiknya yang subur, kutub, dan mempunyai drainase yang baik.

Dari demikian banyak beberapa bahan untuk bikin media semai keladi, Anda bisa menambahkan tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbedaan yang serupa (1:1:1). Ini bila Anda menyemai keladi dalam pot. Sudah pasti ini mirip-mirip dengan menanam keladi yang penting mempersiapkan tempat tanam yang baik lebih dahulu saat sebelum menanamnya.

Jika Anda ingin menyemai langsung di tanah bisa, tetapi campur sedikit pupuk kompos atau organik. Supaya gembur dan kutub, tambah sekam padi atau arang sekam.

  1. Potong Umbi Keladi

Umbi KeladiCara perbanyak keladi setelah itu menggunting umbi keladi. Potong umbi keladi sampai dekati pangkal tangkai keladi. Yakinkan masih sisa akar pada indukannya agar cepat tumbuh saat ditanamkan kembali ke pot.

  1. Cacah Umbi Keladi

Cacahan Umbi KeladiNah, saat ini cacah atau potongi umbi keladi jadi ukuran kecil-kecil. Dan tiap cacahan mempunyai mata tunas yang terlihat pada permukaan kulitnya. Sesudah dicacah, bersihkan sampai bersih dan angin-anginkan sesaat.

Selanjutnya, cacahan umbi keladi itu dibaluri fungisida pada sisa cedera irisan. Bila mempunyai zat penumbuh akar, root up misalkan, bisa dibaluri untuk percepat tumbuh akar keladi.

  1. Semai Cacahan Umbi Keladi
BACA JUGA :  Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman

Supaya umbi keladi cepat tumbuh tunasnya, karena itu tidak boleh begitu dalam menyemainya, cukup 2-3 cm saja kedalamannya. Jalannya semacam ini :

  • Tempatkan cacahan umbi keladi di atas media semai dengan status mata tunas mengarah ke atas
  • Mengatur jarak keduanya, 5-10 cm jaraknya
  • Tutup dengan kombinasi media semai dengan tebal 2-3 cm
  • Siram seperlunya
  • Tempatkan pada tempat teduh

Anakan keladi mulai tumbuhAgar sang anakan keladi hias cepat tumbuh, menjaga media semai supaya masih lembab. Siram 2 kali satu minggu atau sepertikan dengan kelembapan media semai. Bila media semai masih lembab, tak perlu disiram.

Bila tindakannya betul, cacahan umbi keladi akan tumbuh dalam kurun waktu 30-40 hari sesudah semai. Saat telah tumbuh 1 atau 2 lembar daun, Anda dapat mmemindahkan atau menanam anakan keladi ke pot.

Sesudah Anda kuasai tehnik propagasi keladi ini, Anda bisa perbanyak keladi-keladi yang lain. Karena, langkah perbanyak keladi baret, langkah perbanyak keladi amazon, langkah perbanyak keladi tengkorak dan yang lain relatif sama, yakni dengan menggunting-motong umbinya.

Langkah Lain Perbanyak Keladi Hias Sekalian Rimbun

Kecuali langkah perbanyak keladi yang telah dirinci di atas, ada satu langkah kembali (langkah plus) yang dapat membuat keladi hias di dalam rumah Anda jadi banyak sekalian membuat rimbun daun-daunnya dan tangkai atau batang daun relatif pendek. Bagaimana triknya?

Umbi Keladi dan Tangkai UtamaCaranya lumayan gampang, yakni dengan menggunting tangkai khusus atau tunas central dari umbi keladi. Kita tahu, di sekitar umbi keladi hias yang telah dewasa (pernah tumbuh bunga) cukup terdapat banyak titik tumbuh atau mata tunas. Makin besar umbi, makin banyak mata tunasnya.

Bila tangkai khusus yang daunnya besar dan tinggi itu tidak dipotong, maka susah tumbuh anakan atau tunas-tunas baru. Dalam kata lain, tidak menggerakkan perkembangan anakan keladi hias yang baru.

BACA JUGA :  √ 7 Manfaat Nasi Basi Bagi Tanaman

Saat Anda pisahkan tangkai khusus keladi hias dari umbinya, di dalam 1-2 minggu akan banyak muncul keladi hias baru, dan makin lama akan terlihat rimbun keladi hias yang Anda tanam dalam pot. Bila banyak, Anda tinggal pisahkan anakannya untuk ditanamkan ke pot yang lain.

Contoh langkah potong tangkai khusus dari umbi keladiLangkah-langkah menggunting tangkai khusus keladi hias seperti berikut :

  • Cabut keladi hias dan umbinya. Kerjakan dengan perlahan-lahan supaya tidak menghancurkan daun, umbi, dan akar keladi
  • Bersihkan umbi keladi sampai tanah yang melekat pada umbi jadi bersih
  • Potong tangkai khusus pas dipangkalnya yang bersatu dengan umbi. Berhati-hati supaya tidak mencederai atau terpenggal mata tunas di sekitar umbi, pakai pisau tipis, bersih dan tajam
  • Oleskan fungisida pada sisa irisan/potongan pada umbi. (dapat pakai obat cedera betadine jika tidak ada fungisida, pengalaman penulis ok)
  • Tanam umbi ke pot. Tidak boleh begitu dalam menanamnya
  • Tutup dengan tanah secara tipis
  • Siram seperlunya dan tempatkan pada tempat teduh
  • 1-2 minggu anakan keladi hias mulai akan tumbuh banyak

Sekedar tambahan, tangkai khusus keladi hias yang telah dipotong secara baik, masih bisa ditanamkan ke pot lain. Atau, Anda dapat taruh dahulu dalam media air [lihat gambar di bawah] sampai tumbuh akar. Saat akar telah tumbuh, tanam ke pot yang sudah berisi tempat tanam yang subur.

Antusis ‘kan untuk selekasnya menyaksikan banyak tanaman keladi banyak dan rimbun menghias rumah Anda? Begitu sepintas pengetahuan mengenai langkah perbanyak keladi. Mudah-mudahan beberapa langkah tertera di atas bisa menolong Anda untuk pergandaan tanaman keladi bagus untuk koleksi atau untuk dipasarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.