Panduan Praktis Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Bertelur

By | Desember 21, 2019

Cara Menjodohkan lovebird – Salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh para pencinta kicaumania ialah Lovebird atau Burung Cinta. Sesuai namanya, burung ini sangat setia pada pasangannya. Bahkan jika Sepasang burung lovebird dipisahkan, takjarang keduanya dapat menjadi stress, Sakit-sakitan dan dapat menimbulkan kematian.

Selain itu, burung Lovebird juga memiliki daya tarik lain, yakni bulunya yang elok dipandang, kicauannya dan tingkah lakunya yang terkadang membuat orang terkesima.

Lovebird juga terkenal dengan harganya yang lumayan mahal tergantung jenisnya. Meskipun mahal masih banyak juga orang yang ingin memelihara burung lovebird ini.

Karena keistimewaan inilah banyak orang-orang yang berusaha membudidayakan burung cantik ini. Perlu Anda ketahui dalam membudidayakan Lb tidak lah mudah seperti membalikan telapak tangan, Banyak dari para pembudidaya yang mengalami kesulitan dalam menjodohkan dan mengawinkan burung jenis ini.

Mungkin bagi pembudidaya pemula yang tidak tahu trik dan tips dalam menjodohkan burung Lovebird akan mengalami kegagalan, bahkan akan membuat salah satu burung menjadi terluka karena berkelahi.

Untuk mengatasinya Kami sudah sedikit menulis ulasan mengenai bagaimana sih carah untuk menjodohkan lovebird?? mari simak penjelasannya dibawah ini !!!

Cara Menjodohkan Burung Lovebird dengan Mudah

Banyak faktor yang menyebabkan kegagalan dalam menjodohkan lovebird. Yang sering terjadi adalah peternak tidak memperhatikan jika sepasang lovebird tersebut berkelamin sama. Yakni jantan dengan jantan dan betina dengan betina.

Jika kedua burung Lb tersebut betina maka keduanya dapat bertelur. akan tetapi, telur-telur tersebut tidak akan dapat menetas. karena tidak dibuahi oleh sel sperma dari Lovebird jantan.

Baca Juga : √ 8 Cara Mengatasi Lovebird Gestang Agar Mau Kawin

Oleh karena itu, agar tidak berkelamin sama Anda harus mengetahui perbedaan antara lovebird jantan dan betina. Berikut ini ciri-ciri perbedaanya :

1. Bentuk Ujung Sayapnya

Untuk lovebird jantan memiliki ujung ekor yang menyilang. Sedangkan lovebird betina biasanya ujung ekornya dalam posisi tidak menyilang atau terbuka.

2. Bentuk Ujung Ekornya

Pada lovebird jantan biasanya memiliki bentuk ujung ekor lebih lancip dibandingkan dengan burung lovebird betina.

3. Ukuran Tubuhnya

Biasanya ukuran tubuh lovebird jantan cendrung lebih kecil, dibandingkan dengan lovebird betina. Selain itu, kepala lovebird jantan berbentuk cepak sedangkan lovebird betina berbentuk melengkung.

Selain penjalasan diatas, masih ada beberapa tips lain dalam membedakan mana lb jantan dan mana lb betina, yakni dengan melihat perilakunya. Untuk melihatnya anda dapat melihatnya disini.

Kembali ketopik, yakni bagaimana cara menjodohkan lovebird!!!

Berikut ini beberapa metode yang dapat Anda lakukan dalam menjodohkan burung lovebird dengan cepat yang menurut kami memiliki keberhasilan tinggi :

  1. Menjodohkan Sepasang Lovebird

Langkah Pertama dalam menjodohkan Sepasang lovebird adalah memiliki lovebird jantan dan betina yang berkualitas, Lovebird yang berkualitas akan memunculkan anakan yang berkualitas pula. Dari Segi umur, idealnya lovebird yang dijodohkan baru memasuki fase siap produksi atau sekitar usia 8 bulanan ke atas. Akan tetapi, apabila Anda hanya memiliki sepasang lovebird yang sudah dewasa atau sudah matang, itu tidak apa-apa.

Langkah kedua yakni, memasukkan kedua lovebird tersebut kekandang perjodohan. Usahakan kandang perjodohan (Gupon) memilki sekat pembatas. Pembatasan ini dilakukan dengan maksud agar Lovebird tidak bersentuhan langsung, hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi apabila salah satu burung menyerang burung lainnya.

Perlu Anda ketahui biasanya lovebird yang baru memasuki fase produksi akan lebih mudah dan cepat untuk dikenalkan Sedangkan pada lovebird yang sudah dewasa biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan lovebird yang masih remaja.

Langkah Ketiga, Apabila kedua burung lovebird tersebut sudah saling tertarik, biasanya mereka akan selalu berdekatan, saling beradu paruh, atau menyisir bulu kepala, itu menjadi pertanda jika mereka sudah berjodoh.

Langkah ke empat, Setelah dirasa berjodoh, buka sekat pembatas yang memisahkan kedua burung tersebut, setelah itu pasang gelodok di kandang. yang belum tahu apa itu gelodok, gelodok adalah tempat berkembang biakan lovebird atau sarang untuk bertelur. Biasanya gelodok dibuat dari sabut kelapa atau kulit jagung.

Agar cepat bertelur Anda dapat menambahkan makanan tambahan  yang mengandung vitamin yang dapat meningkatkan stamina dan birahi lovebird. Salah satu contohnya ialah kecambah dan kangkung.

2. Menjodohkan Lovebird Secara Koloni atau Kelompok

Bagi peternak yang sudah memiliki banyak burung lovebird dapat menggunakan metode penjodohan kelompok, Menurut beberapa peternak yang sudah terbilang sukses dalam beternak lovebird. Metode Kelompok atau koloni terbilang lebih efektif dan efisien karena burung lovebird dapat memilih pasangannya sendiri.

Jika Anda ingin menggunakan metode penjodohan kelompok, maka Anda memperlukan kandang yang lebih luas dan lebih besar untuk menampung beberapa pasang lovebird.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah, Mempersiapkan beberapa lovebird jantan dan betina. Usahakan lebih memperbanyak lovebird betinanya supaya keberhasilan penjodohan lebih besar.

Langkah kedua, Masukkan lovebird2 tersebut kedalam 1 kandang yang berukuran besar. Didalam kandang berikan glodok yang berfungsi sebagai tempat bertelur burung. usahakan glodok yang diberikan lebih banyak daripada jumlah pasangan dalam kandang.

Langkah ketiga, tunggu hingga lovebird saling berpasangan.

Setelah mendapat pasangannya masing-masing, lovebird akan segera kawin dan bertelur.

Tips Dalam Mengawinkan Burung Lovebird

Setelah burung lovebird mendapatkan pasangan biasanya mereka akan segera kawin. Dalam proses perkawinan ini Anda harus menyiapkan sarana dan prasarana penunjang proses perkawinan.  Pada umumnya Lovebird akan bertelur sebanyak 1-4 butir. dan setelah 3 minggu masa pengeraman lovebird akan menetas.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara menjodohkan burung lovebird agar cepat bertelur. Semoga ulasan ini dapat membantu kita semua dalam menternakkan burung lovebird. Apabila Ada pertanyaan silakan komentar dibawah…

Baca Juga :

√ 3 Makanan Wajib Ketika Lovebird Sedang Mengerami Telurnya

6 Keistimewaan Lovebird Lutino Mata Merah Yang Jarang di Ketahui Penghobby

Tips Membuat Jamu Alami Agar Lovebird Ngekek Panjang Ketika Lomba

2 thoughts on “Panduan Praktis Cara Menjodohkan Lovebird Agar Cepat Bertelur

  1. Pingback: √ 6 Keistimewaan Lovebird Lutino Mata Merah Yang Wajib Kamu Ketahui | Dewitani

  2. Pingback: 3 Makanan Wajib Ketika Lovebird Mengerami Telurnya | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.