Inilah Makanan Yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Kelinci

By | Oktober 10, 2020

Kelinci adalah salah satu hewan yang lucu untuk dijaga. Khususnya kelinci tipe lop yang mempunyai penampilan mungil dengan telinganya yang layu turun ke samping. Tetapi sayangnya hewan ini benar-benar rawan diserang penyakit membahayakan seperti diare serta kembung yang dapat dipacu oleh kesalahan kita dalam memberi pakan. Oleh karenanya kita harus waspada hal itu, Janganlah sampai asal-asalan saat menentukan pakan untuk kelinci kecintaan kita.
 
Pakan satu diantara hal paling inti yang dapat tentukan kesehatan kelinci. Pada intinya kelinci di alam bebas mengonsumsi beberapa tumbuhan atau rumput sesuai dengan keperluan mereka. Mereka tercipta dengan insting yang dapat memastikan makanan apakah yang pas buat mereka. Tetapi bila di kandang budidaya, tentunya mereka tidak dapat lakukan hal itu. Hingga dapat disebutkan jika apakah yang mereka makan tergantung pada apakah yang kita beri.

Cermati janganlah sampai kelinci kita diserang penyakit membahayakan karena hanya salah pakan!

Pakan Berbentuk Pelet Kelinci

Pelet kelinci ialah pakan yang sangat baik untuk dikasih ke kelinci piaraan kita. Selain tinggi serat, pelet kelinci telah diracik dengan beberapa nutrisi yang setimbang untuk kelinci. Pelet ialah pakan kering yang terendah risiko untuk dikasih ke kelinci. Namun, untuk memperoleh pelet kita harus keluarkan modal. Tetapi bila dihitung kembali lagi, memberi pelet semakin lebih memberikan keuntungan dari sisi usaha daripada memberi rumput serta sayur hijau. Bila kita jeli, sebetulnya memberi pelet semakin lebih irit serta efektif dibandingkan dengan sayur hijau.

Dalam sehari, seekor kelinci dewasa cukup walaupun cuman diberi satu gelas pelet kering (gelas belimbing) yakni 1/2 gelas di siang hari serta 1/2 gelas lagi saat malam hari. Pelet kelinci ialah makanan padat serat serta memiliki kandungan banyak nutrisi. Walau sedikit pelet bertambah mengenyangkan.

NB : Janganlah lupa beri minum untuk kelinci sebab pelet ialah pakan kering.

Pakan Berbentuk Sayur

Kecuali pelet, kita dapat juga memberi sayur ke kelinci kecintaan kita. Misalnya ialah kol, wortel, selada, kangkung, daun ketela serta sawi. Tetapi sayur mempunyai kandung air yang lumayan banyak. Disamping itu sayur fresh dapat juga menyebabkan gas yang menyebabkan kembung serta menganggu kesehatan kelinci. Oleh karenanya seharusnya beri sayur hijau cuma untuk selingan saja, sedang pakan intinya ialah pelet.

Bila anda ingin mempertimbangkan, ongkos yang dikeluarkan untuk memberikan kelinci kita pakan berbentuk sayur semakin lebih mahal dibanding dengan pakan pelet kelinci.

Pakan Berbentuk Beberapa bijian

Pakan pilihan lainnya yang dapat anda beri ke kelinci ialah berbentuk kacang-kacangan atau beberapa bijian. Misalnya ialah biji kacang hijau, jagung, kacang tanah serta kacang kedelai. Tetapi kita ketahui jika harga dari beberapa bijian itu lumayan mahal. Serta kita masih tetap perlu mengolahnya dengan menggiling supaya beberapa bijian itu sedikit bertambah halus serta gampang diolah kelinci.

Pakan Berbentuk Rumput

Rumput ialah pilihan pakan termurah dibanding dengan yang lainnya. Kita semua paham jika rumput dapat kita temui di seputar rumah dengan jumlah yang tidak terhingga. Tetapi tahukah anda jika rupanya tidak semua rumput dapat kita beri ke kelinci. Beberapa macam rumput dapat memunculkan penyakit serius ke kelinci, khususnya penyakit kembung serta diare yang cukup sulit ditangani.

Pemberian rumput sama seperti dengan memberi sayur fresh, yakni dengan jumlah spesifik saja serta jangan menjadi makanan inti. Terutamanya pada kelinci muda, pakan ini benar-benar tidak pas sebab skema pencernaan mereka masih loyo serta berefek besar sekali.

Pakan Berbentuk Ampas Tahu

Ampas tahu dapat kita peroleh jika di seputar rumah kita ada rumah produksi tahu. Pakan ini mempunyai nutrisi yang bagus untuk kelinci. Tetapi sayangnya tidak orang-orang dapat memperoleh ampas tahu dengan gampang, jadi lakukan survey tipe pakan kelinci yang yang lain paling pas untuk kelinci anda.

Dari ke-5 tipe pakan kelinci di atas, saya bertambah mereferensikan pelet kelinci. Walau untuk memperolehya kita harus beli dengan uang tetapi pasti semakin banyak keuntunganya, seperti gampang didapat, dapat disimpan, efektivitas waktu, kotoran kelinci tidak berbau, sehat untuk kelinci, kurangi risiko kurang baik pada kelinci dan yang penting murah.

Ya, tentunya. Walau rumput dapat anda peroleh dengan gratis tetapi anda harus keluarkan waktu sehari-harinya untuk merumput di kebun, yang bila dihitung karena itu tenaga dan waktu yang anda mengeluarkan dalam satu bulan akan semakin lebih mahal dibanding harga sekarung pelet kelinci. So terus menurut saya harga pelet kelinci tambah murah dibanding rumput. heheheā€¦.

Spesial kelinci untuk budidaya, jangan beri bagian makan kebanyakan sebab dapat menyebabkan obesitas pada kelinci yang malah berefek kurang baik pada reproduksinya. Kelinci obesitas semakin lebih sulit hamil sebab sperma pejantan sulit masuk di rahim betina. Hal tersebut berlangsung karena sperma terhambat oleh lemak. 

Salam,Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.