Inilah Arti Kumbang Hitam Masuk Rumah Pada Malam Hari

By | Januari 5, 2020

Menurut kepercayaan sebagian masyarakat tradisional Nusantara, masuknya binatang tertentu kedalam rumah dianggap sebagai pertanda tentang sebuah hal kejadian. Salah satu hewan yang dianggap dapat membawa pertanda tertentu adalah Kumbang hitam.

Kumbang hitam juga dikenal juga sebagai kumbang kotoran, yang memiliki kebiasaan menggulung kotoran hingga membentuk bulatan seperti bola, kemudian menumpukkannya ke dalam sarangnya. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar kumbang betina dapat bertelur dalam kotoran tersebut. Sehingga ketika menetas sang larva kumbang mendapatkan makanan dari kotoran tersebut.

Dalam kepercayaan orang mesir kuno menganggap kegiatan diatas merupakan simbolisasi dari Dewa ra yang mana bola kotoran tersebut di personifikasikan sebagai bola matahari atau dewa ra yang sedang melintasi langit. Menurut kepercayaan mesir kuno juga, Dewa RA melintasi langit setiap hari dan mengubah jiwa dan raga manusia.

Bagi masyarakat tradisional sunda, binatang ini sering disebut dengan Bangbung atau bambung hideung yang sering dihubung-hubungkan dengan hal-hal mistis, hewan ini sering dianggap sebagai perantara misitis, yakni media pengantar sihir seperti santet dan teluh. Selain itu dibeberapa daerah di Indonesia pun menganggap hal yang sama juga.

Hewan ini juga sering dikaitkan dengan lagu ronggeng bambung hideung pun dikenal sebagai salah satu lagu yang sakral dimana kerap kali ketika dinyanyikan akan membuat si penari atau yang mendengarkan lagu ini menjadi kerasukan.

Menurut mitos yang berkembang dimasyarakat, kumbang yang masuk kedalam rumah itu menandakan dual hal, yakni yang pertama menandakan ada orang yang sedang memfitnah penghuni rumah, oleh sebab itu penghuni rumah harus waspada dan berhati-hati terhadap apa saja tingkah laku yang akan dilakukannya.

Yang Kedua, Pertanda adanya kiriman bencana berupa hal-hal gaib seperti santet dan teluh.
Untuk Lebih lengkapnya silakan simak penjelasan dibawah ini…

1. Ada orang yang akan memburuk-burukan mu (memfintah dirimu)

Jika ada kumbang (kumbang tanduk) masuk kedalam rumah pada siang ataupun malam hari, menurut mitos yang berkembang dimasyarkat, penghuni rumah yang dimasuki kumbang tersebut, akan mendapat fitnah yang disebarkan oleh orang yang tidak senang kepada keluargamu.

Oleh sebab itu, Kamu dan keluarga mu harus berhati-hati dalam mengambil tindakan karena apa saja yang tindakan yang kamu ambil akan menjadi bahan omongan orang yang berniat melakukannya.

2. Ada Kiriman dari orang yang tidak senang dengan Anda

Selain itu ada juga kepercayaan yang menganggap jika ada kumbang masuk kedalam rumah pada siang atau malam hari itu menandakan ada orang yang sedang mengirim santet atau teluh kerumah yang di datangi kumbang tersebut.

3. Arti Kumbang hitam masuk kedalam rumah menurut islam

Dalam islam sendiri kumbang yang masuk rumah tidak memiliki makna atau arti khusus. Bahkan beberapa ulama berpendapat. Jika, dengan mempercayai tanda-tanda atau ramalan tertuntu itu merupakan perbuatan syirik. Oleh sebab itu, Kita semua dianjurkan untuk tidak mempercayainya.

Itulah ulasan singkat mengenai arti kumbangĀ  masuk rumah. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua…

One thought on “Inilah Arti Kumbang Hitam Masuk Rumah Pada Malam Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.