7 Arti Ular Masuk Kedalam Rumah Menurut Ilmu Kejawen

By | Januari 14, 2020

Di beberapa kepercayaan, ular dianggap sebagai musuh bagi manusia. Salah satunya didalam kitab Yudaisme dan Alkitab (Perjanjian Lama) disana diceritakan jika Iblis menyerupai bentuk ular, dan membujuk Hawa dan Adam Sehingga terpedaya dan harus keluar dari Taman Eden. Sedangkan didalam kisah Mahabrata, Diceritakan jika Dewa Wisnu yang mengalahkan ular berkepala lima yang telah berbuat kejahatan.

Sedangkan didalam islam, Kita dianjurkan untuk membunuh ular sebagaimana sebagaimana yang diriwayatkan sebagai berikut :

“Sesungguhnya di rumah-rumah ada ular-ular yang berada di rumah-rumah. Apabila kalian melihat satu dari mereka, maka buatlah peringatan padanya tiga kali. Apabila pergi, maka biarkan dan bila tidak mau pergi maka bunuhlah, karena dia itu kafir”. HR Muslim

Hewan yang memiliki beranekaragam jenis ini, ternyata di nusantara memiliki beberapa mitos ketika masuk ke dalam rumah. Dibeberapa daerah ada yang menyakini jika binatang ini masuk ke dalam rumah secara tiba-tiba. Maka itu merupakan sebuah pertanda atau isyarat yang menandakan akan terjadi sesuatu.

Ular Masuk Rumah Menurut ilmu Kejawen (Jawa Kuno)

Menurut Ilmu kejawen Masuknya ular kedalam rumah itu merupakan sebuah pertanda bahwa sipemiliki rumah akan kedatangan tamu yang tidak diundang, berikut pertanda ular masuk kedalam rumah menurut ilmu kejawen :

  • Yang pertama, Pertanda hal buruk, terutama apabila ular masuk kerumah pada malam hari, menurut kepercayaan sebagiaan orang ini merupakan sebuah pertanda jika akan datang malapetaka, bahaya, atau musibah yang akan menimpah orang di dalam rumah tersebut.
  • Yang Kedua, Apabila ada ular masuk pada siang hari, dipercaya jika itu sebuah pertanda jika si pemilik rumah akan kehilangan salah satu anggota keluargannya baik itu karena meninggal atau karena hal-hal lainnya.
  • Yang Ketiga, Pertanda terhindar dari malapetaka buruk, tidak hanya sebagai pertanda hal-hal yang buruk ular ternyata ular juga menjadi pertanda hal-hal yang baik apabila jika ulat tersebut ketahuan masuk oleh pemilik rumah.
  • Yang Ke- empat, Apabila Yang masuk ke dalam rumah merupakan ular yang tidak berbisa seperti ular kadut, ular lariangon, ular hijau, maka itu pertanda jika kita sedang diingatkan tentang janji atau nazar yang pernah kita ucapkan akan tetapi tidak kita laksanakan.
  • Yang kelima, Pertanda dicintai atau disukai oleh seseorang. Mitos lainnya adalah datangnya ular ke dalam rumah ini merupakan pertanda jika ada seseorang yang menyukai atau mencintai satu penghuni rumah tersebut baik itu perempuan ataupun laki-laki.
  • Yang Keenam, Akan mendapatkan sebuah masalah atau kesialan. menurut kepercayaan orang-orang terdahulu ular yang masuk kedalam rumah itu merupakan sebuah pertanda jika si pemilik rumah akan mendapatkan masalah atau kesialan dalam kurun waktu dekat terutama apabila yang masuk kedalam rumah itu merupakan ular berbisa seperti cobra, king cobra, ular poros dan ular weling.
  • Yang Ketujuh, Ular yang masuk kerumah dipercaya sebagai penjelmaan jin atau iblis yang sedang mencoba untuk mengganggu penghuni rumah.

Mitos Ular Hitam Masuk Kedalam Rumah

Menurut Kepercayaan orang-orang terdahulu ular hitam masuk ke dalam rumah itu merupkan isyarat atau pertanda jika si pemilik rumah akan kedatangan tamu yang tidak ia kenali, yang memiliki niat buruh, seperti maling, rampok atau orang dengan niat jahat lainnya.

Referensi :

Wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.