Cara Membuat Pupuk ZPT Dari Air Kelapa Step By Step

By | April 25, 2020

dewitani.com – Air Kelapa banyak memiliki manfaat bagi tubuh, Mulai dari menyegarkan tubuh ketika sedang haus, mengembalikan dan menambah elektrolit tubuh, bahkan menurut beberapa penelitian air kelapa dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

cara membuat zpt dari air kelapa

Selain baik untuk tubuh, air kelapa juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan pada tanaman. Yang didapatkan dari hormon auksin dan sitokinin. Secara umum kedua hormon tersebut memiliki fungsi sebagai berikut :

Hormon Auksin

  • Mempercepat proses pertumbuhan pada tanaman
  • Mempercepat perkecambahan
  • Mempercepat proses pembelahan sel
  • Mengurangi kerontokan pada buah
  • Membuat buah cepat masak dan memiliki rasa manis.

Hormon Sitokinin

  • Mempercepat pembentukan akar dan cabang akar
  • Mampu mengendalikan pertumbuhan dan pembentukan daun, bunga, dan buah.
  • Membuat tanaman hidup lebih lama.

Selain dapat memicu pertumbuhan tanaman, ternyata unsur-unsur mineral yang terdapat di air kelapa merupakan unsur mineral yang sering digunakan sebagai bahan dasar membuat pupuk organik cair (POC) bagi produk yang diproduksi di pabrik.

Adapun unsur tersebut ialah, Kalium (K), Kalsium (Ca), Tembaga (Cu), Besi (Fe), Nitrogen (N), Magnesium (Mg), Fosfor (P), dan Belerang (S).

oH YAA, Pada kesempatan yang berbahagia ini Admin akan menjelaskan bagaimana cara membuat Pupuk ZPT Dari Air Kelapa dengan mudah dan murah.

Admin bisa mengatakan murah dan mudah karena memang bahan-bahan yang digunakan mudah di dapatkan dan harganya pun tidak terlalu mahal. Selain itu, dari segi proses pembuatanya dapat dilakukan oleh siapapun termasuk Anda yang baru belajar bertani.

Bahan dan Alat yang digunakan :

  • 1 Liter air kelapa.
  • 100 gram gula merah atau jika tidak ada dapat diganti dengan gula pasir dengan komposisi sama.
  • Botol air mineral yang berukuran besar.
  • Baskom.

Cara Pembuatan ZPT dari Air Kelapa :

  1. Pertama-tama, tumbuk gula merah hingga halus.
  2. Kemudian masukkan gula merah, air kelapa kedalam baskom kemudian aduk-aduk hingga tercampur dan menjadi larutan.
  3. Setelah menjadi larutan. Masukkan kedalam botol air mineral kemudian botol ditutup rapat, diamkan selama kurang lebih 7 hari agar larutan ter-fermentasi.
  4. Apabila botol air mineral terlihat membesar yang disebabkan adanya tekanan gas. Maka buka tutup botol tersebut, Minimal Anda membuka tutup botol setiap 2 hari sekali agar botol tidak meletup.

Cara Menggunakan ZPT Air Kelapa Untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman

Setelah proses fermentasi rampung, maka zpt sudah siap untuk digunakan. Berikut ini panduan penggunaanya :

  1. Gunakan dosis 200 ml ZPT untuk 14 liter air bersih, Jadi jika Anda membuat 1 liter ZPT maka idealnya memperlukan air bersih sekitar 70 liter.
  2. Untuk penggunaanya, biasanya dilakukan dengan cara disemprotkan (spray) atau dikocorkan. Untuk memperoleh hasil yang optimal lakukan penyemprotan atau dikocorkan setiap 10 hari sekali.
  3. Penggunaan ZPT dari Air kelapa dapat digunakan, untuk tanaman yang masih dipersemaian, setelah ditanaman (fase vegetatif), sampai masuk fase generatif.

Selain disemprotkan atau dikocorkan ketanaman, Pupuk Zpt dari air kelapa juga dapat dipakai untuk campuran ketika akan merendam benih tanaman. Pada umumnya benih tanaman yang direndam dengan air biasa, membutuhkan waktu kurang lebih 20-24 hari untuk siap tanam, sedangkan jika di campurkan dengan ZPT ini hanya memperlukan waktu kurang lebih 15 hari saja.

Demikanlah ulasan singkat mengenai cara membuat pupuk zpt dari air kelapa. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga :

Manfaat Pupuk Guano dan Panduan Pembuatannya di Rumah

Inilah 6 cara Agar Tanaman Padi Tidak Mudah Roboh Ketika Musim Hujan

7 Jenis Pupuk Hidroponik Terbaik Untuk Tanaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.