8 Manfaat Pupuk Boron Bagi Tanaman Dan Pengaplikasiannya

By | April 15, 2020

Apa itu Pupuk Boron ?

dilansir dari dewitani.com — Boron (B) adalah salah satu unsur hara mikro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman hanya dalam dosisi yang sangat kecil. Boron telah dikenal sejak tahun 1923 sebagai nutrisi mikro yang penting untuk tanaman tingkat tinggi. Unsur hara Boron bagi tanaman itu sangat penting dalam sintesis salah satu dasar pembentukan RNA pada pembentuk sel misalnya pembelahan sel, pembentukan dinding sel, pendewasaan sel, respirasi atau pernapasan dan  pertumbuhan. Selain itu Boron juga berperan dalam perkecambahan serbuk sari dan pertumbuhan tabung polen

Walapun dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, Jika tanaman kekurangan unsur Boron dapat menyebabkan pertumbuhan pucuk-pucuk tanaman berhenti dan kemudian mati, daun muda berwarna hijau pucat dan jaringan pangkal daun rusak, serta terjadi kerusakan pada akar.

pupuk boron

Pupuk Boron Sendiri merupakan salah satu jenis pupuk yang diawasi peredaranya oleh pemerintah. Penyebab utamnya, ialah karena kandungan yang terdapat di dalam pupuk ini sangat berbahaya, oleh sebab itu untuk pengaplikasianya harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana.

Manfaat dan Kegunaan Pupuk Baron Bagi Tanaman

Berikut ini 8 Manfaat dan  Kegunaan pupuk baron bagi tanaman :

1. Membantu Proses Pembelahan Sel Tanaamn

Walaupun pupuk jenis ini diperlukan dalam jumlah yang sedikit. Akan tetapi, Memiliki peran sentral dalam tumbuh kembangnya tanaman, terutama dalam proses pembentukan sel tanaman. Pembentukan sel yang optimal akan berdampak baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Contohnya saja dalam mempercepat pertumbuhan akar tanaman.

2. Berperan dalam Proses Penyerbukan dan Produksi Benih

Penyerbukan sendiri merupakan proses penyerbukan kepala putik oleh serbuk sari yang berasal dari bungan itu sendiri atau dari buang lain pada tumbuhan yang sejenis. Dengan Pemberian Pupuk Baron yang tepat dapat memperbanyak serbuk sari pada tanaman. Sehingga dapat meningkatkan Hasil produksi benih pada tanaman.

3. Membantu Pembentukan Protein

Selain itu, manfaat pupuk boron yang tak kalah penting ialah membantu proses penbentukan protein pada tanaman. protein ini sangat berguna dalam poses pembentukan batang tanaman dan meningkatkan hasil panen tanaman Anda.

4.  Menyediakan Asupan Nutrisi Bagi Tanaman

Boron mengandung bahan aktif seperti B2O3  sebanyak 47%. bahan aktif ini dapat memberikan asupan nutrisi yang bagus bagi tanaman.

5. Menjaga Kondisi Tanaman dari Gulma

Kabar baiknya lagi, pupuk ini juga bermanfaat untuk melindungi tumbuhan Anda dari serangan gulma yang dapat mengambil nutrisi yang nantinya akan diserap oleh tanaman Anda.

6. Mempercepat Proses Metabolisme

Boron berperan aktif dalam hubungan metabolisme antara kalium dan kalsium.

7. Mempercepat Peningkatan Mutu

Jika pupu boron diberikan ke tanaman yang anda miliki, maka akan meningkatkan mutu dan kualitas dari hasil panen tesebut, baik tanaman perkebunan, sayuran maupun buah-buahan.

8. Menjaga Keseluruhan Tanaman

Dapat dikatakan jika fungsi pupuk boron ialah menjaga keseluruhan tanaman, Mulai dari menjaga kondisi tanah, air pada permukaan tanah dan berbagai zat yang membahayakan bagi tanaman. Hal ini karena pupuk boron telah melalui proses pemurnian dari bahan-bahan yang kotor seperti Cd, Arsenik, Pb, dan Hg.

Efek Kekurangan Unsur Boron Pada Tanaman
Melihat pentingnya penggunaan pupuk boron pada tanaman tentu membuat Anda berfikir apakah efek dari tanaman yang mengalami kekurangan boron dalam proses pertumbuhannya? Berikut ini ialah daftar dari efek kurangnya boron pada tanaman:

Apa Yang Akan terjadi jika kekurangan Pupuk Boron ?

  • Perkembangan tanaman akan menjadi terhambat dan cendrung mengalami kekerdilan
  • Akar tanaman akan timbul bercak-bercak hitam atau lubang-lubang gelap
  • Buah matang tidak merata
  • Batang tanaman menjadi kaku
  • Pucuk daun pada tanaman akan berwarna hitam dan juga abnormal.
  • Tanaman akan rentang mengalami pembusukan atau keropos terutama pada buah, umbi hingga akar

Jika gejala-gejala diatas muncul pada tanaman Anda, dan tidak segera diberi tindak lanjut maka dapat  mengancam hasil panen Anda.

Berapa Banyak Pemberian Pupuk Boron Yang Di Anjurkan ?

Apabila tanaman kekurangan boron, itu akan berdampak fatal bagi kondisi tanaman. Oleh sebab itu Anda harus memberikan tanaman dengan unsur boron. Lantas, berapa banyak dosis yang ideal untuk diberikan ke tanaman? Berikut ini beberapa contoh dosis yang dianjurkan untuk diberikan ke beberapa jenis tanaman :

  • Tanaman padi, untuk lahan seluas 1 hektar Anda cukup memberikan pupuk boron dengan dosis 5 hingga 8 kg.
  • Untuk tanaman jenis sayur-sayuran. perhektarnya cukup berikan pupuk boron dengan dosis 5 hingga 8 hektar.
  • Untuk tanaman buah seperti jeruk atau jambu cukup berikan 5 hingga 8 kg perhektarnya.
  • Untuk jenis tanaman perkebunan seperti sawit dan kakao berikan 10-15 kg perhektarnya.
  • Tanaman bunga, cukup berikan dengan dosis 5-8 kg perhektar.
  • Dan untuk tanaman tembakau dan jagung cukup berikan dosis 4-6 kg perhektarnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 8 Manfaat Pupuk Boron Bagi Tanaman Dan Pengaplikasiannya. Semoga Dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

2 thoughts on “8 Manfaat Pupuk Boron Bagi Tanaman Dan Pengaplikasiannya

  1. Pingback: √ Inilah Dosis Pupuk Susulan Untuk Cabe Yang Dapat Meningkatkan Produksi | Dewitani

  2. Pingback: √ Cara Aplikasi Zpt Growtone | Dewitani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.