Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah. Mudah Banget!

dewitani.com – Cara Menanam Bawang Merah – Salah satu bahan di dapur yang kaya akan manfaat adalah bawang merah. Selain berfungsi sebagai bumbu dapur dan salah satu penyedap rasa, bawang merah juga memiliki segudang manfaat lain. Mulai dari mengurangi batuk, hingga menghangatkan tubuh dengan cara dibalurkan.

Menjadi salah satu bumbu yang selalu dibutuhkan sehari-hari, tak ada salahnya untuk mencoba menanam bawang merah sendiri di rumah. Selain bisa menghemat pengeluaran saat panen, merawat tanaman bawang merah juga bisa mengurangi stres saat di rumah.

Bagaimana cara menanam bawang di rumah? Simak langkah-langkah berikut.

Alat dan Bahan

Untuk menanam bawang merah di rumah, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan dan alat yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut :

  • Tanah
  • Pot
  • Bibit bawang merah
  • Media tanam

Bibit daun bawang sebenarnya tidak sulit untuk dicari. Cari saja bawang merah di dapur yang terlihat paling baik dan paling lembut. Ambil 2 sampai 3 biji untuk memulainya.

Baca Juga : 18 ZPT Pembesar Umbi Bawang Merah Terbaik Saat Ini

Cara Menanam Bawang Merah

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai menanam bawang merah di rumah. Anda dapat melihat bagaimana Anda dapat melakukannya dalam langkah-langkah berikut.

  1. Campurkan media tanam dengan tanah. Kemudian masukkan ke dalam mangkuk dengan tinggi 3/4 bagian.
  2. Ambil bawang yang anda siapkan. Ingat, pilih bawang yang lembut dan empuk. Jangan gunakan bawang yang memiliki bintik hitam. Karena flek hitam tersebut nantinya dapat menyebabkan penyakit pada tanaman bawang merah.
  3. Kemudian potong ujung bawang merah hingga terlihat daging bawang.
  4. Kita masukkan bawang merah ke dalam pot, lalu isi dengan campuran tanah dan media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.
  5. Tanah jangan terlalu dipadatkan dan dibiarkan berlubang agar sirkulasi air dan udara selalu lancar.
  6. Siram tanaman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Akan lebih baik untuk menyiramnya dengan penyemprot agar tidak merusak bibit.
  √ Inilah Dosis Pupuk Susulan Untuk Cabai

Merawat Bawang Merah

Setelah ditanam, pastikan kamu merawatnya dengan baik ya. Siram secara teratur setiap pagi dan sore hari. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan air saat menyiramnya. Karena terlalu banyak air akan membuat bawang membusuk. Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari agar bawang merah dapat tumbuh dengan optimal. Anda bisa memanen bawang merah diumur 60-90 hari. Tanaman yang siap panen biasanya muncul dari dalam tanah atau daunnya layu.

Berikut ulasan singkat tentang bagaimana cara menanam bawang merah dirumah yang sangat simpel. Semoga bisa bermanfaat dan bisa ditiru dirumah anda ya… Terima kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA