7 Manfaat Cabe Rawit Ungu Bagi Kesehatan

By | November 2, 2019

Manfaat Cabe ungu – Cabai atau cabe merupakan tumbuhan yang termasuk golongan genus Capsicum. Cabai merupakan bumbu masakan yang sangat populer di Indonesia dan wajib ada di beberapa masakan Tradisional. Kita Tentunya Mengenal dua Jenis Cabai Yakni Cabai merah besar dan cabai Rawit. Baru-Baru Ini muncul cabe jenis baru yakni cabe ungu atau sering dikenal dengan cabe Jepang.

Ciri Khas yang menonjol dari cabai ini adalah warna ungunya. Warna ungu ini disebabkan oleh kandungan zat antosianin yang cukub besar. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh manusia. Sehingga dapat menangkal munculnya penyakit  penyumbatan pembuluh darah (Aterosklerosis).

KANDUNGAN CABAI UNGU

Mengandung Vitamin C

Cabai Ungu memiliki kadar vitamin C lebih tinggi dibandingan dengan buah-buahan seperti jeruk,semangka dan mangga.

Mengandung Zat Capsaicin

Zat Capsaicin merupakan senyawa yang terkandung dalam cabai atau bumbu masakan lainnya yang memiliki rasa pedas. Perlu Anda ketahui rasa pedas yang di timbulkan ketika mengonsumsi cabai sebenarnya berasal dari zat Capsaicin ini.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan pada cabai ungu bermanfaat untuk membersihkan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan menjaga supaya tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Manfaat Cabai Ungu Untuk Kesehatan

#1. Menambah nafsu makan

Cita rasa pedas ketika memakan cabai membuat beberapa orang menjadi ketagihan. Selain itu Cabai juga membuat masakan menjadi lebih enak. Rasa enak inilah yang membuat orang ingin selalu nambah dan nambah lagi.

#2. Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin C dan betakarotin di dalam cabai ungu tidak kalah dengan buah-buahan seperti, jeruk, semangka dan mangga. Vitamin C secara umum berfungsi juga dalam penyembuhan luka yang terbuka. Caranya Cukup Mudah, Anda hanya perlu mengeringkan cabai ungu, kemudian tumbuh hingga menjadi bubuk. lalu taburkan di area yang luka.

#3. Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyempitan dan penebalan arteri karena penumpukan plak pada dinding arteri. Penumpukan plak tersebut terjadi saat lapisan sel pada dinding dalam arteri (endothelium) yang bertugas menjaga kelancaran aliran darah mengalami kerusakan.

Kandungan Zat Capsaicin pada cabai ungu dapat mengurangi kadar lemak yang menumpuk dalam pembuluh darah. Apabila Penumpukan Lemak pada pembuluh darah dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan Stroke. Dengan Mengonsumsi Cabai ungu secara rutin  dapat mengurangi resiko terjadinya strok akibat aterosklerosis.

#4. Menangkal radikal bebas dalam tubuh

Zat Capsaicin yang terkandung pada cabai ungu juga berfungsi sebagai Antioksidan. dilansir dari hello sehat.com. Fungsi utama Antioksidan adalah mendonorkan elektron pada elektron tidak berpasangan yang terdapat di molekul radikal bebas, mencegah elektron bebas tersebut untuk menarik elektron dari sel tubuh yang sehat.

Yang istimewa dari kerja antioksidan adalah setelah memberikan elektron, antioksidan tidak akan berubah menjadi radikal bebas seperti jika sel lain yang memberi elektron. Sehingga kerja antioksidan seperti menetralisir sifat reaktif molekul radikal bebas.

Untuk Turorial Menanam Cabai Di dalam Pot Silakan. Klik Disini

Singkatnya Antioksidan itu berfungsi sebagai vacuum cleaner dalam tubuh manusia yang membersihkan tubuh dari kotoran-kotoran yang masuk sehingga membuat tubuh tetap dalam kondisi yang sehat.

#5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh (imunitas)

Mengonsumsi cabe ungu secara rutin juga dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda hal ini karena cabai ungu mengandung anti bakterial yang dapat mempertahankan kekebalan tubuh dari serangan virus penyebab timbulnya penyakit. Kekebalan tubuh atau imunitas yang meningkat membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap penyakit atau infeksi.

#6. Meredakan pilek dan hidung tersumbat

Kandungan Zat Capsaicin pada cabai ungu dapat mengencerkan lendir, sehingga lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya, hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinusitis dan juga batuk berdahak.

#7. Meringankan sakit kepala dan nyeri sendi

Pernah dengar kan nasihat kalau pusing, makan yang pedas-pedas? Nasihat itu ada benarnya karena rasa pedas yang ditimbulkan capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyak rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit yang kita derita. Selain itu cabe berkhasiat juga untuk meredakan migrain.

Simak Juga :

5 Rahasia Sukses Budidaya Burung Walet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.