Cara Jitu Membuat Pupuk Hantu Untuk Anggrek

By | April 12, 2020

dewitani.com — Anggrek Merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak penggemar. Keindahan bunganya sudah tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Salah satu penyebab anggrek ini terkenal, karena bentuk bunga dan warnanya yang beraneka ragam.

CARA MERAWAT BUNGA ANGGREK

Agar dapat berbunga sepanjang waktu, tentunya tanaman anggrek memperlukan pupuk. Selain membuat anggrek berbunga sempurna, pupuk juga dapat Meningkatakan kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman, Merangsang pertumbuhan akar, batang, dan daun, Menggemburkan dan menyuburkan tanah.

Baru-baru Ini telah viral, Ada seorang petani dari daerah Cipaus, Bogor yang bernama sugimin. Beliau menciptakan formula pupuk  yang dapat membuat tanaman cepat tumbuh dan mempunyai ukuran yang diatas rata-rata. Pupuk Itu Disebut dengan pupuk hantu.

Hantu???? ya hantu, meskipun namanya menyeramkan, ternyata pupuk jenis ini memiliki segudang manfaat bagi tanaman. Pupuk hantu sendiri memiliki kandungan yang sangat diperlukan bagi tanaman yakni ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh). Pemberian hormon ini dapat memacu perkembangan tanaman.

Untuk Lebih Lengkapnya, Berikut ini manfaat Pupuk Hantu Bagi Tanaman :

  • Selain mengandung ZPT, pupuk hantu juga mengandung zat fitohormon. zat ini merupakan zat yang dapat merangsang dan mempercepat pertumbuhan pada tanaman. Selain itu, zat fithormon juga akan mempercepat pertumbuhan pada akar. Akar tanaman yang banyak dapat mengoptimalkan penyerapan unsur hara di tanah.
  • Tanaman yang diberikan pupuk hantu. Biasanya, daunya akan berwarna hijau segar, keras, dan tidak mudah untuk rontok.
  • Jika diaplikasikan di tanaman buah, maka buah yang dihasilkan akan berkualitas dan tahan lama.
  • Dari segi pembuatan, pupuk hantu lebih sedikit mengelurkan biaya dibandingkan jenis pupuk lainnya.
  • Pupuk hantu lebih ramah lingkungan karena dibuat dari bahan-bahan yang organik.
  • Pupuk hantu mampu melindungi tanaman dari berbagai serangan hama dan penyakit.
  • Pupuk hantu dapat membuat tanaman anggrek menjadi lebih sering berbunga, karena setiap kuncup bunga yang tumbuh tidak akan mudah rontok.

Macam-Macam Pupuk Hantu dan Fungsinya

Pupuk hantu dapat digunakan sebagai pupuk untuk semua jenis tanaman karena terbuat dari bahan-bahan Organik dan tidak berbahaya bagi tanaman. Dari Segi fungsinya pupuk hantu memiliki banyak jenis sesuai dengan fungsinya bagi tanaman. Berikut ini beberapa jenis Pupuk Hantu yang banyak di jual di toko pertanian :

  1. ZPT (Masa pertumbuhan tanaman)

Jenis pupuk hantu ini memiliki beberapa varian yang sejenis seperti ZPT Ratu Biogen SL, ZPT Hantu Multiguna Exclusive, ZPT Wong Tani. Pupuk hantu ZPT ini berfungsi sebagai sarana prekusor masa pertumbuhan.

2. Pupuk Hantu NPK Jagotani

Pupuk hantu ini berguna pada masa perkembangan buah, Pupuk ini akan menambah rasa dan menambah bobot buah yang dihasilkan

3. POC Jantan.

Pupuk hantu jenis ini berbentuk cair. Pupuk ini sangat bagus untuk menyuburkan tanah.

Cara Menggunakan Pupuk Hantu Untuk Tanaman

Untuk Sayuran

Tanaman sayuran seperti buncis, bawang, tomat, terong, kacang panjang dan lain sebagainya. Sangat bagus diberikan pupuk hantu. Adapun Cara penggunaany cukup larutkan 2 mll/cc pupuk hantu ZPT. Kemudian campurkan dengan 1 liter air aduk-aduk hingga tercampur merata. Semprotkan Ketanaman setiap 10 hari sekali.

Untuk Buah

Khusus untuk tanaman buah yang merambat seperti buah semangka, melon, mentimun, anggur, dan jenis buah lainnya. Dianjurkan untuk diberikan pupuk hantu sebanyak 2 ml/cc dicampur dengan 1 Liter air kemudian aduk hingga merata. Untuk lebih optimal Lakukan penyemprotan setiap 10 hari sekali.

Untuk Tanaman Hias

Sama seperti diatas dosisi yang digunakan sebanyak 2 ml/cc kemudian campurkan 1 L air. Semprot 10 hari sekali untuk lebih optimal.

Cara Membuat Pupuk Hantu Untuk Anggrek Sendiri Dirumah

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 1 Liter air
  • Akar tanaman kacang tanah. Jika tidak ada dapat diganti dengan akar tanaman kedelai
  • Nanas yang sudah matang, lebih bagus lagi jika hampir busuk sebanyak 1 buah
  • 13 Liter Air kelapa boleh kelapa muda atau yang tua.
  • Urine hewan seperti kambing, domba, sapi atau kerbau sebanyak 9 liter.
  • Daun Cabe-cabean (daun wedusan) sebanyak 9 kg
  • 9 kg Daun Marenggo segar
  • Molllase yang dapat diperoleh dari gula jawa atau gula pasir sebanyak 300 gram
  • 1 buah ragi
  • Wadah seperti drum atau ember plastik yang digunakan untuk menampung pupuk.

Cara Pembuatan :

  1. Petama-tama potong-potong akar kacang tanah atau kedelai beserta bahan dedaunan lainnya.
  2. Haluskan nanas dengan cara dibelender atau diparut.
  3. Campurkan air kelapa dan ragi aduk-aduk hingga ragi larut kedalam air kelapa.
  4. Masukkan larutan tersebut kedalam wadah penampungan. kemudian tambahkan mollase, aduk kembali hingga tercampur merata.
  5. Masukkan nanas yang sudah halus ke dalam wadah penampungan sambi diaduk-aduk. kemudian masukkan akar kacang tanah dan dedaunan yang sudah dirajagang tadi.
  6. Masukkan 9 liter urine hewan ternak kedalam wadah penampunga. Aduk-aduk hingga tercampur merata.
  7. Setelah semua bahan tercampur. Tutup rapat wadah penampungan selama kurang lebih 21 hari. Usahakan setiap 3 hari sekali dibukak penutupnya untuk di aduk-aduk kemudian tutup kembali. Lakukan hal tersebut selama 3 minggu hingga pupuk hantu jadi.
  8. Pupuk hantu siap digunakan

Selain diberikan pupuk hantu, Ada beberapa faktor lain yang perlu diperhatikan supaya anggrek rajin berbunga. Antara lain sebagai berikut :

  • Agar rajin berbunga anggrek sebaiknya diletakkan ditempat yang memiliki pencahayaan sinar matahari kurang lebih 50-70 %.
  • Kelembapan udara yang dikehendaki 60-80%. Supaya anggrek terjaga kelembapanya Anda dapat meletakknya di rak yang dekat dengan kolam atau dibuat kabut didalam rumah lindung dengan cara pemasangan sprinkle.
  • Media tanam tersusun atas 2 bagian. 1/3 bagian bawah diisi dengan potongan batu bata dan 2/3 sisanya pake pakis.
  • Dari Segi penyusunan. Sebaiknya anggrek diletakkan di rak-rak yang memiliki ketinggian 1 meter dan tidak diketakkan secara berjenjang karena akan menghambat sirkulasi udara yang masuk.
  • Usahakan selalu menyiraman tanaman anggrek, Apabila cuaca sedang panas lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari yakni pada pagi hari sekitar jam 07.00 – 09.00 dan sore hari pada pukul 03.00 – 05.000. Dan jika cuaca sedang hujan Anda tidak perlu melakukan penyiraman.
  • Agar rajin berbunga, anggrek media tanam harus bersih dari kotoran dan gulma.

Dimikianlah ulasan singkat mengenai cara membuat pupuk hantu untuk tanaman anggrek. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca semua….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.