Masing bingung, Inilah Cara Merawat Calathea Multicolor

By | Maret 18, 2021

Salah satunya tanaman hias yang lagi banyak disukai sekarang ini ialah calathea. Dari namanya saja bisa dipikirkan begitu cantiknya tanaman ini. Kecantikan calathea berada pada corak daunnya. Hingga tidaklah aneh jika banyak pencinta tanaman hias yang lakukan budidaya calathea sendiri di dalam rumah. Calathea akan pas untuk percantik ruang rumah yang kita huni. Bahkan juga calathea dipercayai sebagai tanaman yang bisa memberi kebaikan untuk yang tinggal di rumah karena di waktu malam datang calathea akan menggulung daunnya seolah tengah berdoa, disebutkan prayer plant.

Calathea multicolor sangatlah terkenal di mata pencinta tanaman hias. Alasannya simpel, kecantikan beragam warna daunnya tidak kalah dari tanaman hias daun yang lain. Apabila teknik merawat calathea multicolor ini dilaksanakan dengan benar dan baik, maka calathea ini akan tumbuh subur dan tampilkan keelokan yang mengagumkan.

Tetapi seandainya salah dalam perawatan calathea multicolor, yang terjadi dapat diterka, lamban perkembangannya, daunnya kuning, layu, kering, menggulung, dan banyak sekali masalah yang lain.

Kondisi perkembangan calathea multicolor semacam ini sudah pasti tidak diinginkan. Karena, bila calathea tidak menampilkan daya tarik atau daya magnetnya, membuat situasi hati tidak mood. Bahkan juga, bisa menyebalkan karena bunga calathea multicolor yang kita tanam tidak seindah calathea milik kawan atau tetangga.

Calathe Multicolor

Tanaman hias bunga Calathea multicolor, juga dikenal dengan panggilan Calathea Meranti Bali, mempunyai corak dan bermacam warna daunnya. Lihatlah gabungan warna keelokannya, ada warna hijau, abu-abu atau putih, dan warna pink. Gabungan warna daunnya yang cantik, membuat mata tidak bosan melihatnya.

Hal yang unik dari calathea, termaksud calathea multicolor, ialah daunnya menguncup seperti orang berdoa saat sore dan malam hari. Saat pagi hari, daunnya kembali mekar/terbuka.

Calathea multicolor tidak saja sebagai tanaman hias indoor, tapi dapat jadi sebagai tanaman hias outdoor. Baik ditaruh dalam ruang atau di luar rumah, seandainya diberlakukan sesuai persyaratan tumbuhnya dan tata langkah menjaga calathea multicolor dilaksanakan dengan pas, pasti berkembang dan tumbuh secara baik.

BACA JUGA :  Cara Membuat Asinan Mangga

Cara Merawat Calathea Multicolor

Teknik menjaga calathea bendera (panggilan lain untuk calathea multicolor) sebenarnya mirip-mirip dengan perawatan tipe calathea yang lain, seperti calathea ornata, calathea makoyana, calathea orbifolia, calathea merak, dan yang lain.

Supaya tanaman bunga calathea cepat besar, daunnya fresh, dan berwarna ceria pasti memerlukan kelembapan tanah dan udara yang pas dan gizi atau pupuk yang cukup buat mendukung perkembangannya.

Nach, Anda pasti ingin tahu bagaimanakah cara menjaga calathea multicolor supaya tumbuh subur, rimbun, cepat beranak, dan warna daunnya cantik, kan? Baca penuturannya di bawah ini.

  1. Peletakan dan Keperluan Cahaya Matahari

Semua tanaman terhitung tanaman hias calathea multicolor memerlukan cahaya matahari untuk perkembangannya. Namun, di antara satu tanaman dengan tanaman yang lain berlainan tingkat keperluan sinar. Ada tanaman yang perlu banyak cahaya, ada yang perlu sedikit, langsung, dan ada pula yang perlu sinar, tetapi tidak langsung.

Wabil khusus calathea multicolor yang kita ulas ini, perlu sinar dengan intensif yang rendah. Ini maknanya, calathea multicolor tidak boleh ditaruh pada tempat terbuka dengan cahaya matahari langsung selama seharian. Tempatkan calathea pada tempat teduh atau diberi lindungan seperti paranet atau pohon yang rimbun.

Jikapun ditaruh di luar ruang, yakinkan calathea multicolor cuman memperoleh cahaya matahari pagi seputar 1-2 jam saja. Jika didera cahaya matahari langsung selama seharian, karena itu calathea multicolor akan memetik permasalahan, seperti daun kering, menggulung, kuning, serta dapat layu dan mati.

Jika Anda kebenaran tempatkan calathea multicolor dalam ruang, tempatkan pada pojok ruangan yang ada sinar, tetapi tidak langsung. Sesekali, contoh 1-2 minggu sekali, mengeluarkan calathea dan taruh pada cahaya matahari pagi seputar 1-2 jam supaya perkembangannya bagus dan warna daunnya terlihat elok.

  1. Penyiraman

Seperti pada habitatnya, bunga calathea multicolor tidak tumbuh di air yang tergenangi dan tidak hidup dalam media tumbuh yang kering. Calathea ini perlu situasi media atau tanah yang lembab untuk memberikan dukungan perkembangannya.

BACA JUGA :  Cara Merawat Begonia Agar Tumbuh Subur

Karena itu, siram calathea multicolor dengan teratur sama air seperlunya saja. Anda dapat siram sekali satu hari, misalkan saat pagi atau sore hari. Tetapi, jika cuaca cukup panas, Anda bisa siram 1-2 kali satu hari.

Supaya lebih pas dalam penyiraman, check dahulu media tumbuh dengan masukkan jemari ke media tumbuh. Bila berasa kering, silahkan disiram. Kebalikannya, bila berasa masih cukup lembab, tidak perlu disiram.

  1. Pemupukan

Agar calathea cepat tumbuh, warna daunnya yang ceria, dan segera berkembang biak, karena itu Anda perlu memerhatikan ketersedian gizi dalam media tumbuhnya. Ini bermakna Anda perlu memupuk tanaman calathea multicolor dengan pupuk yang memiliki kandungan elemen hara komplet.

Dalam soal pemupukan calathea multicolor, Anda dapat pakai pupuk kimia seperti NPK, pupuk daun seperti Gandasil D atau Growmore. Bahkan juga, supaya tidak menyusahkan, Anda dapat pupuk dengan pupuk slow release seperti Dekastar. Pakai jumlah pupuk yang pas supaya mendukung perkembangan dan perubahan calathea.

Campurkan 1 sdt NPK ke 1 ltr air, siram sekitar 250 mililiter per tanaman calathea multicolor. Ulang tiap 1 bulan sekali. Jika gunakan Dekastar, pakai lelepkan 1 sdt dekastar dalam media tumbuh calathea (sepertikan sama ukuran tanaman dan pot). Silahkan baca jumlah pupukdekastar untuk aglaonema. Sekali memupuk dengan dekastar bertahan s/d 270 hari, jadi tidak ribet.

Kecuali pupuk kimia, Anda dapat memupuk calathea multicolor dengan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos. Ini pupuk yang cukup aman dan bagus untuk perkembangan calathea. Program 1-2 pegang pupuk kandang atau kompos (sepertikan sama ukuran pot dan tanaman) tiap tiga bulan sekali.

Bisa dengan menyirami air rendaman kompos atau pupuk kandang satu bulan sekali. Rendam 1 pegang pupuk kandang atau kompos dengan 2 ltr air, lalu siram sekitar 250 mililiter per tanaman calathea.

Bahkan juga. air cucian beras juga menjadi pupuk untuk calathea multicolor. Ini dapat untuk pupuk penyeling atau mingguan untuk memenuhi gizi. Anda dapat siram air cucian beras tiap minggu sekali.

BACA JUGA :  Panduan Praktis Cara Menanam Kubis

Jika sudah memupuk dengan pupuk kimia, bolehkah ditambahkan pupuk kandang atau kompos kembali? Bisa. Silahkan pupuk calathea multicolor dengan pupuk kandang atau kompos tiap tiga bulan sekali. Yang jangan ialah memupuk dengan pupuk kimia yang serupa kandungan elemen haranya dalam kurun waktu bertepatan atau bersisihan. Ini mempunyai potensi overdosis dan mengusik perkembangan tanaman hias.

  1. Gembur tempat tanam

Sebenarnya Anda telah mempersiapkan tempat tanam calathea multicolor yang cukup berkualitas. Dari awalnya telah Anda racik dengan kombinasi tanah yang subur, pupuk organik, dan beberapa kombinasi bahan yang lain seperti sekam padi atau pakis.

Tetapi, seiring waktu berjalan, tempat tanam makin lama jadi padat karena penyiraman dan terdekomposisi bahan organik dalam media tumbuh.

Karena itu, Anda perlu menggemburkan media tumbuh tiap 1 atau tiga bulan sekali. Dengan ini, calathea multicolor cepat tumbuh dan segera tumbuh anakannya.

  1. Pisah anakan supaya cepat berkembang

Saat calathea multicolor telah tumbuh dewasa, pasti banyak tumbuh anakan atau tunas baru di sekitar indukannya. Tanaman baru ini akan berebutan gizi dalam media tumbuh yang terbatas.

Pisahkan anakan calathea multicolor

Supaya anakan calathea multicolor bisa berkembang dan tumbuh secara baik, karena itu perlu dipisah anakannya ke pot baru. Langkah pisahkan anakan calathea multicolor lumayan gampang, yakni dengan menggunting akar rimpang yang menempel pada indukannya.

Begitu lima hal langkah menjaga calathea multicolor yang perlu Anda lihat agar tumbuh subur, cepat berkembang biak, dan tampilkan keelokan beragam warna daunnya yang memikat. Bahkan juga, dengan perawatan calathea multicolor yang pas, akan jauh dari permasalahan yang sekurang-kurangnya dicintai, yakni daun kering atau menggulung.

Panduan

Bila cuaca benar-benar panas dan kelembapan udara rendah atau kering, semprot sesekali sama air di dekat tanaman calathea multicolor supaya udara di seputar jadi lembab. Atau, taruh baskom berisi air di dekat calathea. Udara yang panas dan kering jadi salah satunya pemicu permasalahan pada daun calathea.

dewitani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.