7 Manfaat Vitamin B1 Untuk Tanaman Aglaonema

By | Mei 1, 2021

Manfaat Vitamin B1 – Aglaonema adalah tipe tanaman hias daun lebar yang banyak disukai oleh pencinta tanaman hias.

Aglaonema makin banyak yang menyenangi karena kecuali tampilannya yang memikat gampang dirawat, gampang tumbuh dan tak manja. Tanaman hias daun lebar ini pas di semua tempat, musim serta cuaca.

Tetapi, kadang terjadi permasalahan yang tidak kita harapkan pada tanaman aglaonema, seperti layu dan stress.

Keadaan depresi dan layu pada tanaman aglaonema umumnya terjadi saat terjadi pengubahan temperatur yang ekstrim.

Pada keadaan semacam ini aglaonema kehilangan banyak energi untuk menjaga diri hingga jadi layu dan stress.

Untuk menghindar hal ini diperlukan vitamin yang sanggup tingkatkan energi untuk tingkatkan metabolisme hingga tanaman lebih tahan pada pengubahan temperatur.

tanaman hias begonia
tanaman hias begonia

Vitamin B1 ialah jalan keluarnya, karena salah satunya faedahnya untuk tanaman ialah mengganti karbohidrat jadi energi.

Vitamin B1 sebagai salah satunya pupuk yang kerap dipakai untuk tanaman hias, diantaranya ialah aglonema yang sampai akhir ini masih digemari.

Kecuali benar-benar baik untuk perkembangan, kesuburan, dan kesehatan aglonema, Vitamin B1 juga gampang diketemukan di pasar. Disamping itu, harga benar-benar dapat dijangkau.

Manfaat Vitamin B1 untuk tanaman aglonema

Saat sebelum bicara manfaat vitamin b1 untuk aglaonema, kita lihat dahulu sepintas peranan dari vitamin b1 untuk tanaman aglaonema. Vitamin b1, disebutkan dengan thiamina atau tiamin, sebagai gizi penting yang berperan untuk mengganti karbohidrat jadi energi dalam jaringan tanaman.

Tanpa energi, rutinitas atau metabolisme dalam jaringan tanaman aglaonema tidak dapat berjalan, terhitung pemisahan sel, pembangunan jaringan atau organ baru, dan perkembangan akar jadi terhalang. Bahkan juga, peresapan elemen hara juga terhalang tanpa energi.

BACA JUGA :  Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Lebih jauh, akibatnya karena tidak ada energi, tanaman terlihat depresi, lemas bin lemah, tidak fresh, layu, dan makin lama saat keadaan ini didiamkan, aglaonema kecintaan Anda dapat mati.

Kenapa aglaonema bisa stres?

Rupanya tidak cuma manusia yang dapat depresi atau stes, tamanan aglaonema juga bisa alami depresi. Kuk dapat depresi aglaonema?

Depresi atau stes sebagai satu keadaan yang bersimpangan dan tidak diharapkan oleh aglaonema. Misalkan, dia terlatih tumbuh pada keadaan intensif sinar rendah, karena itu saat mendapatkan cahaya matahari sarat dengan intensif tinggi, karena itu aglaonema akan depresi atau terusik.

Berikut beberapa karena yang membuat aglaonema terjadi depresi, yakni

Potensi stres bukan hanya dirasakan oleh aglaonema kelas rendah alias harga terjangkau. Namun, nasib sama, bisa berpengaruh pada aglaonema suksom jaipong atau lotus delight yang Anda order dari jarak jauh pada harga mahal atau barusan Anda tukar pot. Sayang, kan?

Tujuh Manfaat Vitamin B1 untuk Aglaonema

Nach, dengan pahami jika tanaman alami depresi karena pengatasan dan situasi keadaan yang tidak sesuai dengan, karena itu perlu vitamin b1 untuk menolongnya.

Sebenarnya manfaat vitamin b1 untuk aglaonema, bukan hanya anti stres. Ini dia manfaatnya :

  1. Metabolisme dalam jaringan aglaonema bisa berjalan secara baik seperti alterasi karbohidrat jadi energi.
  2. Pada umumnya, vitamin b1 bisa menahan dan kurangi depresi tanaman aglaonema.
  3. Tingkatkan kekuatan penyesuaian dengan lingkungan yang baru.
  4. Jaga tanaman masih fresh dan tidak layu walau jauh dan lama waktunya pengangkutan, penanaman, dan penggantian media tumbuh yang baru (repotting)
  5. Percepat tumbuhnya akar
  6. resapan elemen hara lebih lancar
  7. Perkembangan jaringan baru bisa lebih cepat.

Itu beberapa manfaat vitamin b1 untuk tanaman hias aglonema. Bermula dari terciptanya energi, semua metabolisme rutinitas yang lain juga berjalan baik dalam jaringan tanaman aglaonema. Bahkan juga, saat diterapkan pupuk aglaonema nanti, akan diserap dengan normal.

BACA JUGA :  Cara Merawat Calathea Ornata

Dua sumber vitamin b1 untuk aglaonema

Sesudah pahami akan peranan dan manfaat vitamin b1 untuk tanaman hias aglaonema, kemungkinan Anda ingin selekasnya beli vitamin b1 untuk aglaonema Anda.

Tetapi nantikan dahulu. Saat sebelum Anda beli tiamin atau vitamin b1, seharusnya kita tahu darimanakah sumber vitamin b1 agar gampang cari dan memperolehnya.

Vitamin b1 untuk aglaonema lumayan banyak sumbernya, ada yang organik dan ada pula berbentuk zat sintesis. Tetapi, dalam artikel ini kita lihat 2 sumber saja. Ke-2 nya bagus, ada faedahnya, dan gampang didapat.

  1. Air cucian beras sumber vitamin b1 aglaonema

Air cucian beras, menurut banyak beberapa pakar, ada beberapa gizi penting, diantaranya ialah vitamin b1. Kulit ari pada beras memiliki kandungan vitamin b1. Saat beras dicuci untuk ditanak, vitamin b1 turut ke air cucian itu.

Karena itu, saat Anda membersihkan beras, sebaiknya tidak boleh buang air sisa cucian beras itu. Pakai air cucian beras atau air leri sebagai vitamin untuk tanaman, terutamanya dalam masalah ini tanaman aglaonema.

Dengan teratur menyirami air cucian beras, misalkan satu minggu sekali, karena itu perkembangan aglaonema bagus dan berkembang jadi lebih sehat dan cantik.

Langkah program air cucian beras sebagai vitamin b1 untuk aglaonema lumayan gampang. Siram sekitar 250 mililiter liter ke media tumbuh tiap aglaonema. Penyiraman sama air beras ini bisa diterapkan 7-10 hari sekali.

  1. Liquinox Start sumber vitamin b1 untuk aglaonema

Vitamin b1 dapat didapat dari Liquinox start. Ini sebagai satu zat atu hormon perkembangan yang memiliki kandungan vitamin b1 dan beberapa zat lain seperti P2O5, Fe, dan sebagainya.

Liquinox start Vitamin B1 telah diformulasi secara eksklusif sehinga lumayan baik untuk anti depresi tanaman terhitung tanaman hias seperti aglaonema, baik saat pengangkutan atau saat perpindahan ke media baru. Bahkan juga, liquinox start ini percepat tumbuhnya akar aglaonema jika ingin diterapkannya.

BACA JUGA :  √ 10 Manfaat Pupuk SP 36 Untuk Kelapa Sawit

Langkah program Liquinox start pada tanaman aglaonema dapat dengan penyiraman ke tempat tanam dan bisa diaplikasi dengan penyemprotan.

Campurkan 1 sdm liquinox start ke 1 galon air (3,785 liter air ukuran 1 gallon us) atau kurang lebih 1 sdt (sdt) ke 2 ltr air, siram ke tempat tanam seperlunya. Bisa disemprotkan ke semua sisi aglaonema dan disemprotkan media tanamnya. Ulang seringkali supaya hasilnya lebih riil.

Begitu pembahasan manfaat vitamin b1 untuk aglaonema. Dengan program vitamin b1 dengan tepat, tanaman hias aglaonema tidak stres, masih fresh atau mungkin tidak layu, dan perkembangan akar juga bisa lebih cepat.

dewitani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.