10 Cara Menanam dan Memelihara Tanaman Hias Pakis di Rumah

By | Mei 1, 2021

cara merawat tanaman pakis – Tumbuhan paku-pakuan atau pakis-pakisan ialah satu kelompok tumbuhan dengan mekanisme pembuluh sejati (Tracheophyta), tumbuhan pakis tidak hasilkan biji untuk reproduksi seksual.

Barisan tumbuhan ini melepas spora sebagai alat pengembangbiakannya, seperti barisan organisme seperti lumut.

Tumbuhan pakis telah tumbuh seputar 360 juta tahun lalu tapi suku-suku dan beberapa jenis kekinian baru ada seputar 145 juta tahun lalu. Pendayagunaan tumbuhan paku atau pakis oleh manusia terbatas.

tanaman hias pakis

Umumnya tumbuhan pakis digunakan jadi tanaman hias, sejumlah kecil digunakan sebagai tumbuhan obat.

Wujud luar (morfologi) tumbuhan pakis berbagai macam, sesuai hasil evolusi adaptasinya. Pada umumnya, pakis dikenali karena daunnya tumbuh dari tunas secara menggulung (circinate vernation).

Disamping itu performa luar pakis ada yang berbentuk pohon (pakis pohon, umumnya tidak bercabang), semak, tumbuhan menjalar, hidrofit, tapi umumnya berbentuk terna dengan rimpang yang menyebar di tanah atau humus.

Sejumlah besar tumbuhan pakis tumbuh di wilayah beriklim basah. Tumbuhan pakis umumnya tumbuh di tempat lembab, seperti tanah rimba yang lembab, tebing bukit-bukit, melekat atau menjalar pada tangkai pohon atau batu-batuan, dalam air kolam/danau.

Tersedianya air yang cukup pada periode waktu tertentu benar-benar dibutuhkan karena tumbuhan pakis benar-benar memerlukan tersedianya air.

Oleh karena itu, tumbuhan ini semakin banyak diketemukan di teritori pegunungan yang basah dan teduh.

Disaksikan dari tulisan di atas anda tentu sudah mengetahui sedikit mengenai langkah menanam dan menjaga tumbuhan pakis.

Berikut ini akan saya terangkan bagaimanakah cara menanam dan menjaga tumbuhan pakis untuk tanaman hias dalam dan di luar ruang.

Daftar Isi

Langkah Menanam dan Menjaga Tumbuhan Pakis di Dalam Ruang

Penyeleksian Tanaman Pakis untuk di ruangan harus tumbuhan pakis yang di alokasi untuk tanaman hias dalam ruang lebih pas pilih tipe Pakis dari wilayah beriklim tropis.

Karena untuk tanaman hias benar-benar pas dalam ruang atau di mana posisi tumbuhan Pakis itu ditaruh pada range temperatur 20°C.

Lokasi Penanaman Tumbuhan Pakis

Posisi penanaman tumbuhan pakis harus jadi perhatian untuk tumbuhnya tumbuhan pakis secara baik, kebanyakan memperoleh sinar matahari kurang bagus untuk perkembangan tumbuhan itu.

Jadi pilih posisi penanaman yang bagus seperti sisi rumah yang tidak langsung terserang sinar matahari.

Faktor Kelembapan

Tumbuhan Pakis benar-benar menyenangi kelembapan tempat dan udara yang tinggi. Jadi tanam tumbuhan pakis memakai pot double untuk menjaga kelembapan,

kecuali dengan itu, untuk memepertahankan kelembapan juga bisa memakai mesin pelembab udara atau Humidifier.

Penyiraman Secara Teratur

Tumbuhan pakis benar-benar menyenangi kelembapan udara yang tinggi dan keadaan tanah yang basah. Karenanya lihat keadaan tempat tanam tumbuhan pakis supaya selalu basah. Kerjakan penyiraman dengan teratur tiap hari sama air seperlunya.

Pemupukan secara periodik

Pemupukan tumbuhan pakis dilaksanakan secara periodik yakni 1 bulan sekali, namun bila tumbuhan pakis baru di tanam, pemupukan dilaksanakan minimum enam bulan sesudah penanaman dalam pot.

Disamping itu dibutuhkan tambahan pupuk cair dengan di semprotkan ke tanaman supaya elemen hara yang diperlukan dapat tercukupi.

Langkah Menanam dan Menjaga Tumbuhan Pakis Di luar Ruang

Cari Posisi penanaman yang Pas

Bila anda mempunyai tumbuhan pakis yang telah tumbuh di taman seharusnya tanaman pakis tidak dipindah ke lain tempat, terkecuali tanaman itu terkena penyakit dan tergenang oleh air.

BACA JUGA :  10# Tanaman Yang Cocok Untuk Aquaponik

Penanaman tumbuhan Pakis di luar ruang harus jadi perhatian posisi penanamannya, buat posisi penanaman tumbuhan pakis tidak tergenang sama air dengan lajur air saat hujan terbuang secara baik.

Tumbuhan pakis di luar ruang menyenangi udara lembab oleh karenanya tempat tanam (tanah) harus jadi perhatian kelembabannya dan posisi untuk menanam pakis jangan langsung terserang sinar matahari seharusnya penanaman dilaksanakan di bawah pohon yang semakin tinggi dari tumbuhan pakis teraebut.

Penyiraman Teratur Supaya Tanah Masih Basah

Di saat musim panas/kemarau anda selalu harus memerhatikan posisi tanam tumbuhan pakis itu supaya tanahnya masih basah, kerjakan penyiraman dengan teratur tiap pagi. Bila perlukan kerjakan penyiraman di sore hari.

Lakukan Pemupukan Tiap Bulan

Pemupukan tumbuhan pakis untuk pertama kalinya dilakukan minimum enam bulan sesudah penanaman.

Pemupukan seterusnya dilaksanakan tiap bulan sekali apabila di perlukan penyemprotan pupuk cair dan pestisida dilakukan tiap minggu supaya mendapatkan hasil yang optimal.

Bersihkan tumbuhan Pakis dari Daun yang Hancur

Daun yang hancur dalam tumbuhan pakis harus selekasnya dibikin bersih, potong daun yang hancur atau yang diserang oleh hama atau penyakit supaya tidak menebar ke daun yang sehat.

Ini dilaksanakan untuk jaga kualitas daun dari tumbuhan pakis selalu terlindungi.

Tumbuhan Pakis yang di alokasi untuk tanaman hias baik yang ditaruh di dalam atau di luar ruang membutuhkan perhatian khusus,

bila tumbuhan pakis tumbuh makin besar, kerjakan pembelahan tumbuhan pakis supaya tanaman tumbuh secara baik.

Kerjakan secara tidak menghancurkan akar tanaman supaya tumbuhan pakis yang dipisah dapat tumbuh secara baik juga.

salam dewitani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.