23 Jenis Tanaman Hias Indoor Yang Menyehatkan

dewitani.com – Tanaman Hias Indoor – Pulang dari hiruk pikuk dunia luar yang kotor, rumah biasanya dianggap sebagai tempat dimana kita bisa menghirup udara segar setiap hari. Keliru! Bisa saja udara di dalam rumah tidak kalah kotornya dengan udara di luar. Senyawa dari furnitur dan debu hingga deterjen dapat menurunkan kualitas udara di rumah Anda.

Jika dibiarkan, itu dapat membahayakan kesehatan Anda! Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menempatkan tanaman hias di dalam rumah. Selain membersihkan udara rumah, tanaman hias juga terus menggantikan oksigen alami di dalam rumah. Anggap saja sebagai air yang disaring secara alami.

Tanaman dapat membantu Anda mengatasi stres ekstra dan membantu fokus dalam menjalani kehidupan dibawah atap rumah anda, dan yang paling utama yaitu mempedulikan kesehatan anda dan keluarga.

Jenis Tanaman Indoor

Berikut 23 Tanaman Hias Indoor yang bisa dijadikan penyegar udara dan mempercantik rumah anda :

1. Tanaman Indoor – Rosemarytanaman hias indoor

Rosemary adalah salah satu tanaman hias indoor dengan sejuta manfaat kesehatan. Tak heran kehadirannya di rumah sangat dinanti terutama bagi para aktivis pabrik.

Selain sebagai dekorasi ruangan yang menarik, rosemary dapat menurunkan kadar gula darah, menghilangkan rasa sakit, dan menjaga kesehatan otak. Anda akan mengetahuinya dengan mudah dari aroma yang dikeluarkan tanaman ini.

2. Tanaman Hias Indoor – Peace Lily

tanaman hias indoor

Bagi anda yang menyukai tanaman dengan warna yang indah dan tampilan yang sempurna, Anda bisa memiliki bunga Peace Lily di rumah. Daun hijau dan dihiasi bunga putih, membuat ruang tamu Anda lebih indah. Namun, untuk menghasilkan bunga yang sempurna termasuk sedikit susah.

Anda perlu memperhatikan penyerapan sinar matahari, suhu, tanah dan bahkan bagaimana daunnya dipangkas. Jika ada yang tidak beres, bunga peace Lily sukar untuk mekar.

3. Monstera Deliciosa

tanaman hias indoor

Hiasan dekor tanaman sangat menarik untuk ditempatkan di rumah. Salah satunya adalah tanaman hias dalam ruangan yang disebut monstera deliciosa. Daun lebar yang unik dengan lubang di tengah daun sangat mencolok.

Berasal dari famili Araceae, monstera termasuk dalam kategori tanaman hias dalam ruangan yang mudah dirawat. Karena tidak memerlukan sinar matahari langsung, sangat nyaman berada di dalam ruangan.

4. Tanaman Indoor – Lidah Buaya

tanaman hias indoor

Ingin rambut tebal dan indah? Tanaman lidah buaya selalu ada sebagai penyelamat. Tak hanya itu, tanaman hias dalam ruangan yang mudah dirawat ini juga memiliki manfaat kecantikan lainnya. Tak heran jika sering digunakan sebagai bahan dalam masker wajah.

Hal terpenting dalam merawat tanaman lidah buaya ini adalah menempatkannya di bagian rumah yang mendapat sinar matahari namun teduh, seperti di dekat jendela. Selain itu, perhatikan juga asupan air dan pemupukan secara teratur, agar tanaman tumbuh subur.

5. Pohon Dolar/ZZ plant (Zamioculcas)

tanaman hias indoor

Setelah tumbuh subur di Indonesia, pohon dolar atau tanaman ZZ (Zamiokulkas) juga termasuk dalam jajaran tanaman hias indoor yang selain sehat juga bisa hidup tanpa sinar matahari. Berlawanan dengan namanya yang prestisius, tanaman asal benua Afrika ini juga bisa bertahan hidup dalam kondisi kering dan kelembapan rendah.

6. Tanaman Hias Indoor – Soleirolia

tanaman hias indoor

Tanaman hias indoor berdaun dalam ruangan berikut ini berasal dari famili Urticaceae, atau suku jelatang. Ketika anda melihat tanaman yang satu ini, terlihat sangat cantik dengan banyak daun dan cenderung kecil.

Sering disebut sebagai tanaman air mata bayi karena terlihat sangat rapuh, tetapi sebenarnya solerolea sangat keras. Anda hanya perlu perhatikan kelembapan tanaman ini agar tanaman tidak mudah layu.

7. Sirih Gading

tanaman hias indoor

Menempatkan tanaman sirih gading di dalam ruangan pasti bisa membuat ruangan menjadi lebih cerah dan menarik. Daun sirih gading yang berwarna hijau segar membuat tanaman hias ini digemari.

Perawatannya juga relatif mudah dan bisa bertahan dalam kondisi minim cahaya, salah satunya adalah mendekorasi kamar mandi. Kehadirannya juga mampu menjernihkan udara di dalam rumah dan menyerap racun.

8. Lidah Mertua

Tanaman hias dalam ruangan ini disebut Lidah Mertua. Menampilkan daun panjang dan meruncing, tanaman ini tegak dan indah saat dipasangkan dengan pot putih kontemporer. Banyak juga yang menyebutnya tanaman ular karena bentuknya yang mirip ular. Lidah mertua tidak mudah mengerut dan mudah dirawat.

9. English Ivy

Selain sebagai tanaman pot, ternyata tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman pagar yang cantik. Cocok ditempatkan di pot gantung, English ivy memiliki daun yang unik dan merupakan jenis sulur.

Alangkah baiknya jika anda memiliki tanaman yang satu ini dijaga agar selalu lembab, dan rajin menyeka daunnya. Debu yang menempel pada daun jika dibiarkan terlalu lama justru akan merusak daun English ivy.

10. Bunga

Warna merah cerah dari bunga ini benar-benar menarik perhatian masyarakat. Tak heran kehadirannya di dalam ruangan membuat suasana semakin menyenangkan.

Anthurium adalah tanaman hias dengan daun hijau lebar yang berbentuk seperti daun tetapi ditengahnya memiliki mahkota kuning menarik yang menyerupai jagung kecil. Anthurium Andraeanum jenis ini paling laris karena mampu menghilangkan senyawa berbahaya yang ada di udara.

11. Tanaman Jade

Tanaman Jade berasal dari suku tanaman sukulen yang tahan terhadap kekeringan. Tanaman hias ini dikenal sangat lambat pertumbuhannya, dan punya khas dengan daunnya yang tebal, hijau tua, dan berdaging.

Dalam hal ukuran, tanaman Jade adadlah  tanaman yang relatif mudah ditempatkan di bagian mana pun dari hunian. Yang terpenting, jangan lupa cepat-cepat memangkas jika salah satu daunnya busuk agar tidak menyebar ke daun lainnya.

  Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman

12. Sri Rezeki

Aglaonema merupakan tanaman hias suku talas yang sangat populer. Tanaman ini sering disebut sebagai tanaman sri rejeki yang diyakini dapat memberikan sumber penghidupan atau rejeki yang baik bagi pemiliknya, menjadikan tanaman hias indoor ini sebagai tanaman yang dicintai.

Tak hanya itu, warna dan bentuk daunnya yang khas juga bagus untuk pendamping di ruang tamu atau balkon rumah. Spesiesnya banyak dan mudah dirawat. Anda hanya perlu mengatur konsumsi sinar matahari dan menanam di tanah yang subur.

13. Swiss cheese plant (Monstera deliciosa)

tanaman hias indoor

Pernahkah Anda melihat tanaman ini baru-baru ini? Ya, tanaman swiss cheese plant atau Monstera deliciosa sedang naik daun belakangan ini sebagai salah satu tanaman modern. Selain bentuknya yang unik, tanaman ini juga dapat menyaring udara yang baik untuk kesehatan.

Termasuk tanaman tropis, Monstera deliciosa tidak bergantung pada sinar matahari sehingga bisa bertahan hidup di ruangan ber-AC! Jadi tanaman hias indoor ini juga cocok ditempatkan di ruangan ber-AC tanpa takut layu.

14. Bunga Anggrek

Siapa yang tidak suka dengan bunga ini? Nilainya yang sangat tinggi di kalangan pecinta tanaman membuat anggrek cukup laku di pasaran. Anggrek relatif mudah dirawat, jika anda mengerti cara merawatnya dengan baik.

Cahaya matahari salah satunya sebagai penentu pertumbuhan bunga ini. Oleh karena itu, ada baiknya untuk anda menjaganya agar terkena sinar matahari secara teratur.

15. Calathea Rufibarba

tanaman hias indoor

Namanya yang sulit diingat membuat tanaman hias daun dalam ruangan ini tak begitu populer. Namun, Calathea Rufibarba bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dekorasi rumah. Daunnya yang panjang, bergelombang, tipis membuatnya seperti tanaman semak.

Tanaman ini sangat cocok untuk pemula karena perawatannya yang mudah dan harganya yang cenderung terjangkau. Termasuk dalam tanaman tipe rumpun, Calathea dapat bertahan hidup di tanah yang lembab tanpa genangan air.

16. Tanaman Hias Indoor Karet

Tanaman karet atau rubber plant merupakan tanaman indoor yang menarik untuk dipertimbangkan. Meski warnanya cenderung gelap, tanaman karet mampu bertahan cukup baik dengan menyiramnya secara teratur dan memperhatikan asupan sinar matahari. Ketika kincir berpadu dengan pot berwarna cerah seperti putih, tanaman ini akan menarik perhatian.

17. Dragon tree (Dracaena draco)

Dapat ditemukan di Afrika dan Asia selatan hingga Australia utara, juga dianjurkan untuk memelihara pohon naga atau dragon tree (dracaena drago) di dalam ruangan karena dapat menyerap debu.

Dengan daunnya yang panjang dan pinggirannya yang berwarna-warni, Dracaena dapat mempercantik ruangan dan kamar tidur Anda.

18. Tanaman Indoor – Palem bambu

tanaman hias indoor

Anda juga dapat mempertimbangkan pohon bambu sebagai tanaman pembersih udara di rumah. Dari segi manfaat, pohon bambu dapat mempercantik ruangan dan menjernihkan polutan di udara seperti formalin, karbon monoksida, kloroform, dan lain-lain.

19. Palem kuning/Areca palm (Dypsis lutescens)

Selain pohon bambu, Anda juga dapat mempertimbangkan palem kuning atau pinang (Dypsis lutescens) sebagai tanaman pemurni udara dalam ruangan. Tentu saja karena tanaman hias indoor ini dapat menyerap polutan yang berbahaya bagi kesehatan jika terhirup secara berlebihan.

20. Krisan/Chrystanthemum

tanaman hias indoor

Sering dijadikan teh, tanaman krisan atau krisan bisa mempercantik ruangan. Diakui dalam Pencarian Tanaman Pemurni Udara pada tahun 1989 oleh NASA, tanaman krisan dapat menyaring polutan berbahaya dari udara dalam ruangan.

21. Peacock’s plant (Calathea makoyana)

tanaman hias indoor

Berasal dari Brazil, Anda bisa meletakkan tanaman merak (Calathea makoyana) di kamar Anda sebagai hiasan yang menyehatkan. Sesuai dengan namanya, tumbuhan merak dibedakan dari daunnya yang indah, mirip dengan bulu merak.

22. Tanaman Indoor – Philodendron

Lumayan populer di kalangan pencinta tanaman, philodendron dapat membuat rumah lebih sehat. Dengan daun yang lebar dan berbentuk unik, tanaman hias indoor ini dapat membuat ruangan terasa lebih asri.

23. Bromeliadtanaman hias indoor

 

Dengan tampilan yang cantik, bromeliad bisa Anda letakkan di dalam ruangan agar lebih estetis. Tanaman sepupu nanas ini benar-benar dapat menghilangkan senyawa berbahaya dari udara rumah hingga lebih dari 80 persen!

Sebelum menempatkan bromeliad di sebuah ruangan, pastikan untuk mengukur ukuran ruangan Anda terlebih dahulu. Hal ini mempengaruhi efektivitas bromeliad sebagai filter udara. Semakin besar ruangan, semakin banyak bromeliad yang harus Anda tanam atau semakin besar ukuran yang dibutuhkan.

Demikianlah pembahasan mengenai 24 Jenis Tanaman Hias Indoor Pembersih Udara Rumah. Semoga bisa menambah wawasan anda dan bisa menjadi referensi untuk rumah anda. terima kasih dan salam dewitani.com…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA