Fungsi dan cara kerja water pump pada mesin diesel

By | September 18, 2020

Wate Pump- dari bahasanya kita dapat mengenali jika elemen ini untuk memompa air, konsep kerjanya seperti kita punyai pompa air di rumah untuk mengisap air.

water pump

Mengapa pada mesin dibutuhkan pompa? buat menyirkulasikan air dari radiator ke blok mesin jadi dibutuhkan elemen penambahan yang dapat mengisap dengan optimal, jika cuma memercayakan saluran air alami dari radiator karena itu air tidak bersirkulasi secara cepat serta tidak dapat bersirkulasi sebab style gravitasi tidak kerja dimana letak selang radiator bertambah rendah daripada mesin.

karena itu dari hal di atas bisa kita simpulkan jika peranan dari water pump untuk sangat mungkin air radiator bisa bersirkulasi secara cepat buat mendinginkan blok mesin.

Langkah kerja water pump water pump berputar-putar sebab ada belt yang memutarnya tersambung dengan crank shaf hingga putarannya sangat cepat dan ada kipas radiator pada ujung water pump.

Pada water pump ada baling-baling, bila anda melepas water pump akan nampak dua lubang air, dimana baling baling itu akan berputar-putar mengisap air radiator dari exhoust pipe dimana air dingin keluar dari pipa itu.

setelah itu air akan didorong masuk ke arah blok mesin, air dingin lantas menggerakkan air yang telah panas di dalam blok mesin, bila air panas telah melebihi batas suhu karena itu katup termostat akan terbuka membuat air panas tergerak oleh baling-baling water pump keluar ke arah radiator lewat inhoust pipe.

demikianlah kurang lebih cara langkah kerja dari water pump untuk elemen yang membuat perputaran air pendingan jadi lancar.

Kerusakan pada Water pump water pump ini mempunyai fungsi yang perlu dalam skema pendingin bergandengan dengan kipas radiator yang dipasang pada tempat yang serupa, mereka pundak membahu mendinginkan mesin.

tetapi ada serta pasti datang saatnya elemen water pump ini akan alami kerusakan, apa kerusakan itu, saya coba meringkas dari apakah yang saya kenali serta alami.

  1. Bearing rusak kerusakan bearing pada water pump ini diikuti dengan terdengarkan suara noise yang cukup kuat pada tempat water pump.
  2. Baling-baling terkikis baling baling ini rusak sebab korosi cuma tersisa sedikit saja, kerusakan ini mungkin dikuasai oleh situasi air radiator yang membuat baling-baling dari besi ini korosi pada akhirnya terkikis habis.

kerusakan pada baling-baling ini cukup susah diketahui, terkadang justru tidak terpikirkan, sebab tanda-tanda dari baling-baling rusak ini ialah overheat, suhu cepat naik, tetapi tidak ada serapan air.

karena itu anda perlu membuatnya untuk poin cek saat menjumpai truk anda terperaturnya mudah panas.

demikian penjelasan saya kesempatan ini mengenai water pump mudah-mudahan berguna serta menolong anda, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.