Cara Menghidupkan Combine Harvester

By | September 20, 2020

 Assalamu alaikum.. salam sajehtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan info mengenai cara menghidupkan Combine Harvester.

Apa itu Combine Harvester ?

Combine Harvester adalah Alsintan pertanian yang kompleks dalam beberapa manfaat saat panen pada area tempat yang paling luas. Sebetulnya untuk tingkatkan produktivitas hasil pertanian, warga harusnya mengenali peranan penting dari implikasi alat ini, yang paling memberikan keuntungan dari sisi ekonomi

Combine harvester adalah alat mesin pertanian serbaguna dalam perlakuan hasil pertanian, beberapa jenis beberapa jenis combine dikeluarkan oleh Negara Jepang di tahun 1997. pada intinya combine adalah alat mesin pertanian kompleks yang di gunakan di saat saat panen (pemanenan) di area tempat yang luas dengan waktu yang relative singkat, misalnya pada padi. Kecuali memangkas combine bisa merontokkan padi dengan cara langsung dan mengarungkan padi pada sebuah proses sekaligus juga.

Berikut fungsi-fungsi serta langkah pengoperasian alat serta mesin pertanian combine pada area tempat :

Peranan beberapa bagian combine harvester

Reel : manfaatnya, menarik/mengait tangkai tanaman padi dari tempat tegak mengarah pisau pemotong.

Auger serta konveyor kanvas : Manfaatnya, kumpulkan tangkai padi yang telah terpotong kearahtengah dimana ada konveyor kanvas. Konveyor kanvas ini setelah itu bawa padi ini ke sisi Perontokan.

Silinder perontok : Manfaatnya merontokkan (melepas) butiran gabah dari malainya gabahdari tangkai yang baru masuk. Gabah yang masih tetap belum terpisah dari malainyayang masih terkumpul hasil dari penyaringan dibawa kembali lagi oleh konveyormangkok kebagian perontok untuk dirontokkan kembali lagi.

Unit pencuci/pembatas : Berperan untuk bersihkan padi yang sudah rontok dari potonganbatang, daun, malai serta benda asing yang lain. Mekanisme pembelahan serta pembersihanini berjalan beberapa step penayaringan serta penampian.

  1. Hidupkan combine

Combine memakai mesin yang bahan bakar diesel, dimana langkah menghidupkannya dengan skema starter yang memakai arus DC (baterei). Sebelum hidupkan tekankan serta lihat transmisi penting, pengontrol kecepatan, gas pada kondisi netral serta tongkat kopling pada kondisi parking.Putar kunci contact kekiri untuk pemanas busi pijar serta nantikan sampai lampu padam. Selanjutnya langsung putar kekanan untuk On-kan serta start diawali, jangan mengstarter lebih dari 5 detik sebab bisa menyebabkan over-hot langsung menghancurkan beberapa bagian skema itu.

  1. Memajukan/ jalankan serta mengundurkan combine.

Combine bisa bergerak maju bila mesin pendorongnya hidup,selanjutnya masukan gigi transmisi penting dengan kecepatan low, netral, high serta deep dengan porseneling maju 1,2 serta 3 serta mundur R. Tekankan pandangan operator/ pengemudi luruske depan atau mengatur semua skemanya supaya tidak ada hal-halyang tidak diharapkan atau memunculkan kecelakaan.

  1. Membelokkan combine

Skema pembelokan pada combine hampir sama juga dengan skema pembelokan pada traktor. Tetapi skema pembelokan combine bertambah efisien karena pembelokan combine mengarah kiri serta kanan bisa dioperasionalkan langsung cukup dengan satu tongkat saja.

  1. Hidupkan thresser, pisau pemotong pada combine

Skema thresser pada combine sama juga dengan skema thresser biasa tapithresser pada combine diperlengkapi dengan skema transmisi pengontrol kecepatan pemutaran. Tarik tuas thresser,selanjutnya cocokkan kecepatan putarannya agar kan padi serta jerami dirontokkan semasa 2-3 menit. Apabila ingin memangkas padi, tarik tuas pisau lantas cocokkan dengan kecepatan putarannya dan jarak pemangkasannya.

  1. Hentikan combine

Combine bisa disetop dengan perlahan, yaitu cukup tarik tuas kopling keposisi parking atau mencapai handle kopling selanjutnya off-kan semua skema transmisi. Karena combine diperlengkapi dengan sistem pengereman hidraulik automatis bukanlah manual.

Skema Transmisi

Ketidaksamaan penting mesin combine dengan mesin reaper dalam beberapa bagian intinya ialah jika pada mesin ini diperlengkapi dengan mesin perontok gabah serta pencuci gabah. Kecuali daripada itu, dari mesin ini tidak adamekanisme tali pengikat.

Sebab tangkai padi yang terpotong dibawa langsung dandijepit kebagian perontok, dimana gabah yang sudah rontok dilanjutkan kebagianpembersih dengan skema hembusan oleh kipas, sedang tangkai, daun dangabah hampa dibuang ke atas permukaan tanah.

Sebab untuk memudahkan perjalanan di atas permukaan tanah yangumumnya basah, pada mesin combine roda yang dipakai ialah roda rantai (seperti kendaraan yang dipunyai Militer “tank”). Roda rantai ini disebutkan roda “crawler” yang mempunyai tingkat flesibilatas serta cengkraman yang tinggi untuk semua situasi tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.