7 Cara Memandikan Kelinci Dengan Teknik Kering

By | Oktober 12, 2020

Mungkin dari kita ada yang alami dilema mengenai memandikan kelinci, apa beresiko atau malah bagus untuk kelinci. Persoalan ini pernah saya ulas pada artikel awalnya, jika memandikan kelinci memang beresiko tetapi bila kita mengenali tekniknya maka aman.

Untuk anda yang tidak mau ambil risiko memandikan kelinci dengan air karena itu tehnik memandikan kelinci dengan tehnik ini akan bermanfaat. Namun memerlukan waktu semakin lama dan ketekunan. Pada intinya kelinci ialah hewan yang paling cinta kebersihan.

Di alam liar mereka bersihkan diri dengan menjilati badan mereka atau dapat juga dengan bergulir pada pasir kering atau rumput-rumputan. Oleh karenanya kadang kita menemui kelinci liar yang terus nampak bersih walau tidak ada seorang manusiapun yang coba memandikanya. Ya sebab mereka telah diberi dengan kekuatan bersihkan diri semenjak mereka dilahirkan.

Yang pertama kita harus sediakan perlengkapan seperti;

  • Sisir kawat
  • Sisir kutu
  • Bedak kering kelinci
  • Matt splitter
  • Gunting kuku
  • Cutton bud
  • Baby oil
  • Hair Dryer (Optional)

CARA MEMANDIKAN KELINCI TEKNIK KERING

Buat persiapan Kelinci

Ok, sesudah seluruh bahan disediakan karena itu seterusnya kita perlu keluarkan kelinci dari kandang. Letakkan pada meja yang lumayan tinggi supaya kelinci tidak pergi begitu jauh. Umumnya kelinci takut akan ketinggian hingga mereka mustahil kabur begitu jauh. Taburkan Bedak Kering

Taburkan bedak kering

pada bulu kelinci yang kotor lalu usap-usap dengan cara perlahan-lahan. Di bagian yang kotor dapat dilaksanakan dengan dipelintir-pelintir sampai kotoran atau sisa lumpur rontok. Kerjakan cara ini berkali-kali terutamanya di bagian yang nampak kotor saja. Memang tehnik memandikan kelinci dengan tehnik kering tidak secepat dengan tehnik basah. Tetapi keamananya jauh semakin besar.

Pemakaian bedak kering ini dapat ditukar dengan memakai tepung jagung atau bedak bayi. Tetapi bila anda memakai bedak spesial kelinci akan memperoleh beberapa faedah lainnya seperti mendapatkan kelembutan pada bulu, hilangkan kutu dan memperoleh wewangian harum.

Sisir Bulu Kelinci

Sesudah beberapa kotoran yang melekat pada bulu sudah bersih, karena itu hal yang perlu dilaksanakan ialah menyisir bulu kelinci dengan alat sisir kawat. Alat ini didesign spesial untuk binatang dengan bulu lembut seperti kelinci, umumnya dapat anda peroleh di pet shop paling dekat. Dengan sisir ini kita semakin lebih gampang hilangkan bulu kelinci yang sudah mati serta rontok. Menyisir kelinci dengan cara periodik dapat kurangi kerontokan bulu kelinci yang semakin besar.

Kemudian coba tukar menyisir kelinci dengan memakai sisir kutu. Ini diinginkan dapat menangani persoalan kutu yang bersembunyi antara bulu kelinci.

Menangani Bulu Gimbal

Menangani bulu kelinci yang gimbal dapat dilaksanakan dengan memakai alat spesial yakni matt splitter. Alat ini dapat merinci bulu yang gimbal lebih lembut hingga tidak menyakiti kelinci. Alat ini dapat kita peroleh di pet shop paling dekat.

Pakai Hair Driyer

Pemakaian Hair driyer dilakaukan untuk tiup keluar tersisa bedak yang masih ada di antara bulu. Lihat penataan temperatur udara yang keluar dari mesin itu. Tekankan tidak panas sebab kulit kelinci benar-benar peka pada panas. Pada mandi basah umumnya memakai penataan hair driyer yang hangat, sedang pada mandi kering anda dapat memakai penataan dingin atau hangat, yang perlu jangan penataan suhu temperatur yang panas.

Bila tidak mempunyai mesin pengering rambut (hair driyer) karena itu tidak jadi masalah. Cukup usap-usap bulu kelinci sampai bedak tidak mengepul keluar, itu pertanda telah tidak lagi ada tersisa bedak di antara bulu.

Potong Kuku Kelinci

Memangkas kuku kelinci perlu dilaksanakan. Mengingat bila di alam liar mereka akan mengeduk tanah untuk bikin sarang, disamping itu untuk kurangi panjang dari kuku mereka. Tetapi bila dalam kandang pasti pekerjaan mengeduk tanah tidak dapat mereka kerjakan hingga kuku tetap akan tumbuh. Oleh karenanya penting untuk kita untuk memotongnya.

Kerjakan secara berhati-hati serta lihat supaya tidak memangkas habis kuku kelinci kecintaan kita. Pemangkasan kuku begitu ke pangkal akan membuat kelinci kita gampang terinveksi bakteri di bagian jari-jari kaki. Oleh karena itu penting untuk tersisa cakar pada kelinci kita. Bersihkan Telinga Kelinci

Bersihkan telinga

kelinci dapat dilaksanakan dengan memakai cutton bud serta baby oil. Membersihkan telinga sisi dalam dengan cara perlahan-lahan sebab disitu ada kotoran yang menjadi sarang bakteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.