Cara Menentukan Umur Kambing atau Domba Dari Susunan Gigi

By | Januari 6, 2020

Dalam beternak kambing atau domba mengetahui umur binatang tersebut sangat penting karena berhubungan dengan proses pemeliharaanya, Seperti dalam menentukan calon indukan atau memilih bibit yang akan digemukan. Pada umumnya kambing atau domba muda yang masih berumur dibawah 10 bulan memiliki pertumbuhan yang pesat. Dan jika sudah 1,5 tahun keatas, biasanya pertumbuhan kambing akan semakin melambat.

Lantas bagiamana mengetahui umur seekor kambing atau domba, Cara yang paling akurat dalam menentukan umurnya ialah dengan cara melihat kartu catatan produksi atau regristrasi kambing yang bersangkut. Akan tetapi, cara seperti ini di Indonesia jarang dilakukan, biasanya para peternak hanya mengingat tanggal dan bulan kapan kambing tersebut dilahirkan.

Adapun cara lain untuk mengetahui umur kambing atau domba yakni dengan melihat kondisi giginya.

Susunan gigi pada kambing atau domba memiliki 2 macam jenis gigi, pertama ialah gigi susu (temporary teeth) dan yang kedua adalah gigi dewasa (permanent teet). Seiring dengan bertambahnya umur kambing atau domba maka gigi susu akan tanggal dan berganti dengan gigi dewasa.

  • Pada umur 1 tahun kebawah, gigi susu belum ada yang tanggal
  • Pada umur 1 hingga 1,5 tahun, sepasang gigi susu tengah akan berganti dengan gigi tetap
  • Dua pasang gigi susu tengan akan berganti dengan gigi tetap, setelah berumur 1,5 hingga 2 tahun
  • Pada umur 2,3 hingga 3 tahun tiga pasang gigi susu akan berganti dengan gigi tetap
  • Setelah kambing atau domba berumur 4 tahun seluruh gigi susu sudah berganti dengan gigi tetap.
  • Pada umur  5 tahun keatas gigi tetap sudah mulai usang dan ada yang tanggal. Ini menandakan kambing atau domba sudah berusia lanjut.

Lantas jika Anda bertanya bagaimana mengetahui umur kambing yang berumur 2 hingga 2,5 tahun dan 3 hingga 3,5 tahun ???

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda hanya perlu melihat berapa banyak gigi seri yang terasah terakhir berganti. Apabila gigi seri belum terasah itu menandakan kambing berumur 1,5 hingga 2 tahun.

Apabila gigi seri pasangan keduanya sudah terasah banyak dan gigi seri susu pasangan ketiga belum tanggal. ini menandakan kambing masih berumur 2 hingg 2,5 tahun. Dan jika gigi seri susu ketiga telah terasah banyak dan gigi seri susu keempat belum tanggal, itu merupakan pertanda jika kambing sudah berumur 3 hingga 3,5 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.