Cara Ternak Bebek Peking Agar Cepat Besar

By | November 2, 2019

Di Indonesia sendiri masih sangat sedikit yang beternak bebek peking secara intensif. dibandingkan dengan bebek lokal, bebek peking memiliki banyak keunggulan, seperti lebih tanah terdapat serangan penyakit, tidak memperlukan banyak air, dan untuk pemperoleh bobot 2-3 Kg. Hanya membutuhkan waktu 45 hari saja, sedangkan untuk bebek lokal memperlukan waktu 2 hingga 3 bulan.

ternak bebek peking

Selain itu Permintaan bebek peking dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan terutama di kota-kota besar, sekarang sudah banyak restoran yang di dafta menunya menyediakan olahan dari bebek peking. Hal ini karena bebek peking memiliki tektur daging yang empuk, lembut, gurih,  dan kaya akan gizi. Oleh sebab itu restoran-restoran banyak yang memilih daging bebek peking dibandingkan bebek lokal.

Bagaimana cara beternak Bebek Peking?

Cara beternak bebek peking terbilang cukup mudah dan hampir sama dengan bebek lokal. Beternak bebek peking meliputi pembuatan kandang, pemeliharaan bibit, pemberian pakan, dan penanggulangan penyakit pada bebek.

Ada beberapa tahap dalam beternak bebek peking, antara lain sebagi berikut :

Pembuatan Kandang

Dalam proses beternak bebek peking tidak memperlukan banyak air, kecuali untuk minumnya saja. oleh sebab itu bentuk kandang yang ideal adalah kandang kering postal.

Dalam kandang postal bebek peking dipelihara dalam satu ruangan besar dengan jumlah ternak tertentu, dimana dalam pemberian pakan dan minum ditempatkan di dalam areal kadang,

Pemeliharaan dengan kandang postal lebih menguntungkan karena bebek lebih banyak menghabiskan waktu di dalam areal kandang dan energi yang ada akan membentuk daging sehingga bebek akan tumbuh dengan cepat.

Selain kandang postal, ada dua tipe kandang lagi yang dapat Anda gunakan untuk beternak bebek peking. Yakni :

Kandang Ranch

Kandan tipe ini merupakan kandang pengembangan dari tipe kandang postal, di mana dalam kandang tipe ranch ini selain ada ruangan tempat ternak juga ada halaman, yang ditujuakan sebagai tempat bermain bebek peking.

Tipe kandang ini juga sangat cocok, untuk Anda yang ingin beternak secara serius.

Kandang Battery

Keunggulan kandang battery dibandingkan kandang jenis lain adalah mempermudah dalam pengontrolan.

Dengan kandang ini kondisi ternak dapat dikontrol secara satu persatu, apakah produktivitasnya tinggi atau rendah, begitu juga dalam pengontrolan penyakit akan lebih muda dalam penangannya.

Adapun kekurangan kandang ini adalah, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kandang relatif tinggi dibandingkan tipe kandang lain, sedangkan sistem perkawinan juga harus menggunakan kawin buatan (insiminasi buatan) tentunya dengan sistem kawin buatan ini peternak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Tipe kandang ini, ternak dikandangkan satu persatu dalam satu kotak, dengan ukuran yang hanya cukup untuk 1 ekor bebek peking. Adapun ukuran kandang yang ideal adalah panjang 45 cm X lebar 45 cm X tinggi 35 cm.

Tahap Pemeliharaan

Memilih bibit bebek pedaging (DOD) yang berkualitas baik

Salah satu kunci keberhasilan dalam beternak bebek peking adalah memilih bibit unggulan ketika awal pemeliharaan. Ada beberapa ciri-ciri DOD peking agar memperoleh hasil pertumbuhan yang cepat.  Antara sebagai berikut :

  • Berasal dari indukan unggulan.
  • Ukuran DOD sama rata yakni satu ekornya minimal berbobot 40 gram
  • DOD memiliki bulu yang bersih dan kering.
  • Kedua matanya melek dan jernih.
  • Pergerakannya lincah.
  • Tidak ada cacat terutama pada kaki (pincang).
  • DOD memiliki nafsu makan tinggi.
  • Postur tubuh tegap.
  • Bebas dari penyakit unggas.
  • Untuk bagian dubur dan kloaka kering.

Setelah memperoleh bibit yang baik, selanjutnya adalah pemeliharaan di mana biasanya ini merupakan masa-masa yang sulit sehingga tidak sedikit yang gagal dalam tahap ini.

Pemeliharaan anak bebek peking dimulai ketika bebek berumur 1 hari hingga berumur 60 hari, dimana anak-anak bebek dipelihara dalam kandang khusus yakni untuk kandang anak dengan memakai pemanas. Pemanas ini bertujuan untuk menghangatkan DOD pengking, karena pada usia 1-14 hari anak bebek tidak tahan dengan cuaca dingin dan bulunya belum tumbuh sempurna.

Setelah bebek berumur 15 hari keatas bebek sudah dapat menahan hawa dingin sehingga tidak memperlukan lagi pemanas.

Proses Penggemukan

Untuk memperoleh bobot yang optimal, pakan yang diberikan harus mengandung unsur-unsur berikut ini :

  • Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi, tenaga (energi) ini digunakan dalam setiap aktivitas didalam tubuh dan pergerakan bebek. Sumber pakan yang mengandung karbohidarat seperti beras, jagung, ubi, sorgum, dan dedak padi.

  • Mengandung Protein

Protein sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan, serta memperbaiki sel-sel jaringan yang telah rusak. Pakan ternak yang mengandung banyak protein seperti, Bekatul, Jagung, Eceng kondok, konsetrat bebek layer, gandum,bekicot, remis, tepung tulang, keroto, ikan, dan sayuran hijau.

  • Mengandung Lemak

Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga cadangan bagi bebek pecing. Selain itu lemak akan mempercepat proses penggemukan bebek. Pakan yang mengandung lemak adalah jagung, kedelai dan minyak ikan.

Adapun syarat Pakan yang baik untuk ternak bebek adalah sebagai berikut :

  1. Ramsun disusun dari bahan-bahan makanan yang mengandung protein, lemak, serat kasar, vitamin dan mineral.
  2. Jumlah pakan yang diberikan disesuaikan dengan umur bebek dan jumlah bebek.
  3. Tempat pakan harus selalu dalam kondisi bersih dan kering.

Apabila Anda mengalami kesuliatan dalam pembuatan pakan Alami, Anda juga dapat memberikan pakan buatan pabrik seperti 511/BR 1. Pemberian pakan dilakukan dua kali dalam sehari yakni di pagi dan sore hari.

Tips Agar bebek Sehat

  1. Menjaga Sanitasi

Sanitasi memegang peranan penting dalam usaha pencegahaan penyakit. Sanitasi meliputi kebersihan kandang, kebersihan peralatan kandang, dan kebersihan pakan.

  1. Pemberian Runagan Gerak

Sama seperti manusia bebek juga perlu bergerak, bebek yang dipelihara secara intensif mempunyai ruang gerak yang terbatas. Oleh sebab itu untuk membuat bebek tetap nyaman Anda harus pandai mengatur ruangan pemeliharaan dengan baik.

  1. Cara pemberian pakan

Secara tidak kita sadari pemberian pakan sisa dapat membuat bebek menjadi sakit. Pakan yang telah ditumbuhi jamur, berbau apek dan sudah berkutu. Sebaiknya  tidak diberikan ke bebek peking. Usahakan Anda memberikan pakan yang bersih, dan terbebas dari pakan yang dat menimbulkan penyakit pada bebek.

Ramuan Herbal Untuk Kesehatan Bebek

  • Untuk menyehatkan badan

Bebek diberi rebusan gula dan asam 2 – 3 kali dalam satu bulan. Cara pemberiannya dengan mencampurkannya dalam air minum.

Ramuan dari daun katuk

Daun katuk diangin-anginkan hingga layu, kemudian jemur hingga kering. Haluskan daun katuk dengan cara di tumbuk atau digiling.  Daun siap digunakan sebagai pakan ternak atau.

Selain itu anda juga dapat memberikan rebusan daun pepaya.

Baca Juga

 Inilah 7 Cara ternak Entok Biar Cepat Gemuk

Analisis Usaha Beternak Entok 100 Biji

Cara Membuat Kandang Bebek Peking dan Entok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.