√ 10 Manfaat Air Cucian Ikan Bagi Tanaman

By | Mei 11, 2020

Dewitani.com — Air bekas mencuci ikan biasanya hanya dibuang tidak dimanfaatkan lagi. Namun, mulai dari sekarang sebaiknya Anda tidak membuangnya lagi. Sebab, air bekas cucian ikan sangat bermanfaat untuk menopang pertumbuhan tanaman.

Lantas Apa saja kandungan air cucian ikan ?

Air cucian ikan yang berwarna merah mengandung unsur hara yang sangat dibutuhkan bagi tanaman yakni unsur Nitrogen (N) unsur ini diperoleh dari darah ikan yang ikut terlarut dalam air.

Selain itu, air cucian ikan juga mengandung beberapa unsur hara penting bagi tanaman seperti, Fosfor (P), kalium (K), Kalsium (Ca), Besi (Fe), magnesium (Mg), mangan (Mn), Seng (Zn), Vitamin A, D, B6, dan B12.

Manfaat Air Cucian Ikan Bagi tanaman

Berikut ini manfaat air cucian ikan untuk tanaman :

  1. Memberikan unsur hara makro dan mikro tambahan bagi tanaman
  2. Menyediakan unsur harag nitrogen (N) bagi tanaman
  3. Mempercepat pertumbuhan akar, batang, cabang dan daun pada tanaman yang masih dalam fase vegetatif.
  4. Mempercepat munculnya bunga pada tanaman.
  5. Mempercepat pembuahan.
  6. Mencegah kerontokan daun, bunga, dan buah.
  7. Menyuburkan tanaman.
  8. Mencegah tanaman terserangan hama dan penyakit.
  9. Meningkatkan aktivitas mikroorganisme tanah yang menguntungkan bagi tanaman
  10. Memperbaiki sifat-sifat tanah seperti meningkatkan aerasi tanah, meningkatkan daya serap air, dan memperbaiki struktur tanah.

Secara lebih terperinci manfaat yang akan diperoleh dari penggunaan Air cucian ikan untuk tanaman adalah sebagai berikut :

Mampu menyuburkan tanah dalam waktu yang panjang

Karena air cucian ikan termasuk pupuk organik yang ramah lingkungan. Jadi jika digunakan dalam waktu yang panjang tidak membahayakan bagi kesuburan tanah . Dengan memberikan air cucian ikan akan membuat mikroganismi didalam tanah semakin terjaga dan bekerja lebih maksimal.

Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan bahan organik sebagai pupuk, tentu saja lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan menggunakan pupuk yang berbahan kimia yang dapat merusak tanah. Selain itu, penggunaan air cucian ikan sangat aman bagi kesehatan. Lingkungan akan terasa lebih sejuk tanpa senyawa kimia dan kualitas tanah menjadi semakin baik.

Nutrisi Tanaman Dapat Terpenuhi

Kandungan unsur hara yang terkandung di dalam air cucian ikan seperti nitrogen, fosfor dan kalsium. Dengan unsur hara yang dimiliki oleh air cucian ikan akan membuat segala jenis tanaman akan terpenuhi gizi dan nutrisinya.

Dapat Meningkatkan Interaksi Antar Ion Yang Ada Dalam Tanah

Apabila ditinjau dari sifat kimiawi, air cucian ikan dapat meningkatkan kemampuan tanah dalam interaksi antar ion dalam tanah atau bisa disebut dengan kapasitas tukar kation. Jenis tanah yang memiliki kapasitas kation tinggi bisa menyediakan unsur hara lebih banyak bagi tanaman, sehingga membuat tanaman tumbuh lebih subur.

Untuk Pengaplikasiannya pada tanaman, biasanya yang digunakan untuk menyiram tanaman adalah air cucian yang pertama. Sebab air cucian yang pertama konsentrasi kandungan nutrisinya lebih tinggi.

Agar lebih aman dan memberikan manfaat yang baik bagi tanaman, maka sebaiknya air cucian ikan itu diencerkan terlebih dahulu jika warna airnya sangat pekat.

Namun, jika air cucian ikan itu sudah berwarna pudar, mungkin terlalu banyak air ketika ikan dicuci, Anda dapat langsung memberikannya ketanaman.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 10 manfaat air bekas cucian ikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kita semua.

SALAM LESTARI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.