√ 9 Cara Membuat Pupuk Kascing Cair Sendiri Di Rumah

By | Mei 13, 2020

Cara Membuat Pupuk Kasing Cair — Pupuk kascing merupakan pupuk alami yang berasal dari kotoran cacing yang sudah difermentasi sendiri oleh si cacing.  Berbeda dengan pupuk organik lainnya pupuk kascing memiliki tekstur yang sangat halus seperti pasir, yang berwarna hitam, homogen, tidak mengeluarkan aroma yang bau sama sekali.

Pupuk kascing sangat bermanfaat untuk menggemburkan tanah dan membuat tanah menjadi lebih subur. Selain itu, pupuk kascing juga dianggap lebih baik dibandingkan dengan jenis pupuk organik lainnya. Jika dibandingkan kandung unsur haranya. Pupuk kascing memiliki unsur hara yang sangat tinggi yakni, nitrogen  (N) 1,79%, kalium (K) 1,79%, fosfat (P)0,85%, kalsium (Ca) 30,52%, dan karbon (C) 27,13%.

Untuk membuat pupuk kascing biasanya cacing yang digunakan ialah cacing tanah spesies Lumbricu rubellus. Namun, jika susah untuk mendapatkan cacing jenis tersebut Anda dapat menggantinya dengan jenis cacing tanah lokal yang banyak ditemukan di kebun-kebun.

Dari segi pembuatannya, pupuk kascing sangatlah mudah yakni Anda hanya perlu memberikan makan cascing makanan. Dengan sendirinya cacing akan mengeluarkan kotoran kotoran tersebut lah yang akan menjadi pupuk kascing.

Syarat Hidup Cacing :

  1. Media untuk budidaya cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yang banyak.
  2. Bahan-bahan organik tanah dapat berasal dari serasah (daun yang gugur), kotoran ternak atau tanaman dan hewan yang mati. Cacing tanah menyukai bahan-bahan yang mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya.
  3. Untuk pertumbuhan yang baik, cacing tanah memerlukan tanah yang sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. Dengan kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dapat bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi.
  4. Kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing tanah adalah antara 15-30 %.
  5. Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah dan penetasan kokon adalah sekitar 15–25 derajat C atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi dari 25 derajat C masih baik asal ada naungan yang cukup dan kelembaban optimal.

Berikut ini panduan cara membuat pupuk kascing yang baik dan benar :

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 2 kg cacing.
  • Bahan organik yang mengandung serat yang tinggi seperti jerami, sabut kelapa, batang pisang  yang sudah dikeringkan sebanyak 5 kg.
  • Media pembudidayaan cacing, dapat berupa kotak kayu atau karung plastik.
  • Air secukupnya.
  • Makanan untuk menunjang pertumbuhan cacing, dapat berupa sayuran yang telah digiling, atau kotoran ternak seperti  kotoran sapi, kerbau, kambing yang sudah diencerkan.

9 Cara Membuat Pupuk Kascing Cair

  1. Jika bahan-bahan organik masih basah, maka terlebih dahulu dikeringkan dengan cara di angin-anginkan (Tidak terkena matahari langsung), selama pengeringan lakukan penyiraman setiap hari dan setiap 3 hari sekali bahan2 dibalik. lakukan pengeringan selama 7-14 hari.
  2. Apabalia sudah kering, masukkan bahan-bahan organik tersebut ke dalam kotak kayu yang sebelumnya sudah dilapisi plastik atau karung plastik. Untuk 2 kg cacing ukuran kotak kayu yang diperlukan kurang lebih 1 X 1 X 0,10 Meter.
  3. Masukkan cacing ke kotak kayu, setelah itu tutup wadah dengan potongan batang pisang. Hal ini bertujuan agar cacing terlindungi dari pancaran sinar matahari.
  4. Berikan pakan sehari sekali sebanyak berat cacing yang dimasukkan. (Jika cacing yang dimasukkan 2 kg maka pakan yang diberikan sebanyak 2 kg juga). Cacing akan dipelihara selama  42 hari.
  5. Selama proses pembuatan amati dan catat kondisi suhu setiap harinya dengan menggunakan termometer.
  6. Proses pemanenan, dapat dilakukan jika bahan organik yang diberikan sudah habis dimakan oleh cacing dan telah menampakkan butiran kotoran cacing di permukaan tanah.
  7. Untuk proses pemanenan dapat dilakukan dengan cara, menumpukkan bahan (Kascing) menjadi gundukan supaya cacing dapat turun ke bawah gundukan.
  8. Setelah sekiranya cukup kascing dikeringkan dengan ara diangin-anginkan kemudian di ayak. Pengayakan bertujuan untuk mendapatkan kascing yang halus dan dapat mengambil cacing dan telur.
  9. Cacing yang sudah dipanen dapat digunakan lagi untuk proses pembuatan kascing selanjutnya.

Manfaat Menggunakan Pupuk Kascing

  1. Mengandung Mikroba Tanah dan Mampu merangsang pertumbuhan

Selain mengandung unsur N,P, dan K yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, ternyata pupuk kascing juga mengandung mikroba tanah dan hormon pertumbuhan. Adapaun kegunaan Mikroba tanah yakni untuk memperbaiki sifat fisik tanah serta mengurai zat-zat kompeks dalam tanah menjadi unsur nutrisi yang dapat diserap tanaman (membantu mengurangi dosis pupuk kimia), sementara hormon pertumbuhan (auksin, sitekinin, giberelin) sangat berperan penting dalam pertumbuhan tanaman, terutama dimasa tunas.

2.Peningkatan pertumbuhan

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh State University, Cornell University, UC Davis di Amerika, dan Australia SIRO pupuk kascing ternyata berguna untuk membuat ukuran buah lebih besar, memperbanyak buah, kualitas, dan warnanya.

 3. Memperbaiki sifat fisik tanah

Pemberian kasing secara rutin mampu memperbaiki struktur tanah, permeabilita, prositas, dan meningkantkan kemampuan untuk menyimpan dan menahan air. Selain itu, kascing juga dapat memperbiaki unsur kimia tanah seperti meningkatkan kemampuan untuk menyerap kation sebagai sumber hara makro dan mikro, meningkatkan PH pada tanah asam dan sebagainya.

4. Mengurangi dosis pupuk kimia

Penggunaan kascing mampu mengurangi penggunaan pupuk kimia dan meningkatkan penggunaan pupuk organik sehingga mengurangi pencemaran lingkungan.

5. Dapat menahan air/kelembapan

Pupuk kascing dapat menahan air dengan kapasitas sebanyak 40% – 60%, sehingga sangat baik dalam menjaga kelembapan

6. Bio-pestisida

Kandungan mikro organisme yang terdapat dalam kasicng mampu menstimulus organisme pada tanaman yang bekerja sebagai pencegah berbagai jenis serangga dengan meningkatkan enzim chitinase. Juga sebagai pencegahan terhadap semut

7.Tidak Beracun

Semua bahaya yang ditakutkan pada penggunaan pertanian kimia tidak ada pada Pupuk Kascing, karena memang tidak mengandung racun sama sekali.

8.Tidak panas

Pupuk Kascing merupaan terbuat dari bahan organik maka tidak mengandung garam yang ditemukan di pupuk sintetik, yang berarti menghilangkan kemungkinan merusak tanaman.

9. Tidak berbau

Pupuk Kascing merupakan satu-satunya kotoran hewan yang tidak berbau. Pupuk Kascing berbau seperti tanah sehat yang subur.

10. Penghilang jamur pada tanaman

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh 4 universitas besar di Amerika membuktikan bahwa pupuk kascing dapat mengontrol jamur. Tanaman diberikan pupuk kascing yang mengalami masalah dengan jamur akan menunjukkan perbaikan yang permanen. Semua jamur tanah dengan cepat akan terkontrol. Nitrogen yang dilepaskan pada waktu proses ini juga akan membantu dalam pertumbuhan tanaman.

Demikianlah ulasan singakat mengenai 10 Cara Membuat Pupuk Kascing Cair. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca semuaa.

SALAM LESTARI…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.