Cara Merawat Begonia Agar Tumbuh Subur

By | Mei 1, 2021

Cara Merawat Begonia – Begonia ialah tumbuhan tropis yang banyak dicari orang untuk dipeliihara sebagai tanaman hias. Antara bermacam tipe begonia, Rex Begonia adalah yang paling disukai.

Tanaman ini dikenali dengan warna daunnya yang menonjol dan benar-benar cantik. Mereka kerap mempunyai daun besar dengan panjang sampai 6 inch yang warna ceria dalam bermacam warna seperti hijau, merah, perak, serta ungu.

Anda sebagai pemula kemungkinan telah membeli bunga begonia dan ingin lekas menanam. Atau, Anda telah lama kenalan dengan bunga elok ini, tetapi tidak pernah menghias rumah Anda alias tidak subur dan cantik.

Jika semacam ini ceritanya, telah pas Anda di artikel ini karena kita ingin bahas cara merawat begonia supaya tumbuh subur.

tanaman hias Begonia

Begonia tanaman hias elok dan enak dilihat

Sebagian besar pencinta tanaman hias tahu jika Bunga begonia sebagai tanaman hias yang elok dan enak dilihat. Karena itu, tidaklah aneh jika sampai saat ini ada banyak yang membidiknya.

Warna daun begonia, bunga, dan polanya lumayan menarik. Jika ditempatkan di teras rumah, begonia akan mempercantik penampakan rumah Anda. Namun ada ketentuannya. Anda harus rajin dan pahami cara merawat begonia agar subur dan mendatangkan sejuta keelokannya.

Bunga begonia dapat ditanamkan di pot gantung

Kecuali bisa ditanamkan langsung ditanah seperti taman depan rumah, begonia cukup cocok bila ditanamkan dalam pot gantung. Maka menanam bunga elok ini dapat disamakan dengan tempat dan design rumah Anda.

Berbicara tipe, sebenarnya lumayan banyak tipe bunga begonia. Semua tipe begonia cantik. Beberapa macam begonia yang elok dan mempesona misalkan, begonia rex merah, begonia polkadot, begonia keong, begonia pink, dan sebagainya.

BACA JUGA :  Kelebihan dan Manfaat dari Fungisida Trendsida™ 70WP

Tetapi yang pasti, seluruh orang punyai opsi masing-masing pada tipe begonia. Demikian pula dengan Anda tentu punyai opsi tipe begonia yang lumayan menarik di mata dan hati Anda, yang selanjutnya ditanamkan dan dirawat secara baik.

Jenis – jenis Tanaman Begonia

Begonia Rex

Begonia rex atau juga dikenal dengan painted leaf begonia ialah variasi yang paling dikenali oleh pecinta tanaman hias.

Mempunyai varietas yang banyak, tanaman ini benar-benar menguasai bila diperbandingkan dengan tanaman lainnya.

Beberapa karakter dari tanaman ini ialah daunnya yang diberi berkah dengan beberapa warna dan banyak wujud, skema, dan ukuran yang dapat diputuskan.

Begonia Rhizomatous

Begonia rhizomatous, kerap dikatakan sebagai begonia non-rex, digemari oleh beberapa orang karena penampilan daunnya yang bagus sekali dan bunga yang besar.

Karena sangat besarnya, ukurang bunga dari variasi begonia yang ini dapat tutupi keseluruhnya tubuhnya.

Tanaman ini juga mempunyai bermacam tipe ukuran, dimulai dari yang kecil sampai besar.

Begonia “Freddie” ialah variasi begonia rhizomatous dengan daun yang lebarnya dapat capai 1 mtr..

Beberapa macam dari variasi begonia yang lain mempunyai karakter daun yang berbulu, wujud seperti lingkaran, dan wujud seperti bintang.

Begonia Cane

Begonia cane mempunyai penampilan yang tidak kalah cantik dan unik dibanding beberapa varian yang telah disebut sebelumnya.

Salah satunya daya magnet dari tanaman hias ini ialah daunnya yang seperti sayap, hingga tipe begonia ini dipanggil sebagai tanaman sayap malaikat.

Ada juga begonia cane dengan bunga yang memiliki ukuran besar yang keluarkan wewangian harum.

Umumnya, variasi yang ini ditempatkan di luar ruang di siang hari dan ditempatkan di waktu malam datang.

Daunnya sendiri mempunyai banyak macam warna, dimulai dari merah muda, ungu, sampai putih.

Begonia Shrubs

Setelah itu tanaman begonia shrubs yang mempunyai berbagai macam varietas, dimulai dari yang kecil sampai yang ukuran dapat capai 4 mtr..

Disamping itu, tanaman yang ini mempunyai banyak rupa dan wujud.

Ada yang mempunyai penampilan yang bercahaya dan ada pula yang mempunyai bulu-bulu lembut seperti kain beludru.

BACA JUGA :  10 Cara Menanam dan Memelihara Tanaman Hias Pakis di Rumah

Untuk berwarna sendiri, sejumlah besar bunganya warna putih, tetapi ada pula yang warna merah dan merah muda.

Thick Stemmed Begonia

Walau tidak tumbuh terlampau subur, variasi begonia yang ini mempunyai banyak wujud.

Ini disebabkan karena batangnya yang paling tebal.

Umumnya begonia tipe ini tidak bercabang, tetapi keluarkan tunas dari bawah tanah.

Daun-daun dari thick stemmed begonia memang terlihat kelihatan layu, tetapi it ialah hal yang wajar untuk tanaman yang ini.

Disamping itu, begonia ini cuman tersisa daun dan sisi atas tanamannya saja.

Tentunya, hal itu menjadi “panorama” yang paling memikat buat disaksikan.

Begonia Lilin (Semperflorens)

Sesuai namanya, Begonia lilin, atau umum juga dikenal bernama semperflorens mempunyai daun yang terlihat seperti dilapis lilin.

Umumnya, tanaman yang ini ditanamkan secara bergerombol dan membuat sebuah skema dalam suatu taman.

Daun dari tanaman ini beberbentuk lingkaran dan berwarna sendiri terbagi dalam bermacam jenis, dimulai dari merah, putih, sampai merah muda.

Daunnya sendiri umumnya mempunyai dua warna, yaitu hijau dan perunggu.

Tetapi, beberapa macam tanaman ini juga banyak yang mempunyai daun warna putih.

Tuberous Begonia

Bila diandingkan dengan tanaman begonia yang lain, variasi begonia yang ini mempunyai penampilan bunga yang paling elok.

Ukuran bunganya sendiri juga berbagai macam.

Ada yang dimulai dari 1 cm dan ada pula yang sebesar piring.

Disamping itu, bunga ini mempunyai banyak opsi warna, terkecuali biru.

Bila kamu ingin menggunakan tanaman ini sebagai tanaman Gantung, beberapa variasi dari tuberous begonia pas dipakai untuk maksud ini karena tumbuh menjuntai.

Perawatan begonia termasuk gampang

Perawatan begonia sebenarnya tidak terlampau sulit. Tanaman hias begonia ini perlu mendapatkan perhatian seperti tanaman hias yang lain, seperti aglaonema, calathea, dan yang lain.

Tidak cuma pupuk yang penting diingat, tetapi begonia perlu dijaga air, cahaya, tempat tanam yang gembur, dan penggantian tempat tanam dan pot yang baru jika sudah jemu.

Cara merawat begonia supaya tumbuh subur

Berikut ada 5 cara merawat begonia yang demikian gampang supaya tumbuh subur dan cantik sesuai keinginan Anda. Bahkan juga, jika Anda rajin dan teratur merawat begonia, kecantikannya dapat melewati keindahan begonia tetangga Anda.

BACA JUGA :  Manfaat Pemangkasan Pada Tanaman

Mulai dengan tempat tanam begonia yang subur

Jika Anda barusan beli begonia, upayakan untuk menanam ke pot, dengan membuat media yang subur dan gembur. Salah satunya kombinasi tempat tanam, yakni kombinasi tanah, pupuk kandang, dan sekam padi.

Begonia perlu cahaya matahari, tetapi tidak terkena secara langsung

Cara merawat bunga begonia supaya tumbuh subur, yakni tempatkan pada tempat yang tidak terkena sinar langsung. Jika ditempatkan pada tempat terbuka, cukup cahaya matahari pagi beberapa saat saja.

Bila Anda menanam begonia di luar rumah, beri perlindungan berbentuk paranet atau simpan dekat pohon rimbun. Kebalikannya, jika tempatkan begonia dalam ruang, tempatkan dekat jendela supaya terkena sinar tidak langsung.

Siram begonia seperlunya

Cara merawat bunga begonia yang ke-3 , siram seperlunya saja supaya media tumbuh lembab. Baiknya, check dahulu permukaan tempat tanam saat sebelum menyirami, masihkah lembab atau kering.

Jauhi tempat tanam begonia terlampau basah supaya terbebas dari busuk akar atau tangkai. Karena itu, beri air tidaklah sampai mengucur dari bawah pot.

Program pupuk untuk begonia

Merawat bunga begonia agar subur, pasti penting diingat pupuk sebagai gizi tanaman. Pakai pupuk yang memiliki kandungan elemen hara makro dan micro. Seharusnya pakai pupuk yang gampang larut di air.

Supaya lebih sederhana dan mempermudah, tambah pupuk organik saja seperti kompos atau pupuk kandang. Pupuklah bunga begonia tiap tiga bulan sekali.

Tukar pot dan tempat tanam begonia (repotting)

Perawatan bunga begonia yang ke-5, yakni tukar pot dan tempat tanam (repotting). Jika bunga begonia telah besar dan akarnya telah penuh pot, selekasnya tukar pot dan tempat tanam yang baru.

Tidak berbelit-belit dan repot, kan? Itu 5 cara merawat bunga begonia yang paling gampang dilaksanakan, baik oleh Anda sebagai pemula atau orang yang pernah menanamnya. Bila perawatan begonia bagus, sudah pasti akan tumbuh subur dan cantik.

salam dewitani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.