Inilah 9 Varietas Belimbing Terbaik Di Indonesia

By | Januari 23, 2020

tanaman belimbing

Varietas Belimbing Yang Banyak Ditanam – Belimbing atau star fruits merupakan salah satu buah-buhan yang cukup digemari masyakarat Indonesia. Disamping memiliki cita rasa yang segar, belimbing juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Pada saat ini setidaknya ada 9 varietas unggulan belimbing yang di jual dipasaran Antara lain sebagai berikut :

  1. Belimbing Bangkok

Adapun ciri-ciri varietas ini antaralain ; memiliki warna daun hijau tua, dengan permukaan daun cembung, dan berbentuk lonjong atau bundar telur yang melebar kesamping, pangkal daun membulat pada daun yang paling atas dan asimetrik pada daun yang di pinggir dan ujung daun meruncing.

Untuk bunganya mirip dengan bunga belimbing varietas Malaya. Cabang bunganya lebih rapat dan batang/cabang bunganya berwarna merah. Petal berjumlah 5 buah saling berlekatan, warnanya ungu dengan tepi berwarna merah muda, sepal berjumlah 5 buah saling berseling dengan petal, terdapat benang sari atas dan bawah, putik berbentuk tabung.

Buah baru dapat dipanen setelah 65 hari setelah berbunga. Ciri buah yang sudah matang atau masak adalah berwarna kuning. Dari segi rasanya varietas ini memiliki rasa manis asam dan mengandung banyak air

2. Belimbing Demak

Varietas Demak memiliki warna daun hijau tua, permukaan daun cekung, daun tipis, duduk daun berhadapan, bentuk daun bundar telur, pangkal daun membulat pada daun yang paling atas dan asimetrik pada daun yang di pinggir, ujung daun meruncing .

Bunganya berbentuk bulat, kecil yang tersusun dalam suatu tandan, warna tandan bunga merah tua, warna mahkota bunga merah keunguan sedangkan warna benang sari kekuningan. Jumlah bunga per-tandannya sekitar 1 hingga 3 buah. Petal bejumlah 5 buah berwarna ungu tua, yang terdapat benang sari di bagian bawah ovul, dan mempunyai putik berbentuk tabung.

Untuk buah yang masih mudah akan berwarna hijau muda, sedangkan buah yang sudah masak atau matang akan berwarna putih kekuningan seperti susu kental manis. Varietas ini baru dapat dipanen ketika sudah 65 hari setelah berbunga. Dari segi rasanya varietas ini memiliki rasa buah yang manis keasaman, sedikit kurang renyah dan mengandung banyak air.

3. Belimbing Dewi

Varietas Dewi memiliki warna daun hijau tua, dengan permukaan daun cembung, daun tipis, duduk daun berhadapan, bentuk daun bundar telur melebar ke samping, pangkal daun membulat pada daun yang paling atas dan asimetrik pada daun yang di pinggir, ujung daun meruncing .

Pohon belimbing Varietas Dewi memiliki warna batang kecoklatan pada batang yang masih muda sedangkan yang sudah tua batangnya akan berwarna abu-abu. Bentuk daunnya bulat telur, bergelombang dengan ujung daun lancip.

Bentuk bunga bulat, kecil, tersusun dalam suatu tandan, warna tandan bunga merah tua, warna mahkota bunga merah keunguan sedangkan warna benang sari kekuningan.

Untuk buah yang masih muda biasanya berwarna hijau muda, sedangkan yang sudah masak akan berwarna kekuningan, Pada umumnya varietas ini baru dapat dipanen setelah 65 hari pembungaan. Dari segi rasanya varietas ini memiliki rasa manis asam dan mengandung banyak air.

4. Belimbing Malaya

Sama seperti lainnya, Varietas Malaya memiliki warna daun hijau muda, permukaan daun cekung, ketebalan daun agak tipis, duduk daun berhadapan, bentuk daun bundar telur, pangkal daun runcing tetapi agak membundar pada daun yang paling atas dan asimetrik pada daun yang di pinggir, ujung daun meruncing .

Pada dasarnya bunga varietas ini sama dengan belimbing Varietas Dewi, akan tetapi yang membedakannya terletak pada bunganya yang berukuran lebih kecil dengan warna putih keunguan. Adapun perbedaan lainnya ialah pada tangkainya yang memiliki banyak cabang dan rapat sehingga bunganya terlihat lebih banyak.

Untuk warna bunganya, agak kemerah-merahan (jingga). akan tetapi ketika sudah pentil belimbingnya akan berwarna hijau tua untuk buah yang masih mudah, sedangkan untuk buah yang sudah matang akan berwarna kuning tua. Pada umumnya buah belimbing varietas ini baru dapat dipanen setelah 70 hari setelah pembungaan. Dari segi rasa belimbing varietas ini memiliki rasa manis dan mengandung banyak air.

5. Belimbing Penang

Varietas Penang memiliki warna daun hijau, permukaan daun cembung, daun tipis, duduk daun berhadapan, bentuk daun bundar telur, pangkal daun runcing pada daun yang paling atas, dan asimetrik pada daun yang di pinggir, ujung daun meruncing.

Bunga varietas ini hampir sama dengan bunga belimbing Varietas Filipin hanya saja Varietas Penang mempunyai benang sari bawah yang berjumlah 5 buah. Bentuk sepalnya lebih jelas seperti tabung daripada bunga belimbing varietas lain. Pada waktu kuncup, sepalnya terbuka dan saat mekar sepalnya tertutup.

Buah muda berwarna hijau tua,sedangkan buah matang kuning tua. Buah baru bisa dipanen setelah 70 hari setelah tanaman berbunga. Buah yang sudah matang akan berwarna kuning kemerahan. Rasa buahnya manis dan mengandung banyak air.

6. Belimbing Rawasari

Varietas Rawasari memiliki warna daun hijau tua, permukaan daun cekung, daun lebih kaku, duduk daun berhadapan, bentuk daun bundar telur dengan lebih melebar ke bawah, pangkal daun runcing pada daun yang paling atas dan asimetrik pada daun yang di pinggir, ujung daun meruncing.

Untuk Bunganya hampir sama dengan Varietas Filipin, yang membedakan hanya pada cabangnya, yang pendek dan agak jarang. Sepalnya berwarna merah saat kuncup. Warna sepalnya perpaduan antara warna merah muda dan putih saat mekar. Buah muda berwarna hijau muda, Sedangkan jika sudah matang akan berwarna putih kekuningan. Buah akan matang setelah 65 hari setelah berbunga rasanya manis asam dan banyak mengandung air.

7. Belimbing Sembiring

Varietas Sembiring memiliki warna daun hijau tua, permukaan daun cekung, daun lebih kaku, duduk daun berseling, bentuk daun bundar telur, pangkal daun runcing pada daun yang paling atas, asimetrik pada daun yang di pinggir, ujung daun meruncing .

Bunga dan coraknya mirip dengan bunga belimbing Varietas Filipin, akan tetapi sepalnya lebih besar, terbuka dan terpisah berbeda dengan waktu buah juvenil. Untuk Buah yang masih muda berwarna hijau muda, Sedangkan yang sudah matang akan berwarna kuning tua. Buah matang 70 hari setelah berbunga rasanya manis asam dan banyak mengandung air.

8. Belimbing Wulan

Varietas Wulan memiliki warna daun hijau, permukaan daun cekung, daun tipis, duduk daun berhadapan, bentuk daun bundar telur memanjang, pangkal daun runcing pada daun yang paling atas dan asimetrik pada daun yang di pinggir, ujung daun meruncing .

Bunga varietas ini hampir sama dengan Varietas Malaya. Bentuk bunganya bulat, kecil dalam tandan yang berwarna merah tua, mahkota bunga berwarna merah keunguan, warna benang sari kekuning-kuningan.

Untuk Buah yang masih muda berwarna hijau muda, sedangkan buah yang sudah matang berwarna kuning agak keputih-putihan, daging buah agak tebal dan rasanya manis. Buah matang dapat dipanen 65 hari setelah berbunga.

9. Belimbing Filipin

Daunnya berwarna hijau tua agak cekung dan lebih kaku. Duduk daunnya berseling. Bentuk daunnya bulat telur dan daun pada ujung tangkai berbentuk runcing. Pucuk belimbing varietas ini terlihat lebih bulat dan bunganya majemuk berseling berhadapan. Batang bunga halus, ujung tiap cabang mempunyai maksimal 3 bunga.

Petal dan sepal masing-masing berjumlah 5 buah dan letaknya berselang-seling. Untuk Buah yang masih muda berwarna hijau muda, Sedangkan yang sudah masak akan berwarna kuning tua. Buah matang 65 hari setelah berbunga. Warnanya mendekati hijau hampir sama dengan Varietas Dewi. Rasanya manis asam dan sangat banyak mengandung air.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 9 Varietas Belimbing Terbaik Di Indonesia. semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. SALAM LESTARI….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.